Cara Merawat Bunga Anggrek Agar Cepat Berbunga

CARA MERAWAT BUNGA ANGGREK – Bunga anggrek merupakan salah satu bunga yang paling indah di dunia ini. Banyak orang yang sangat suka dengan bentuk dan warna bunga ini.

Jadi tidak heran kalau bunga ini biasa dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahannya. Apalagi bunga ini sangat cocok hidup di iklim Indonesia yang tropis ini. Bahkan, kamu bisa memajang bunga anggrek di dalam atau di luar rumah.

Kalau kamu pernah berkunjung ke tempat saudara atau tetangga, mungkin akan kamu temukan tanaman anggrek di sana.

Nah, ternyata, bunga anggrek ini memiliki banyak jenis lho, ada anggrek merah, anggrek hitam, anggrek Papua, anggrek macan, dan yang paling terkenal adalah anggrek bulan.

Bahkan, Indonesia itu dikenal dengan surganya anggrek lho. Ada lebih dari 300 jenis anggrek yang ada di tanah air ini. Bayangkan tuh kalau semuanya ada di halaman rumah kita, pasti sangat indah.

Tapi, apakah perawatan anggrek akan sulit? Ternyata merawat anggrek tidak begitu sulit lho. Asal kamu rajin merawatnya, pasti deh anggrek akan tumbuh dengan baik dan berbunga yang indah. Nah, berikut akan kita pelajari bersama bagaimana merawat tanaman anggrek.

Cara Merawat Bunga Anggrek

Tanaman Anggrek

veronikacloset.wordpress.com

Lakukan beberapa perawatan terhadap bunga anggrek seperti cara di bawah ini, agar bunga anggrek kamu menjadi sehat dan cepat berbunga.

1. Penempatan Tanaman Anggrek

Penempatan Bunga Anggrek

tissuecultureandorchidologi.blogspot.com

Setiap jenis tanaman anggrek memiliki kebutuhan terhadap paparan cahaya yang berbeda-beda. Ada tiga jenis intensitas tergantung dari anggrek jenis apa.

Jenis pertama adalah anggrek yang harus terkena sinar matahari secara langsung. Ada beberapa anggrek yang bisa kamu tanam pada tempat terbuka, seperti anggrek Arachnis, anggrek Vanda, atau anggrek Renathera.

Kedua adalah jenis anggrek yang tidak bisa terkena sinar matahari secara langsung. Anggrek jenis Ancedium, anggrek Dendrobium, dan anggrek Cattleya merupakan anggrek yang cocok pada kondisi ini.

Jika menanam anggrek jenis kedua, kamu membutuhkan tempat khusus agar sinar matahari tidak mengenai tanaman secara langsung. Tempat khusus ini sangat penting bagi pertumbuhan tanaman anggrek agar lebih optimal.

Jenis anggrek ketiga adalah yang tidak suka terhadap sinar matahari. Jenis ini sangat rentan jika terkena sinar matahari. Jadi, kamu harus meletakkan tanaman anggrek pada tempat yang teduh. Anggrek jenis Paphiopedilum dan Phalaenopsis merupakan anggrek yang tidak suka terhadap sinar matahari.

2. Jaga Kelembaban Tanaman

Anggrek merupakan jenis tanaman yang hidup di daerah tropis, jadi dia biasa hidup di lingkungan yang lembab. Anggrek membutuhkan kelembaban sekitar 60-80%, itu merupakan kelembaban yang optimal.

Jaga tanaman anggrek selalu lembab agar pertumbuhannya bisa lebih optimal. Cara menjaga kelembabannya bagaimana? Kamu bisa menyiramnya minimal sekali sehari, jangan dibiarkan tanaman anggreknya sampai kering ya.

Selain menyiram tanaman anggrek, kamu juga bisa membuat kolam di bawah rak tanaman anggrek. Atau, bisa juga kamu buat sprinkle pada ruangan untuk di tempat kamu meletakkan tanaman anggrek tersebut.

3. Pemberian Pupuk

Pupuk merupakan salah satu yang dibutuhkan tanaman, seperti manusia yang butuh asupan vitamin. Pupuk ini nantinya akan membuat pertumbuhan tanaman anggrek menjadi optimal.

Tapi ada yang harus kamu ketahui, jangan memberikan pupuk secara berlebihan ya. Semua yang berlebihan itu pasti tidak baik.

4. Tanam Bunga Anggrek pada Pot Kecil

Sebenarnya ini merupakan salah satu cara yang opsional, kamu bisa melakukan ini atau tidak. Pot kecil dapat digunakan untuk menanam bunga anggrek agar tanaman ini terus tumbuh dan berkembang.

Bahkan, ada jenis anggrek yang pot-nya harus diganti tiap tahun agar pertumbuhannya tetap optimal. Tapi, ada juga yang masih bisa menggunakan pot yang sama dalam waktu yang lama.

5. Memasang Lampu

Kalau kamu ingin meletakkan bunga anggrek dalam ruangan, berilah lampu pada ruangan tersebut. Lampu ini akan menjadi sumber cahaya bagi tanaman anggrek, sehingga anggrek tidak akan kekurangan cahaya.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat bunga anggrek kesayangan. Biar ilmunya makin nambah, ada tambahan nih tentang faktor apa saja yang memengaruhi tanaman anggrek agar mudah berbunga.

Faktor yang Perlu Diperhatikan Agar Anggrek Cepat Berbunga

Perkebunan Anggrek

ngalam.co

Setelah merawat anggrek, tentu kamu ingin agar tanaman yang telah dirawat cepat mengeluarkan bunga. Kamu perlu memerhatikan faktor berikut ini agar cepat melihat tanaman anggrek berbunga.

1. Media Tanam

Pakis untuk media tanam anggrek

amabilisorchids.wordpress.com

Agar tanaman anggrek rajin berbunga, gunakan media tanam yang tepat. Biasanya, media tanam yang digunakan adalah perpaduan antara potongan batu bata atau genteng dan bekas tanaman pakis.

Perbandingan yang digunakan adalah 1/3 bagian bawah adalah potongan bata. Sementara 2/3 bagian atasnya diisi tanaman pakis.

2. Pemilihan Pot

Pemilihan pot ternyata juga berpengaruh terhadap tajin tidaknya anggrek berbunga. Penggunaan pot berbahan tanah liat sangat dianjurkan, terutama pot yang memiliki banyak lubang.

3. Rumah Lindung

Rumah Lindung Bunga Anggrek

navahotspot.com

Walaupun anggrek suka terhadap sinar matahari, tapi intensitasnya juga harus dibatasi. Sebaiknya anggrek diletakkan dalam ruangan lindung yang intensitas cahayanya sekitar 50-70%. Kamu bisa menggunakan paranet untuk membuat rumah lindung tanaman anggrek.

4. Penyiraman

Tanaman juga sangat membutuhkan air seperti kita, perhatikan penyiraman pada tanaman anggrekmu. Siram tanaman sebanyak dua kali sehari jika cuaca panas, waktunya antara jam 7-9 pagi dan jam 3-5 sore. Tapi, jika hari sedang hujan, anggrek tidak perlu disiram.

5. Pengaturan Tanaman

Penempatan tanaman anggrek juga perlu diperhatikan agar mudah untuk berbunga. Sebaiknya, tempatkan tanaman anggrek pada rak dengan ketinggian 1 meter. Jangan tempatkan tanaman anggrek secara berjenjang, karena ini akan mengganggu aliran udara.

6. Pemupukan

Pemberian pupuk merupakan salah satu yang paling harus kamu perhatikan agar anggrek jadi rajin berbunga. Berilah tanaman anggrek dengan pupuk yang tinggi unsur hara-nya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan pupuk adalah lewat penyemprotan. Atau, kamu juga bisa memakai pupuk slow launching yang ditaburkan langsung ke media tanam.

7. Pemberian ZPT

Agar tanaman anggrek milikmu cepat berbunga, kadang perlu juga diberikan ZPT atau hormon. Biasanya, hormon yang dipakai adalah giberelin, atau kamu juga bisa menggunakan air kelapa dengan takaran 150 ml air kelapa yang dilarutkan menjadi 1 liter.

8. Pemberantasan Hama

Salah satu faktor yang menyebabkan anggrek enggan untuk berbunga adalah adanya kotoran, sampah daun, hama, dan gulma. Serangan penyakit juga dapat menghambat pertumbuhan bunga pada tanaman anggrek.

Sesekali, kamu bisa memberikan pestisida pada tanaman anggrek. Gunakan insektisida jika yang menyerang adalah serangga. Atau kamu bisa memakai fungisida kalau tanaman anggrek terkena jamur.

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin merawat bunga anggrek agar rajin berbunga. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply