Penyebab dan Cara Mengobati Mimisan

Apakah kamu pernah mengalami mimisan? Secara tiba-tiba keluar darah dari hidung dan berhentinya lama? Kalau pernah, berarti kita sama, hehe.

Mimisan merupakan sebuah pendarahan yang terjadi pada hidung, disebut juga epistaksin. Pendarahan tersebut terjadi karena lepasnya mukosa yang terdapat pembuluh darah kecil di dalamnya.

Biasanya, mimisan terjadi pada balita, anak dan orang dewasa, semua umur ternyata bisa terkena mimisan. Banyak pula yang bertanya-tanya, kenapa bisa terjadi mimisan, apa penyebabnya? Nah, berikut ini ada beberapa penyebab mimisan yang mungkin belum kamu ketahui.

Penyebab Mimisan

1. Mukosa Hidung Terluka

Saat kamu mengupil, biasanya rongga hidung akan tergores oleh kuku, hal ini dapat menyebabkan luka pada mukosa hidung. Luka inilah yang akan mengeluarkan darah dan menyebabkan mimisan.

2. Perubahan Suhu Mendadak

Perubahan suhu secara mendadak ternyata juga menjadi salah satu penyebab mimisan. Saat suhu udara sangat dingin atau panas, selaput pada hidung bisa mengalami kekeringan dan pecah. Dan, darah akan keluar dari hidung, terjadilah mimisan.

3. Benda Asing Masuk Hidung

Masuknya benda asing ke dalam hidung ternyata juga dapat melukai selaput yang ada di rongga hidung. Luka yang terjadi itu dapat menyebabkan terjadinya pendarahan.

4. Mengeluarkan Ingus Terlalu Keras

Ketika kamu sedang flu, maka akan ada banyak ingus yang memenuhi rongga hidung. Dan pasti, agar tidak mengganggu saluran pernafasan, kamu akan mengeluarkan ingus tersebut. Tapi hati-hati, jangan mengeluarkannya terlalu keras.

Jika kamu mengeluarkan ingus terlalu keras, mukosa yang ada di rongga hidung dapat pecah dan akan mengakibatkan kamu mimisan.

5. Menghirup Aroma Zat Kimia Berlebihan

Saat kamu tidak sengaja menghirup aroma bahan kimia yang menyengat seperti amonia, asam sulfat atau menggunakan obat pelega hidung tersumbat secara berlebihan, bisa mengakibatkan terjadi mimisan.

6. Minum Obat

Jika kamu mengonsumsi obat yang mengandung ibuprofen dan asetosal, bisa jadi nantinya kamu akan mimisan.

7. Kelainan pada Anak

Anak yang berusia di bawah 10 tahun, bisa terkena kelainan yang akan menyebabkan dia sering terkena mimisan.

8. Iritasi pada Hidung

Di kota besar, udara sudah tidak bersih lagi karena tercemar polusi dari asap kendaraan. Hidung bisa saja terkena iritasi karena polusi udara tersebut, sehingga selaput lendir pada hidung akan mengalami lecet dan terjadilah mimisan.

9. Benturan Keras pada Hidung

Mimisan juga bisa terjadi karena terjadinya benturan keras yang mengenai hidung kamu. Contohnya seperti petinju yang terkena pukulan tepat di hidungnya, pasti dia akan mengeluarkan darah lewat hidung.

10. Peradangan pada Hidung

Peradangan dan infeksi yang terjadi pada hidung yang mungkin disebabkan oleh leukimia, hemofilia, hipertensi, demam berdarah, influenza, sinusitis atau tumor, juga menjadi penyebab mimisan terjadi.

Cara Mengatasi Mimisan

Nah, setelah tahu apa saja penyebab mimisan, kita juga perlu tahu bagaimana mengatasi mimisan dong. Berikut ini cara mengatasi mimisan yang bisa kamu lakukan.

1. Posisi Duduk Condong ke Depan

Ketika seseorang mengalami mimisan, langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah membuat orang tersebut duduk dengan badan yang tegap. Lalu, badan dan kepala dicondongkan ke depan.

Jepit hidung orang yang mimisan tadi menggunakan dua jari tangan, biarkan dia bernafas lewat mulut selama 2 menit. Setelah darah benar-benar berhenti, kompres hidungnya menggunakan es.

Mengompres hidung dimaksudkan, untuk membekukan darah dengan cara memperkecil pembuluh darah. Sedangkan posisi duduk condong ke depan bertujuan mencegah aliran darah masuk ke kerongkongan dan lambung.

2. Gunakan Daun Sirih

daun sirih

sehatplus.com

Ambil satu lembar daun sirih yang masih muda, remas dan gulung sampai membentuk kerucut. Sumbat lubang hidung yang mengeluarkan darah dengan daun sirih tersebut, biarkan beberapa menit. Penggunaan daun sirih bertujuan agar pembuluh darah menyusut dan pendarahan dapat berhenti.

Jika ternyata mimisan masih terjadi setelah lebih dari 1o menit, segera bawa orang yang mimisan tersebut ke dokter. Pendarahan yang terus terjadi dibarengi panas, kemungkinan orang tersebut terkena penyakit yang cukup serius.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kamu coba jika suatu saat menemukan orang yang mengalami mimisan. Semoga lekas sembuh 🙂

Leave a Reply