7 Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Memiliki barang elektronik tentu kamu harus merawatnya dengan baik. Karena, biasanya barang-barang elektronik itu kalau nggak dirawat dengan baik hasilnya akan cepet rusak.

Salah satu barang elektronik yang sekarang ini sudah nggak asing lagi adalah laptop. Tentu kamu punya kan laptop? Biasanya sih laptop cuma digunakan untuk mengetik atau membuka sosial media. Tapi ada juga yang menggunakan laptop untuk pekerjaan berat, seperti main game atau mengedit video.

Nah, tentu kamu ingin kan laptop yang kamu punya itu awet dan tahan lama? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba lho.

1. Jangan Pakai Laptop di Atas Kasur

wikihow.com

wikihow.com

Main laptop sambil tiduran itu enak banget, posisinya pas. Bahkan, kamu bisa-bisa sampai ketiduran saat main laptop di atas kasur.

Tapi, ternyata menggunakan laptop di atas kasur itu nggak baik buat si laptop lho. Kalau laptop kamu letakan di atas kasur, maa panas di dalam laptop bisa nggak keluar. Karena, biasanya di bawal laptop itu ada lubang angin yang digunakan untuk mendinginkan laptop. Kalau kamu letakan di atas kasur, bisa-bisa laptop kamu bisa jadi overheat.

2. Jangan Sering-sering Main Game Berat

main game di laptop

cnet.com

Main game di laptop itu boleh-boleh aja, tapi jangan terlalu lama. Apalagi kalau kamu mainnya game-game berat, kasihan laptopnya, nanti nggak awet.

Kalau kamu terlalu sering menggunakan laptop untuk bermain game berat, komponen di dalam laptop pasti akan panas. Nah, kalau kamu main game-nya seharian penuh, tentu hal ini nggak baik buat laptop.

3. Sembunyikan Laptop Kalau Ada Anak Kecil

bayi main laptop

theguardian.com

Sebenernya anak kecil itu boleh main laptop, asal kita dampingi dia saat bermain. Kita kan nggak tau kalau-kalau nanti terjadi apa-apa sama laptop kita. Ya, anak kecil kan kadang belum tau tuh fungsi tombol-tombol di laptop. Bisa-bisa file-file kita hilang semua karena di delete sama dia.

4. Kalau Pakai Laptop Jangan Lama-lama

main laptop

intelfreepress.com

Laptop itu bukan didesain untuk digunakan selama 24 jam penuh tanpa istirahat. Berbeda dengan komputer yang bisa kamu gunakan dengan durasi yang sangat lama.

Kalau kamu pakai laptop, setelah menggunakannya dalam waktu yang lama, istirahatkan laptopmu sebentar. Kamu bisa mematikannya dan melakukan aktivitas lainnya dulu.

5. Jangan Taruh Minuman di Samping Laptop

miunman di samping laptop

taktiktop.com

Hal ini penting untuk dilakukan. Kita nggak tau apa yang akan terjadi kan? Bisa saja karena kurang hati-hati, minuman yang kita letakkan di samping laptop tumpah dan mengenai laptop kita.

Kalau udah ketumpahan air gitu, komponen elektronik yang teraliri listrik di dalam laptop bisa rusak. Nah, untuk meminimalisir hal seperti itu, kamu bisa memasangkan keyboard protector. Tapi, kalau bisa ya jauhkan minuman dari laptop kamu.

6. Jangan Makan di Depan Laptop

makan di depan laptop

blog.umy.ac.id

Makan di depan laptop pun sangat tidak dianjurkan. Karena, remah-remah makanan bisa jatuh ke sela-sela keyboard dan hal ini akan menyebabkan kinerja keyboard menjadi terganggu.

7. Jangan Taruh Barang Berat di Atas Laptop

tumpukkan laptop

kliknklik.com

Kita mungkin sering meletakkan barang yang cukup berat di atas laptop. Padahal, hal ini bisa saja menyebabkan kerusakan pada laptop lho.

Jadi, kalau kamu mau meletakkan barang yang cukup berat, jangan di atas laptop ya. Karena, hal itu bisa saja menyebabkan kerusakan pada layar laptop.

Nah, itu tadi beberapa cara merawat laptop yang bisa kamu coba. Selamat mencoba, semoga laptop kamu awet dan tahan lama 🙂

Leave a Reply