Inilah Penyebab dan Cara Menyembuhkan Vertigo

Vertigo, mungkin kamu pernah mendengar nama itu disuatu tempat. Nama tersebut merupakan nama sebuah penyakit yang bisa jadi kamu pernah mengalaminya.

Vertigo sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani vetere yang artinya berputar-putar. Nah, kalau sakit vertigo, maka kamu akan merasakan pusing yang seolah-olah semua yang ada di sekeliling kamu berputar-putar.

Kalau di Indonesia, mungkin bahasa yang sering digunakan adalah pusing tujuh keliling. Benda-benda yang ada di sekitar kamu seakan-akan melayang atau berputar-putar. Padahal, sebenarnya benda-benda tersebut hanya diam.

Jenis Vertigo

Nah, vertigo sendiri ada bermacam-macam jenisnya. Kalau secara umum, ada empat jenis vertigo, vertigo direct/vestibuler, indirect/non-vestibuler, vertigo peripheral dan vertigo sentral. Untuk lebih jelasnya, kita simak aja yuk penjelasan di bawah ini.

1. Vertigo Vestibuler

Vertigo vestibuler merupakan vertigo yang menyerang organ vertibuler atau syaraf vestibulokoklear. Hal ini yang menyebabkan penderita vertigo jenis vestibuler merasa kalau benda-benda yang ada di sekelilingnya naik turun, seperti saat sedang gempa.

Gejala penyakit ini hampir tidak ada, hanya dapat diketahui kalau penderitanya melihat suatu benda menjadi naik-turun.

2. Vertigo non-Vestibuler

Penyebab vertigo non-vestibuler adalah terganggunya sistem regulator keseimbangan. Selain itu, ada juga yang disebabkan karena terjadinya kesalahan pada proses informasi di sistem syaraf.

Gejala yang terjadi ketika pasien mengidap vertigo non-vestiguler sulit untuk dideskripsikan. Biasanya, pasien hanya mengeluhkan pusing, kepala serasa kosong dan mata menjadi gelap.

3. Vertigo Peripheral

Vertigo peripheral disebabkan karena terjadi disfungsi perifer yang menjalar sampai pada bagian batang otak. Ketika seseorang terkena vertigo jenis ini, biasanya akan terjadi gangguan pada sistem pendengaran. Lebih tepatnya gangguan pada bagian saluran kanalis semisirkularis.

Nah, saluran semisirkularis sendiri berfungsi untuk mengontrol keseimbangan tubuh kita.

Ada beberapa gejala yang dapat kamu amatai jika seseorang terkena vertigo peripheral.

  • Merasa lebih lelah
  • Pandangan tampak gelap dan hitam
  • Stamina menurun
  • Sulit untuk berkonsentrasi
  • Kehilangan keseimbangan
  • Kepala terasa sakit
  • Mual dan muntah
  • Sensitif terhadap cahaya dan suara yang bising

4. Vertigo Sentral

Vertigo sentral biasanya terjadi jika ada sesuatu yang tidak normal pada pusat keseimbangan otak kita. Kebanyakan orang yang menderita vertigo ini tidak menyadari bahwa mereka telah terkena vertigo sentral. Hal itu terjadi karena gejala dari vertigo sentral bertahap. Gejala dari vertigo sentral ada beberapa.

  • Melihat benda seolah menjadi dua
  • Sulit menelan makanan
  • Kelumpuhan pada otot-otot wajah
  • Sakit kepala parah
  • Mulai kehilangan kesadaran
  • Koordinasi terganggu
  • Mual dan muntah
  • Tubuh terasa lebih lemas
  • Penyebab Vertigo

Penyebab Vertigo

Nah, dari keempat jenis vertigo tersebut, ternyata ada beberapa penyebab seseorang bisa terkena vertigo.

1. Posisi Tidur

Ternyata, posisi tidur kita dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya vertigo. Bantal kepala yang terlalu rendah dan terlalu tinggi dapat menjadikan vertigo muncul. Apalagi kalau waktu bangun, kamu langsung bangun atau berdiri dengan cepat.

2. Ada Gangguan Telinga Bagian Dalam

Vertigo yang terjadi pada beberapa orang, sebagian besar karena orang tersebut secara tiba-tiba mengubah posisi kepalanya. Contohnya saat kamu bangun tidur kemudian berdiri dengan cepat.

Ketika kamu sudah dalam keadaan berdiri, maka akan terasa pusing, tetapi pusing tersebut akan hilang sendiri setelah beberapa menit.

3. Gangguan Pengelihatan

Selain berfungsi untuk melihat, mata ternyata juga berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Sehingga, jika terjadi masalah pada pengelihatan, akan berakibat pada gangguan keseimbangan dan memicu munculnya vertigo.

4. Penyakit Sistem Syaraf Pusat

Beberapa penyakit yang menyerang syaraf pusat seperti tumor, multiple sclerosis, kerusakan leher atau stroke, ternyata juga bisa menyebabkan vertigo.

5. Peradangan atau Infeksi

Ternyata, terserang infeksi seperti flu, pilek atau jenis infeksi lainnya dapat mengakibatkan kamu terkena vertigo. Hal ini terjadi karena infeksi tersebut akan memengaruhi kerja telinga bagian dalam yang berfungsi sebagai pengatur keseimbangan.

6. Migrain

Migrain merupakan salah satu sakit kepala, yakni sakit kepala sebelah. Bukan hanya membuat kepala pusing, migrain juga akan memengaruhi pengelihatan kamu. Nah, vertigo yang disebabkan karena migrain biasanya akan berlangsung selama beberapa menit bahkan sampai beberapa hari.

7. Penyakit Meniere

Penyakit meniere adalah suatu penyakit yang mengakibatkan bagian dalam telinga terdapat banyak cairan. Hal tersebut tentu akan sangat berdampak pada keseimbangan tubuh.

Biasanya, vertigo yang terjadi karena meniere, rasa pusingnya berlangsung selama setengah jam atau lebih lama lagi.

8. Tumor

Salah satu tumor yang dapat menyebabkan vertigo adalah tumor sudut cerebellar-pontine. Tumor ini akan memengaruhi perubahan pada sistem vestibular yang berakibat pada ketidakseimbangan tubuh.

9. Mabuk

Mabuk minuman keras merupakan hal yang dilarang oleh agama karena dampaknya sangat luas dan berbahaya. Bukan cuma kamu saja yang akan terkena keburukan dari minuman keras tersebut, tapi orang lain juga. Bahkan, nyawa seseorang bisa melayang karena mabuk minuman keras.

Nah, mabuk yang dapat menyebabkan kamu vertigo bukan hanya karena minuman keras saja. Tapi, mabuk kendaraan darat, laut ataupun udara juga bisa.

10. Faktor Lain

Selain beberapa sebab di atas, masih ada faktor lain yang menyebabkan vertigo. Contohnya seperti cemas karena alkohol, menghirup gas dari zat kimia, berada dalam ruangan tertutup berhawa panas.

Nah, penyebab-penyebab di atas ada yang dapat kamu hindari, tetapi ada juga yang tidak. Jika kamu tahu penyebabnya, maka tinggal hindari melakukan hal tersebut.

Ada cara lain juga untuk menyembuhkan vertigo.

Cara Menyembuhkan Vertigo

  • Kamu dapat melakukan latihan vestibular agar vertigomu hilang atau berkurang. Latihannya gampang kok, coba ikuti instruksi berikut ini.
  • Berdirilah dengan tegak, buka mata lebar-lebar dan tutup. Lakukan gerakan ini sebanyak lima kali pengulangan.
  • Putar kepala ke arah kiri dan ubah arahnya ke kanan dengan dagu yang didekatkan ke arah dada. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.
  • Hadapkan wajah ke arah atas, lalu turunkan perlahan-lahan sampai menghadap ke bawah. Balik lagi menghadap ke atas dengan perlahan-lahan. Ulangi gerakan ini sebanyak tiga kali.
  • Miringkan kepala ke arah kiri dan tahan selama 15 detik. Ulangi gerakan tersebut untuk miring ke kanan, lakukan masing-masing gerakan sebanyak tiga kali.
  • Duduklah dengan punggung lurus dan mata terbuka, kemudian berdiri. Saat berdiri, tutuplah mata kamu, ulangi gerakan ini tiga kali.
  • Latih gerakan bola mata dengan melirik ke arah kanan dan kiri dengan mata yang terbuka. Ulangi setiap arah masing-masing tiga kali. Kemudian, lakukan dengan melirik ke atas dan ke bawah, lakukan sebanyak tiga kali juga.
  • Latih otot mata dengan mengikuti arah objek yang bergerak. Pertama, fokuskan mata pada obyek yang stasioner.

Nah, itu tadi beberapa penyebab dan cara menyembuhkan vertigo yang semoga dapat menambah wawasan kamu. 🙂

Leave a Reply