Cara Merawat Wajah Agar Tampak Sehat dan Berseri

Merawat Wajah Secara Alami – Wajah merupakan salah satu bagian dari tubuh kita yang harus selalu dirawat setiap hari. Selain itu, wajah juga menjadi aset untuk menunjang penampilan seseorang, baik wanita ataupun pria. Dengan wajah yang terjaga dan terawat, tentu kita akan menjadi lebih percaya diri.

Ketika berbicara masalah wajah, tentu kamu sudah mengetahui berbagai macam cara merawatnya. Perawatan dilakukan agar wajah menjadi tampak lebih bersih, putih, berseri, dan terbebas dari jerawat dan flek hitam.

Tetapi, perawatan wajah pastilah membutuhkan biaya yang tidak sedikit jika kita pergi ke salon kecantikan. Sehingga, banyak dari kita mencari alternatif perawatan wajah yang murah, tetapi hasilnya tetap memuaskan.

Sebenarnya, merawat wajah itu tidaklah susah lho, tergantung bagaimana cara kamu merawat dan membersihkannya secara rutin setiap hari. Cara paling mudah, tentu membeli produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit kamu, atau pergi ke salon perawatan wajah, agar wajah bebas jerawat dan komedo.

Tapi, memilih produk kecantikan tentu tidak bisa sembarangan, salah-salah, wajah malah bisa jadi berjerawat karena produk yang tidak cocok. Apalagi, sekarang juga banyak beredar produk kecantikan palsu yang tentu semakin membuat mbak-mbak cantik ini menjadi resah.

Tapi tenang, mbak cantik dan mas ganteng nggak perlu khawatir, masih ada cara aman yang bisa dilakukan kok, agar wajah tetap sehat. Perhatikan dulu beberapa hal berikut sebelum kamu melakukan perawatan wajah.

Membersihkan Wajah

cegukan pada bayi

katalogbunda.com

Kamu harus selalu membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh wajah, Hal ini dimaksudkan agar wajah terhindar dari kuman yang ada pada tangan kita.

Setelah tangan bersih, kita bisa mulai membersihkan wajah dengan air mengalir, jangan lupa memberikan pijatan ringan di wajah. Pijatan dilakukan untuk memperlancar peredaran darah di wajah. Lakukan juga pembilasan setelah menggunakan perawatan wajah apapun itu. Bilas dengan benar dan jangan lupa keringkan menggunakan handuk yang bersih.

Bersihkan wajah setiap pagi dan malam hari, atau bisa juga setiap habis keluar rumah. Gunakan pembersih wajah dan penyegar yang cocok dengan kulit kamu ya, jangan sampai karena tidak cocok malah nanti timbul jerawat. Kan repot lagi nanti membersihkan noda bekas jerawatnya.

Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Wajah halus dan putih

sukawera.com

Ketika kamu keluar rumah, usahakan selalu menggunakan pelembab wajah, tujuannya utuk menjaga agar wajah tidak kering dan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan flek hitam bisa diatasi.

Perbanyak juga mengonsumsi air putih setiap hari, minimal 8 gelas per hari, tergantung juga aktivitas yang kamu lakukan, makin banyak aktivitasnya tentu membutuhkan air putih yang lebih banyak. Minum air putih yang cukup akan membuat kulit wajah menjadi lebih segar dan cerah.

Agar kesehatan tubuh dan kulit wajah terjaga olahraga merupakan salah satu hal yang penting. Olahraga yang teratur akan membuat kulit tetap kencang dan tubuh jadi sehat.

Nah, setelah tahu bagaimana cara membersihkan wajah dan menjaga kesehatannya, selanjutnya coba perawatan wajah secara alami seperti cara di bawah ini.

Cara Merawat Wajah Secara Alami

Selain menggunakan produk perawatan wajah, kita juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami agar wajah tampak sehat.

1. Merawat Wajah Menggunakan Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis

mimunmedia.com

Kita tentu sudah tahu bahwa jeruk nipis mengandung banyak vitamin C dan antioksidan. Kedua zat ini dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori, mencerahkan, dan juga menghaluskan kulit wajah.

Kamu dapat menggunakan jeruk nipis dengan cara membelahnya menjadi dua bagian, kemudian ambil airnya. Lalu, oleskan air jeruk nipis secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 10-20 menit, setelah itu bilas wajah menggunakan air hangat, lalu bilas lagi menggunakan air dingin dan keringkan.

2. Merawat Wajah Menggunakan Tomat

Tomat merah

en.wikipedia.org

Selain digunakan untuk memasak, tomat juga dapat menjadi salah satu bahan untuk merawat kulit wajah. Tomat mengandung zat antioksidan yang dapat mengurangi iritasi pada kulit, mengurangi komedo, dan dapat mencerahkan kulit wajah.

Untuk menggunakannya, kamu dapat menghaluskan satu buah tomat, lalu campur dengan sesendok madu. Setelah itu, oleskan campuran tomat dan madu ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Llau bilas menggunakan air hangat dan setelahnya air dingin.

3. Merawat Wajah Menggunakan Bengkoang

Bengkoang

healtyfact.blogspot.co.id

Di zaman sekarang ini, bengkoang digunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Di dalam bengkoang, terdapat kandungan pachyrhizon, vitamin B1, dan vitamin C. Kandungan di dalam bengkoang tersebut ternyata dapat membantu memutihkan wajah dan juga menghilangkan flek hitam akibat jerawat.

Menggunakan bengkoang ini cukup mudah, cukup kupas dan cuci bengkoang sampai bersih, lalu parut. Parutan bengkoang kemudian diperas dan diambil airnya dan diamkan sekitar setengah jam. Setelah setengah jam, buang airnya dan pakailah endapan sari bengkoang ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat kemudian air dingin.

4. Merawat Wajah Menggunakan Mentimun

Timun hijau

exeterengineering.com

Ternyata mentimun dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda hitam dan membuat wajah menjadi lebih bercahaya. Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit, cukup ambil setengah buah mentimun, kupas dan cuci bersih. Blender mentimun dengan satu sendok makan yoghurt, dan satu sendok makan susu tanpa lemak.

Setelah semua bahan diblender sampai halus, oleskan pasta tersebut ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat kemudian lanjutkan dengan air dingin.

5. Merawat Wajah Menggunakan Apel

Buah apel

nutritioncheckup.com

Buah apel mengandung kolagen dan lesitin yang dapat membantu mengurangi minyak pada wajah. Kamu dapat membuat masker dari apel agar wajah tampak lebih sehat.

Cara membuatnya cukup mudah, ambil satu buah apel, kupas lalu blender tanpa dicampur dengan air. Kalau kesulitan memblender, kamu bisa memarut apel tersebut. Setelah iu, oleskan masker apel ke seluruh wajah dan diamkan selama 20-30 menit.

Setelah didiamkan dan masker mulai mengering, bilas wajah menggunakan air hangat. Kemudian bilas lagi menggunakan air dingin agar pori-pori kulit mengecil.

6. Merawat Wajah Menggunakan Alpukat

Alpukat

pugiherbal.blogspot.co.id

Alpukat mengandung vitamin C dan vitamin E, kedua vitamin tersebut dapat menjaga kelembaban wajah dan memberi nutrisi untuk menghaluskan kulit wajah. Kalau mau menggunakan alpukat untuk merawat kesehatan wajah, kamu dapat membuatnya menjadi masker.

Pertama, haluskan alpukat terlebih dahulu, setelah itu gunakan seperti halnya kamu menggunakan masker wajah. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, baru setelah itu bilas dengan air hangat dan kemudian air dingin. Kamu juga bisa menambahkan madu ke dalam masker alpukat agar hasilnya lebih bagus lagi.

7. Merawat Wajah Menggunakan Pisang

Buah pisang

onlinekhobor.com

Selain menjadi pencuci mulut, pisang ternyata juga bisa digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi kenyal dan lembab. Menggunakannya pun cukup mudah, ambil satu buah pisang ambon, kemudian kupas dan haluskan daging buahnya. Tambahkan satu sendok madu dan campurkan sampai merata.

Setelah pasta pisang dicampur madu sudah jadi, oleskan secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat sampai bersih, baru bilas kembali menggunakan air dingin lalu keringkan.

Nah, gimana? Cara merawat wajah di atas cukup mudah bukan? Apalagi menggunakan bahan-bahan yang alami, kamu nggak perlu takut karena tidak cocok dengan kulit wajahmu. Lakukan secara rutin cara di atas agar hasilnya maksimal dan wajah menjadi sehat dan segar. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply