Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat, Alami, dan Sehat

Cara Menurunkan Berat Badan – Apakah kamu memiliki masalah berat badan? Kalau iya, di zaman sekarang ini, masalah tersebut bukan hanya dialami beberapa orang saja. Kelebihan berat badan dialami banyak orang karena gaya hidup yang tidak sehat.

Terus, apakah kamu sudah mencoba menurunkan berat badan? Bagi sebagian orang, menurunkan berat badan itu merupakan hal yang mudah. Tetapi, ada juga yang sudah usaha mati-matian, tapi berat badan tidak turun-turun juga. Jika kamu mengalaminya, jangan pernah menyearah, pasti ada jalan agar berat badanmu menjadi ideal.

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan secara alami dan mudah. Bahkan kamu nggak perlu merogoh kantong terlalu dalam kokl cukup menggunakan cara sederhana dan hasilnya dapat terlihat. Tapi nggak gampang lho cara ini, kamu harus memiliki komitmen penuh dan konsisten dalam menjalaninya.

Lalu, kenapa emangnya kita perlu menurunkan berat badan?

Menurunkan berat badan diperlukan untuk membuat berat badan kita menjadi ideal. Memiliki berat yang ideal akan menjadikan kamu lebih percaya diri tentu saja. Selain itu, saat berat berlebih, aktivitas yang dijalankan akan terasa berat. Tapi, jika sudah ideal berat badannya, maka menjalankan aktivitas akan terasa lebih ringan.

Selain itu, kelebihan berat badan juga dapat menimbulkan beberapa penyakit. Contohnya seperti penyakit jantung, stroke, gangguan pernafasan, hipertensi, memengaruhi tingkat kesuburan, dan masih banyak lagi. Jadi, alangkah baiknya kita memiliki berat badan yang ideal agar terhindar dari penyakit-penyakit tersebut.

Nah, memiliki berat badan ideal ini ada banyak caranya, ada yang memiliki pergi ke dokter untuk sedot lemak, ada juga yang mengonsumsi pil pelangsing, tapi ada yang mencoba menggunakan cara alamai. Sekarang, kita akan mencari tahu cara alami agar berat badan menjadi turun. Tentu ini butuh proses yang panjang dan ketekunan ya.

Penyebab Obesitas atau Kegemukan

Cara menurunkan berat badan

pixabay.com

Sebelum membahas cara agar berat badan menjadi ideal, kita perlu tahu dulu penyebab badan jadi gemuk.

Efek Samping Obat-obatan

Ternyata, kegemukan itu bisa terjadi karena konsumsi obat-obatan seperti antipsikotik, antidepresan, steroid, obat penghambat beta, dan obat diabetes. Konsumsi obat tersebut dapat memicu kenaikan berat badan.

Kehamilan

Saat hamil, seoran wanita akan mengalami perubahan hormon di dalam tubuhnya. Hal tersebut dapat memengaruhi tingkat nafsu makan menjadi lebih tinggi, sehingga akan berpengaruh pada kenaikan berat badan.

Faktor Genetik

Penyebab kegemukan yang paling sering dialami oleh seseorang adalah faktor genetik. Seseorang yang mewarisi gen gemuk dari orang tuanya akan lebih besar peluangnya untuk gemuk juga.

Pertambahan Usia

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka sistem metabolisme tubuhnya akan menurun. Hal ini tentu dapat memengaruhi kenaikan berat badan karena tingkat metabolisme menjadi tidak maksimal.

Gaya Hidup Tidak Sehat

Zaman modern seperti sekarang ini tentu menjadikan orang lebih mudah untuk mendapatkan sesuatu. Kita nggak perlu keluar rumah untuk beli makanan dan kemudahan lainnya. Dengan tubuh yang jarang digerakkan, maka akan membuat lemak menjadi bertumbuh di badan.

Bukan cuma itu saja, konsumsi makanan cepat saji yang gizinya tidak seimbang juga bisa menjadi penyebabnya. Minuman kemasan yang mengandung gula tinggi juga memengaruhi kenaikan berat badan kamu.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Berikut ini ada beberapa cara agar kamu mendapatkan berat badan yang ideal secara alami.

1. Teh Hijau

Menurunkan Berat badan dengan teh hijau

pixabay.com

Teh hijau sudah dikenal dari zaman dahulu untuk menurunkan berat badan. Menggunakan teh hijau ini cukup mudah, kita harus teratur mengonsumsinya sebelum kita makan. Tapi ingat, jangan membuatnya pakai gula ya, nanti hasilnya nggak bakal kelihatan dong.

Dengan meminum teh hijau sebelum makan, maka perut kamu akan terasa lebih kenyang. Hal ini tentu saja dapat mengurangi porsi makan kamu.

Selain itu, di dalam teh hijau terdapat zat-zat yang dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Tentu saja termasuk metabolisme lemak, sehingga akan dapat membantu menghilangkan lemak yang ada di tubuh. Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah.

2. Teh Jeruk Nipis

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengombinasikan antara teh hijau dan jeruk nipis. Cara membuatnya juga nggak sulit kok, pertama siapkan tiga sendok teh atau sekantung teh hijau, satu buah jeruk nipis, dan segelas air panas.

Seduhlah teh menggunakan air panas, lalu masukkan perasan jeruk nipis ke dalamnya, aduk-aduk sebentar. Nah, konsumsi campuran teh dan jeruk nipis ini secara rutin.

3. Konsumsi Air Jeruk Nipis

Cara mengurangi berat badan menggunakan jeruk nipis

pixabay.com

Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Jika kita mengonumsi campuran air jeruk nipis dan segelas air hangat selama diet, maka hal tersebut akan dapat membantu untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

4. Madu dan Jahe

Sudah dari zaman dahulu kala madu dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Madu juga dipercaya dapat menurunkan berat badan secara alami. Kalau jahe, secara alami dapat menekan nafsu makan kita, sehingga dapat mengurangi asupan makan karena kita tidak terlalu lapar.

Kombinasi kedua bahan ini dapat memberikan efek yang baik ketika kita ingin menurunkan berat badan.

Cara mengonsumsinya juga mudah, siapkan terlebih dahulu 3 sendok makan madu, 2 sendok makan jahe, dan 1 gelas air panas. Campurkan semua bahannya, lalu konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Segelas air putih

thousandechoes.com

Sebagian besar tubuh kita adalah air dan minum air putih merupakan hal yang penting bagi tubuh untuk membantu proses metabolisme. Minum air putih yang banyak juga dapat meningkatkan kerja ginjal, membuat kulit jadi lebih cerah, membuang racun dari dalam tubuh, dan bisa membantu kinerja otak.

Selain banyak manfaat tersebut, ternyata minum air putih juga isa mambantu menurunkan berat badan. Sebelum kita makan, minumlah segelas air putih terlebih dahulu, hal ini dapat membuat porsi makan kita menjadi berkurang karena perut sudah terisi air lebih dulu.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Ada banyak sekali makanan yang tinggi kandungan seratnya, seperti beras merah, pisang, kacang polong, pepaya, alpukat, brokoli, jagung, pir, kubis, sorgum, dan masih banyak lagi bahan lainnya. Konsumsi makanan kaya serat ini akan memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

  • Membantu menurunkan berat badan
  • Membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh
  • Membersihkan saluran pencernaan
  • Menurunkan kolesterol dalam darah
  • Melindungi usus besar dari penyakit
  • Mencegah endapan lemak pada pembuluh darah
  • Memperlambat penyerapan glukosa
  • Mengendalikan kadar gula dalam darah

7. Minum Air Kelapa

Air kelapa sangat bagus digunakan untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Selain itu, air kelapa juga mampu memenuhi kebutuhan vitamin B. Mengonsumsi air kelapa juga dapat menurunkan rasa lapar, sehingga bisa jadi solusi untuk menurunkan berat badan.

Kamu bisa mengonsumsi air kelapa hijau paling tidak sehari sekali secara rutin. Harapannya, dengan konsumsi air kelapa ini, dalam satu minggu berat badan akan turun.

8. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau di apsar

createwholehealth.wordpress.com

Saat kamu melakukan program diet, sangat disarankan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Dalam sayuran hijau terdapat banyak kandungan serat. Hal ini akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama. Contoh sayuran hijau yang bisa kamu konsumsi adalah bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan sayur beerwarna hijau lainnya.

9. Makan Kentang Rebus

Dalam kentang rebus tanpa kulit, ada 260 kalori, 0,5 gram lemak, dan 6 gram protein. Kentang menjadi salah satu sumber energi ynag baik untuk kamu yang lagi menjalankan program penurunan berat badan. Bahkan, kamu juga bisa sekaligus menurunkan kadar kolesterol dalam tubuhmu juga.

10. Ngemil Kacang-kacangan

Kalau kamu mau ngemil tapi tetap sehat, makanlah kacang-kacangan. Dalam kacang-kacangan terdapat serat yang cukup tinggi. Kandungan lemak dalam kacang-kacangan pun renah, sehingga baik buat kamu yang lagi diet.

11. Konsumsi Ikan Tuna

Mengonsumsi ikan tuna saat sedang menjalankan program diet akan sangat membantu sekali. Tuna merupkan sumber protein yang tinggi dengan kalori rendah. Ikan tuna juga mengandung omega 3 yang dapat mencegah penyimpanan lemak di dalam perut. Konsumsi ikan tuna seberat 300 gram sama saja dengan mencukupi kebutuhan protein harian kita.

12. Konsumsi Yoghurt

Yoghurt plain

godlywomanhood.com

Yoghurt adalah minuman fermentasi yang dibuat dari susu sapi. Konsumsi yoghurt saat diet dapat membuat kamu merasakan kenyang lebih lama. Hal tersebut tentu sangat cocok buat kamu yang ingin mendapatkan berat badan ideal.

Selain itu, di dalam yoghurt terdapat bakteri baik yang dapat membantu proses pencernaan. Yoghurt juga dapat mengurangi lemak pada bagian perut dan pinggang.

13. Makan Semangka

Semangka merupakan salah satu buah yang cocok buat mengurangi lemak yang menumpuk di perut. Kandungan di dalam semangka adalah mineral alami yang sangat bermanfaat untuk mengurangi lemak tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung vitamin B1, B6, dan vitamin C. Terdapat juga magnesium yang dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

Cara Sehat untuk Mengurangi Berat Badan

Setelah menerapkan konsumsi beberapa makanan dan minuman di atas, kita bisa gabungkan dengan cara berikut ini.

1. Makan dalam Porsi Kecil

Cara menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan

bacaanku.com

Jika ingin menurunkan berat badan, kurangilah porsi makan kamu. Cara ini terbukti cukup efektif untuk dapat membuat berat badan kamu ideal secara alami.

Kamu bisa menggunakan piring yang lebih kecil dari biasanya untuk mengambil makanan. Ketika menggunakan piring kecil, tentu porsi makanan kamu juga akan berkurang. Dengan porsi makan yang berkurang, asupan kalori ke dalam tubuh pun juga akan berkurang.

Jangan khawatir kalau nggak kenyang, karena porsi makanan yang kecil juga bisa kenyang kok, asal proses makannya diperlambat. Makanlah dengan perlahan-lahan agar memberikan rangsangan ke otak bahwa kamu sudah kenyang.

Cara makan ini tentu saja lebih efektif menurunkan berat badan dari pada makanan dalam jumlah besar walaupun sehari hanya satu atau dua kali saja.

Porsi makan yang terlalu banyak merupakan salah satu penyebab lemak menumpuk di dalam tubuh. Untuk bisa menurunkan berat badan, kita harus mengurangi porsi makan. Mengurangi porsi makan ini juga merupakan cara diet yang sehat, jadi diet itu bukan nggak makan sama sekali.

Kenapa kita tetap makan saat diet? Tubuh kita itu butuh energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dengan asupan makanan, maka tubuh akan bisa beraktivitas dengan baik. Jadi, saat ini mulailah kurangi porsi makan, diawali dari 10-20% terlebih dahulu dari porsi sebelumnya.

2. Mengubah Waktu Makan

Tips menurunkan berat badan

pritikin.com

Apakah kamu tahu, kalau mengubah waktu makan itu dapat memengaruhi perubahan berat badan? Ternyata, hanya dengan mengubah waktu makan saja, kita bisa menurunkan berat badan. Sebuah fakta menyebutkan bahwa penyebab utama lemak berlebih karena makan dengan porsi yang banyak di waktu tertentu.

Untuk membuat metabolisme tubuh menjadi lebih cepat, kamu bisa makan sebanyak 3-4 kali sehari, tapi jangan porsi yang besar ya. Gunakanlah porsi kecil, selain bermanfaat untuk membakar kalori, lemak yang akan tersimpan di dalam tubuh juga nggak terlalu banyak.

3. Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan besar ternyata bisa membantu dalam proses penurunan berat badan lho. Hal ini dikarenakan, saat kita minum air, maka perut akan terisi dan lebih berasa kenyang. Akhirnya, kita tidak akan mampu makan dalam jumlah yang banyak.

4. Kurangi Makanan Manis

Saat kamu melakukan program diet, sebaiknya hindari memakan makanan manis. Karena, makanan manis itu akan memberikan kalori yang lebih besar dari pada jika kita makan protein.

Ketika kita makan makanan manis, maka glukosa di dalam tubuh akan meningkat dan tentu bisa meningkatkan berat badan. Apalagi kalau kita konsumsi makanan manis secara berlebihan, kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam tubuh. Jadi, mulai sekarang hindari makanan manis, kalau pengen ya sesekali aja, tapi jangan setiap hari.

5. Konsumsi Makanan yang Tepat

Memakan makanan yang tepat akan sangat membantu dalam program penurunan berat badan. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, makanan yang kaya akan protein adalah pilihan yang tepat.

Jika kamu mengonsumsi makanan tinggi protein maka kenyangmu akan lebih tahan lama. Nggak cuma itu aja, jika kita mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan proteinnya, maka lemak dalam tubuh dapat dibakar juga. Makanan yang memiliki protein yang tinggi contohnya seperti daging tanpa lemak, putih telur, seafood, kedelai, keju, dan kacang-kacangan.

Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

Lari Sekencang Mungkin Agar Dirimu Selamat

nationalgeographic.com

Hidup sehat itu bukan hanya dari makanan saja, tapi juga pola hidupnya. Salah satu pola hidup yang dapat membuat kita sehat dan berat badan menjadi ideal adalah rutin berolahraga. Ada beberapa olah raga yang bisa kamu lakukan untuk menunjang program penurunan berat badanmu.

1. Melakukan Aktivitas Fisik

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, pekerjaan bisa dilakukan di mana saja. Bahkan di tempat tidur sekalipun, dan itu akan membuat kita jarang sekali melakukan aktifitas fisik. Hal ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah terjadinya kegemukan.

Walaupun kerjaan kita bisa dilakukan di rumah, aktifitas fisik tetap harus dilakukan. Kamu bisa membiasakan diri untuk berjalan kaki misalnya. Contohnya ketika akan membeli kebutuhan di minimarket, kamu bisa berjalan kaki ketimbang menggunakan sepeda motor.

Atau mungkin ketika sedang pergi ke mall, dari pada menggunakan lift, kamu bisa memilih naik lewat tangga. Saat di rumah, kamu bisa melakukan peregangan ringan seperti ketika melakukan pemanasan saat mau olahraga.

2. Yoga

Yoga di zaman sekarang ini sudah tidak asing lagi, merupakan salah satu jenis olah raga yang mengutamakan kekuatan, pernafasan, dan kelenturan. Bahkan, ada penelitian di India yang menyebutkan kalau yoga ini sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut. Hal tersebut tentu akan melancarkan pencernaan dan membantu penurunan berat.

3. Cardio

Cardio adalah salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir seluruh anggota tubuh kita. Olahraga yang masuk ke dalam kategori cardio adalah bersepeda, berlari, berenang, dan olahraga lainnya.

Denga melakukan cardio, maka otot-otot di tubuh hampir semuanya bekerja, mulai dari otot perut, otot punggung, lengan, pundak, otot betis, dan otot paha. Hal ini tentu akan sangat membantu sekali jika kamu ingin menurunkan berat badan.

4. Sit-up dan Push-up

Olahraga mudah lainnya yang bisa kita kerjakan adalah sit-up dan push-up. Kamu bisa melakukan sit-up dan push-up ini secara rutin agar hasilnya maksimal. Nggak perlu banyak-banyak, awali dulu dengan 10 kali sit-up dan push-up. Lakukan sedikit demi sedikit agar tubuh bisa menerima latihan kita di awal.

Setelah berlangsung beberapa hari, naikkan intensitasnya setiap hari. Olahraga ini dapat membantu dalam program menuju berat badan yang ideal. Lakukanlah sit-up dan push-up di pagi hari, soalnya kegiatan di pagi hari ini dapat membantu mengontrol nafsu makan kamu.

Hal yang Harus Dihindari

Selain menjaga pola makanan, asupan makanan, dan melakukan olahraga, ada beberapa hal yang harus kamu hindari agar program mengurangi berat badanmu berhasil.

1. Makanan dengan Kadar Gula Tinggi

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan gulanya akan dapat menyebabkan terkena berbagai macam penyakit, apalagi kalau kita sering sekali mengonsumsinya. Jika terlalu sering mengonsumsi makanan manis, resiko penyakit seperti kolesterol, diabetes, obesitas, gigi berlubang, kecanduan makanan manis, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain makanan manis, minuman bersoda juga sebaiknya dihindari. Hal ini karena di dalam minuman bersoda itu kandungan gulanya sangat tinggi. Bahkan, kalau bisa, jangan terlalu sering minum minuman di dalam kemasan. Gula di dalam minuman kemasan juga tinggi, apalagi ada bahan lain seperti pengawet.

2. Makan Lebih dari Jam 8 Malam

Sarapan dan makan siang jangan sampai ketinggalan, karena kita beraktivitas di pagi hari dan membutuhkan energi yang banyak. Nah, ketika malam, tentu kita akan isitirahat karena aktivitas harian kita sudah selesai. Kamu nggak perlu mengonsumsi makanan berat saat malam.

Jangan makan makanan berat ketika malam hari, ya maksimal jam 8 malam lah. Tapi sebaiknya kurang dari jam tersebut jika ingin makan malam. Tapi, lebih baik lagi makannya diganti dengan yang tinggi serat, seperti buah-buahan atau sayur saja.

3. Junk Food

Di kota besar, waktu itu begitu cepat berlalu, kita dituntuk untuk selalu bergerak cepat agar pekerjaan tidak terbangkalai. Makanya, banyak yang memilih makanan cepat saji agar lebih cepat makannya. Apalagi rasa dari makanan tersebut yang bisa membuat kita ketagihan.

Tapi ingat, kalori di dalam junk food itu banyak banget lho. Jika kita mengonsumsi makanan ini, maka penambahan kalori di dalam tubuh akan bertambah dengan cepat.

Sebaiknya hindari mengonsumsi junk food untuk kamu yang sudah biasa mengonsumsinya. Yah, usahakan selama tujuh hari nggak makanan ini dulu lah. Terus coba deh cek berat badan kamu, apakah ada penurunan berat badan atau tidak.

Cara Mengurangi Berat Badan dalam 1 Minggu

Cara ini mungkin saja berhasil di beberapa orang, tapi juga nggak membuahkan hasil di yang lainnya. Tapi, nggak ada salahnya buat dicoba lho.

1. Hari Pertama, Makan Buah

Hari pertama, yang harus kamu lakukan adalah mengonsumsi buah dengan berbagai macam warna. Contoh buahnya seperti apel, kandungan serat di dalam buah ini cukup banyak dan kalorinya rendah. Buah lain yang bisa dikonsumsi adalah pepaya, dalam pepaya terdapat enzim yang akan membantu dalam proses pencernaan makanan.

2. Hari Kedua, Hindari Sayuran Tumis atau Goreng

Hari kedua kamu bisa mengonsumsi sayuran berwarna, pilih saja sayur kesukaanmu agar lebih enak ketika dimakan. Tapi, cara mengolah sayurannya perlu diperhatikan, jangan memasaknya dengan ditumis menggunakan minyak. Kamu bisa memasaknya dengan direbus, atau kalau tidak ya dibuat menjadi salad.

3. Hari Ketiga, Jangan Makan Pisang

Pada hari ketiga, kamu bisa mengombinasikan antara sayur dan buah dengan beragam warna untuk dikonsumsi selama satu hari. Kalau masih merasa belum kenyang, kamu bisa makan lebih dari tiga kali.

Tapi, pada hari ini ada beberapa makanan yang tidak perlu kamu konsumsi. Kalau biasanya kamu makan pisang, hari ini jangan dulu. Makan kentang juga untuk hari ini jangan, biar penurunan berat badan lebih cepat tercapai.

4. Hari Keempat, Makan Pisang dan Susu

Di hari keempat, mulai boleh nih makan pisang dan minum susu. Kamu bisa membuat makanan dari bahan dasar pisang dan susu. Misalnya saja, kamu bisa membuat jus pisang dengan susu, atau dibuat milkshake juga bisa. Tapi ingat, kalau mau mengolah pisangnya, nggak boleh digoreng lho ya.

Kalau memang malah mengolah kedua bahan tersebut, ya tinggal makan saja pisangnya dan meminum susunya.

5. Hari Kelima, Boleh Makan Nasi

Sampai hari kelima, apakah sudah nampak perubahan di tubuhmu? Apakah kamu merasa lebih ringan? Hehehe.

Untuk hari kelima, kamu sudah boleh makan nasi, tapi hanya lima sendok makan saja. Tambahannya, kamu bisa mengonsumsi nasi dengan tomat yang masih mentah atau sudah direbus. Di hari ini, konsumsi nasi boleh sebanyak dua kali sehari, tapi jangan makan nasi saat malam hari ya.

6. Hari Keenam, Tambah Tahu dan Tempe

Hari keenam, kamu boleh menambahkan protein nabati dan hewani saat sarapan. Protein ini bisa berupa tahu, tempe, daging nggak pakai kulit. Tapi ingat, semua lauk ini hanya boleh direbus ya, nggak boleh digoreng. Untuk makan siang, kamu boleh makan lima sendok nasi dengan sayur saja, tanpa lauk.

Jangan lupa, selalu minum air putih biar selalu segar setiap hari.

7. Hari Ketujuh, Minum Air Hangat

Hari ketujuh, kamu bisa makan lima sendok nasi dengan lauk, sayuran, dan buah segar beragam warna. Kamu juga bisa membuat jus buah untuk mendetoks racun dari dalam tubuh, tapi jus tanpa tambahan gula ya.

Ada tambahan lagi nih, minum air putih hangat sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Minum air hangat ini dimaksudkan untuk membuat kita tetap segar dan mengurangi berat badan dengan lebih efektif.

Setelah melalui seminggu dengan pola makan di atas, jangan lantas menggila makan seenaknya. Bisa-bisa berat badanmu naik lagi dan malah lebih nggak terkendali.

Tips Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang ingin menjalankan program penurunan berat badan, berikut ini beberapa tips yang semoga saja dapat mambantu.

1. Tentukan Target

Untuk bisa sampai ke berat badan tertentu, kamu harus menentukan target yang akan dicapai. Hal ini dilakukan sebelum memulai melakukan diet lho ya. Jangan terlalu terobsesi dengan penurunan berat badan yang cepat, seminggu turun sekilo saja cukup kok.

Tetapkan juga target kecil lain, seperti misalnya nggak makan gorengan atau nggak makan makanan cepat saji. Atau bisa juga target melakukan sit-up dan push-up sehari berapa kali.

2. Selalu Optimis

Setelah menentukan target yang jelas, kita harus selalu berpikir yang baik. Pikirkan hal-hal positif agar perjalanan kita dalam mengurangi berat badan terasa nggak berat. Jangan malah membayangkan makanan penggagal diet, bisa-bisa kamu malah nggak jadi diet.

3. Komitmen untuk Memiliki Berat Ideal

Komitmen dalam sebuah program penurunan berat badan itu sangat penting. Kalau kamu nggak punya niat buat ngurangi berat badan, tentu yang kamu lakukan juga nggak ada hasilnya. Soalnya, proses untuk mencapai berat badan yang ideal itu nggak cepat, butuh perjalanan panjang.

Liat aja tuh cara-cara di atas, semuanya itu nggak ada yang instan, harus teratur dan rutin setiap hari. Jadi, kamu harus membangun komitmen yang tinggi agar bisa memiliki berat badan ideal.

4. Tidur Teratur dan Cukup

Setelah melakukan aktivitas seharian, tentu tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat. Nah, istirahat yang bagus itu ya tidur. Jangan malah begadang tiap hari cuma buat namatin film kesukaan kamu. Pokoknya nggak disarankan banget deh buat begadang kalau kamu pengen punya berat badan ideal.

Tidurlah yang cukup, soalnya, kalau tidurmu kurang, maka hormon di dalam tubuh yang membuat nafsu makan meningkat akan bertambah produksinya. Bahkan, lebih parah lagi, kurang tidur juga kana membuat kita menjadi sulit untuk kenyang.

Leave a Reply