Cara Meningkatkan Daya Ingat Tanpa Perlu Minum Obat

Cara Meningkatkan Daya Ingat – Ingatan manusia pasti memiliki keterbatasan, tidak mungkin kita dapat mengingat semua hal yang pernah dialami dalam hidup ini.

Kita tentu tidak begitu ingat apa yang sudah terjadi waktu kecil dulu. Atau mungkin, beberapa menit yang lalu, sebagian dari kita pasti lupa apa yang terjadi.

Nah, ingatan itu sebenarnya mirip dengan organ tubuh manusia, semakin banyak kita melatihnya, makan kondisinya pun akan lebih baik.

Buat kamu yang ingin menjadikan ingatan lebih baik, tentu diperlukan latihan agar kemampuan mengingat itu menjadi bagus. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat.

Penyebab Turunnya Daya Ingat

Tapi, sebelum kita mengetahui apa saja yang dapat meningkatkan daya ingat, lebih baik cari tahu dulu tentang apa penyebab menurunnya daya ingat kita.

1. Kurang Tidur

Susah tidur- insomnia

bodyfitnessexpert.com

Tidur merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengistirahatkan beberapa organ. Jika kita kurang tidur, hal ini tentu akan berpengaruh pada menurunnya daya ingat.

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa dibutuhkan setidaknya 6 jam tidur agar daya ingat kita berfungsi dengan optimal.

Buat kamu yang sedang sibuk-sibuknya, jangan lupa untuk tidur, tidur itu penting. Bukan hanya untuk mengoptimalkan daya ingat saja, tetapi juga untuk mengatasi stres yang mungkin saja terjadi di keseharian kita.

2. Depresi

Stres yang berlebihan tidak baik untuk tubuh

kipmi.or.id

Di zaman yang serba cepat seperti sekarang ini, depresi sudah menjadi keseharian orang-orang yang hidup di kota besar. Bukan cuma orang dewasa saja, tapi juga anak-anak dapat mengalami depresi.

Penyebab depresi ini banyak, bisa jadi hal sepele, bisa juga peristiwa yang sangat serius. Misalnya, lupa makan kerupuk ketika lagi makan gado-gado, atau kehilangan orang yang kita cintai. Hal-hal tersebut dan beberapa peristiwa lainnya, bisa jadi menyebabkan depresi.

Nah, ketika kita mengalami depresi, sangat penting untuk mencari bantuan. Biasanya, kita butuh orang untuk berbagi cerita agar hidup terasa lebih ringan. Sangat disarankan untuk berkonsultasi juga dengan dokter, agar depresi tidak menjadi sakit yang berkepanjangan.

3. Diabetes

Penyakit Gula atau Diabetes

blog.cirm.ca.gov

Dengan berkembangnya kehidupan, banyak sekali muncul penyakit yang dulu sangat jarang diderita oleh masyarakat di dunia, salah satunya diabetes.

Diabetes bisa terjadi karena faktor keturunan dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Jika penyakit diabetes tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi penyakit lainnya. Salah satunya kegagalan sistem vaskuler, dan ini berakibat dengan menurunnya daya ingat.

Pengobatan penyakit diabetes yang tepat dapat meningkatkan daya ingat. Selain diabetes, ada juga penyakit lain yang bisa memengaruhi daya ingat. Contohnya seperti penyakit paru-paru, hati, dan ginjal.

Untuk mencegah penurunan daya ingat, tentu diagnosa secara dini dan lebih cepat tentu lebih baik. Selain itu, dengan diagnosa lebih dini, dapat mencegah kerusakan tubuh.

4. Penyakit tiroid

Ketika seseorang terkena penyakit tiroid, maka sebagian besar organ tubuhnya akan terpengaruh. Penyakit tiroid juga akan berdamak pada menurunnya daya ingat.

Untuk mecegah penyakit lebih parah, diagnosa dini akan sangat baik, agar penurunan daya ingat dapat diminimalisir.

5. Konsumsi Alkohol

Buat kamu yang suka minum-minuman beralkohol lebih baik berhenti sekarang. Selain hal ini dilarang oleh agama, minuman beralkohol ini juga dapat menurunkan daya ingat. Bukan cuma alkohol saja, tetapi juga obat-obatan terlarang atau narkoba.

Ketika kamu menjadi pecandu alkohol, awalnya akan terjadi masalah dengan ingatan jangka pendek. Tetapi, ketika kamu terus kecanduan alkohol, maka akan ingatan jangka panjang kamu yang akan bermasalah.

6. Kekurangan Vitamin B 12

kekurangan vitamin juga dapat memengaruhi daya ingat lho, terutama viamin B 12. Vitamin B 12 ini sangat diperlukan agar otak dapat berfungsi dengan baik.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B 12, kamu bisa mengonsumsi telur, ikan, daging unggas, daging sapi, susu, produk olahan susu, dan beberapa jenis makanan lain.

Beberapa hal di atas adalah beberapa penyebab menurunnya daya ingat kita. Kita dapat menghindari penyebab-penyebab tersebut agar daya ingat tidak menurun.

Cara Meningkatkan Daya Ingat

Kalau tadi sudah kita bahas tentang penyebab menurunnya daya ingat, sekarang kita akan cari tahu beberapa cara meningkatkan daya ingat. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melatih otak agar daya ingat kita meningkat.

1. Buat Kebiasaan Baru

Kebiasaan yang baru ini akan sangat membantu kamu untuk melatih kinerja otak. Dengan kebiasaan baru, kita pasti akan menetapkan tujuan dari hal yang baru itu.

Contoh hal yang bisa kamu lakukan misalnya adalah menulis dengan tangan kiri, menata ulang ruangan di rumah, mencuci piring dengan tangan yang berbeda, atau hal lain yang tidak biasa kamu lakukan.

2. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Silaturahim merupakan salah satu cara agar otak kita terus bekerja dengan baik. Bertemu, berbincang dengan keluarga, saudara, sahabat, teman, dan orang-orang yang belum kita kenal, akan sangat membantu meningkatkan daya ingat.

Berkumpul dengan orang lain akan membuat kita terhindar dari rasa stres dan depresi, salah satu penyebab menurunnya daya ingat.

Jadi, sering-seringlah berkumpul dengan orang lain, orang-orang yang baik. Jangan mengurung diri di dalam kamar, karena hal itu tidak baik untuk tubuh kita.

3. Olahraga

Olahraga dengan teratur dan rutin juga dapat menjaga daya ingat kita lho. Dengan olahraga yang rutin, maka aliran darah kita akan menjadi lancar dan itu berarti suplai dara ke otak juga tentu lebih baik jika dibandingkan dengan yang jarang berolahraga.

Dengan suplai darah ke otak yang lebih lancar, maka syaraf di otak akan menerima zat gizi dan oksigen dengan optimal. Selain itu, ketika rutin berolahraga, akan menghindarkan diri kita dari depresi.

Olahraganya tidak perlu berat-berat, cukup beberapa menit dalam sehari. Contohnya saja dengan berjalan kaki selama 20 menit, bersepeda, atau mungkin berenang.

4. Terus Belajar

Belajar itu jangan sampai berhenti, harus tiap hari, sampai kita mati. Belajarnya tidak perlu seperti yang di sekolah, kamu bisa mencari topik yang menarik dan disukai. Mungkin kamu bisa belajar tentang perkembangan teknologi, atau belajar memasak, menulis, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa mengikuti forum atau kelompok dengan minat yang sama, untuk membuat belajar lebih menyenangkan. Dengan mengikuti kelompok tersebut, kamu bisa berdiskusi sekaligus sosialisasi.

Belajarnya nggak cuma dari bangku sekolah atau kuliah. Kamu bisa cari informasi lewat buku, internet, dan dari apa yang orang lain katakan. Tapi, sebelum dipelajari, cari tahu dulu tentang kebenaran informasi yang kamu dapatkan ya.

5. Melatih Otak dengan Sebuah Permainan

Seperti halnya anggota tubuh lainnya, otak juga perlu dilatih agar tidak tumpul. Salah satu cara untuk melatih otak adalah dengan permainan otak.

Apa saja itu permainan yang melatih otak? Ada beberapa permainan yang bisa kamu coba, seperti puzzle, catur, teka-teki silang, permainan strategi, dan permainan lain yang membuat kamu harus berfikir untuk menyelesaikannya.

6. Mengatur Segala Aktivitas

Mungkin kita pernah lupa ketika meletakkan barang, dan ketika mencarinya kita kebingungan ada dimana. Contohnya kita lupa meletakkan kacamata, sisir, pesil, penghapus, dan barang yang biasanya kita sembarang untuk meletakkannya.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasakanlah untuk mengorganisir hal-hal kecil dalam hidup kamu. Mulai dari menaruh barang pada tempatnya, menulis agenda harian, membuat tempat untuk barang yang sering kamu gunakan, membuang barang yang sudah tidak terpakai agar kita lebih fokus.

Kamu juga bisa menggunakan gadget untuk mengingatkan rutinitas harian. Bukan cuma mengingatkan, tapi hal ini pasti akan sangat membantu kamu untuk lebih tepat waktu dan menepati janji.

7. Istirahat yang Cukup

Bayi tidur nyenyak

eattoperform.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, tentang penyebab menurunnya daya ingat adalah kurangnya tidur atau insomnia. Nah, untuk menjaga daya ingat, kita butuh istirahat yang cukup.

8. Konsusmsi Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

howtostoyno.altervista.org

howtostoyno.altervista.org

Makanan yang masuk ke dalam tubuh juga akan berpengaruh terhadap daya ingat lho. Mengonsumsi makanan tertentu akan dapat meningkatkan fungsi otak untuk mengingat.

Makanan yang dapat menjaga kesehatan otak biasanya memiliki antioksidan dan vitamin yang tinggi. Dengan asupan vitamin dan antioksidan yang cukup, maka tubuh juga akan menjadi lebih sehat.

Beberapa makanan yang bisa kamu konsumsi sebagai usaha meningkatkan daya ingat adalah sayuran hijau, jus buah, berbagai macam berry, ikan salmon, sarden, makarel, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan makanan sehat lainnya.

9. Perhatikan Apa yang Masuk ke Dalam Perut

Apa yang kamu konsumsi tentu akan sangat berpengaruh pada kesehatan otak. Kalau sebelumnya kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan yang baik agar kerja otak juga meningkat. Sekarang kamu harus menghindari makanan yang dapat menurunkan daya ingat.

Sebaiknya hindari mengonsumsi minuman beralkohol, bahkan jangan konsumsi sekalian itu minuman. Biar otak kita tetap sehat dan tidak jadi menurun kemampuan untuk mengingatnya.

Nah, demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat. Semua cara tersebut dapat kamu lakukan, biar tubuh juga sehat, daya ingat makin kuat. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply