Cara Menyembuhkan Cegukan

Apakah kamu pernah mengalami cegukan? Rasanya nggak nyaman banget pasti, apalagi kalau ternyata cegukannya nggak berhenti-benhenti. Padahal, sudah banyak usaha yang dilakukan biar cepet ilang, ternyata nggak ilang-ilang juga.

Dan, aktifitas jadi terganggu, mau ngapa-ngapain juga nggak enak kalau lagi cegukan. Baru sedikit beraktifitas, tiba tiba “hi’ hi’ hi'” rasanya pengen segera hilang tuh cegukannya.

Tapi, apakah kamu tahu apa penyebab cegukan? Kalau belum tahu, kita pelajari bareng-bareng ya tentang cegukan ini.

Cegukan, di dunia medis dikenal dengan nama singultus, merupakan peristiwa yang terjadi secara tidak sengaja dan tiba-tiba. Pertiwa yang terjadi adalah kontraksi berlebihan pada diafragma dan terjadi berulang setiap menitnya.

Nah, karena terjadi kejang pada diafragma tersebut yang akhirnya menyebabkan pita suara akan menutup dengan cepat. Keluar deh itu suara cegukan dari mulut kita.

Penyebab Cegukan

Cegukan bukan terjadi tanpa sebab, ada beberapa yang menjadi penyebab cegukan. Berikut ini beberapa penyebab cegukan yang mungkin sering kamu alami.

  • Makan terlalu cepat
  • Minum minuman dingin setelah makan makanan panas
  • Makan hidangan yang pedas
  • Tertawa terlalu keras dan berlebihan
  • Batuk terlalu keras
  • Banyak mengonsumsi alkohol

Gejala Cegukan

Ternyata cegukan juga memiliki gejala yang bisa kamu lihat lho. Ya, walaupun gejala tersebut tidak selalu terlihat dengan jelas sih.

Gejala dari cegukan antara lain adalah terjadi suara hentakan kecil di sekitar dada dan tenggorokan. Suara hentakan tersebut juga disertai suara “hi'”.

Nah, kamu harus waspada jika sering cegukan. Bisa jadi itu merupakan salah satu gejala penyakit yang lebih serius lho.

Cara Mengobati Cegukan

Walaupun cegukan sudah dapat sembuh dengan sendirinya, tapi kamu dapat mempercepat penyembuhannya lho. Ikuti beberapa cara di bawah ini untuk menghilangkan cegukan dengan lebih cepat.

1. Menggunakan Gula

Jika kamu cegukan, coba ambil satu sendok teh gula kemudian letakkan di atas lidah. Tapi jangan langsung ditelan ya gulanya, biarkan air ludah yang melarutkan gula tersebut dan masuk ke dalam kerongkongan kita dengan sendirinya.

2. Tarik Nafas Dalam-dalam

Ternyata, menarik nafas dalam-dalam juga dapat menghilangkan cegukan. Kamu cukup menarik nafas secara penuh, lalu mengeluarkannya secara perlahan. Lakukan cara ini berulang kali sampai kurang lebih 10 menit.

3. Minum Air Putih yang Banyak

Jika kamu ingin cegukan segera hilang, cobalah untuk memperbanyak minum air putih. Minumnya secara perlahan ya, jangan terburu-buru.

4. Bernafas dengan Kantong Kertas

Kalau tadi sudah disebutkan cara menghilangkan cegukan dengan bernafas dalam-dalam, sekarang coba cara ini. Kamu hanya perlu bernafas tapi dengan menutupi mulut dengan sebuah kantong kertas.

5. Berenang

Berenang ternyata juga dapat menjadi salah satu cara agar cegukanmu hilang. Cukup renang minimal 20 menit saja, dengan suhu air antara 20-25 derajat celsius.

Mengobati Cegukan Permanen

Ternyata, ada juga lho cegukan yang tidak bisa hilang dengan sendirinya. Biasanya sih disebut cegukan permanen. Untuk saat ini, belum ada obat atau terapi alami yang mampu menghilangkan cegukan permanen ini.

Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan solusi dari masalah yang sedang dihadapi.

Nah, agar kamu tidak terkena cegukan, ada baiknya hindari penyebab cegukan yang sudah disebutkan di atas. Selamat mencoba, semoga lekas sembuh 🙂

Leave a Reply