3 Cara Mengobati Kutu Air dengan Bahan Alami

Salah satu penyakit yang membuat aktivitas kita menjadi terganggu adalah kutu air. Bukan cuma membuat penampilan kaki kita menjadi tidak indah, tapi rasa gatalnya akan sangat mengganggu pekerjaan kita.

Apakah kamu terkena kutu air? Hmmm, bingung cara menghilangkannya? Sebelum kita cari tahu cara menghilangkan kutu air, cari tahu dulu yuk tentang penyakit ini.

Penyakit yang dikenal dengan nama kutu air ini memiliki nama medis Tinea Pedis. Sebuah penyakit yang disebabkan karena infeksi jamur pada kulit dan biasanya muncul di antara jari kaki. Dan jamur itu akan menyebabkan gatal yang sangat mengganggu, sampai kita pun tidak bisa menahan untuk menggaruknya.

Jamur yang menyebabkan kutu air bernama Trichophyton rubum. Jamur yang sering muncul di sela jari kaki, jari tangan, bahkan di kuku kaki maupun tangan. Ada juga yang diserang jamur ini pada bagian wajah atau kulit kepala lho. Ketika bagian tubuh kamu ditumbuhi jamur ini, maka akan terasa gatal.

Nah, karena sangat mengganggu, kutu air ini tentu harus segera dihilangkan. Buat kamu yang ingin menghilangkan kutu air dengan bahan alami, berikut ini beberapa bahannya.

1. Cuka

Larutan cuka

institutefornaturalhealing.com

Cuka berfungsi untuk menghilangkan jamur ataupun kutu air yang tumbuh di tubuh kamu. Cuka mengandung zat anti jamur dan juga anti bakteri, sehingga cuka bisa kamu gunakan untuk menghilangkan kutu air.

Tapi, karena cuka akan menyebabkan rasa pedih, kamu dapat mencampurkan terlebih dahulu cuka dengan air. Kalau bisa, gunakan air panas atau hangat agar lebih steril dari kuman.

Cara mengaplikasikan air cuka ini cukup mudah. Kamu tinggal mengisi wadah dengan air cuka, kemudian celupkan kakimu ke dalam wadah tersebut. Rendam selama 15 menit setiap hari sampai kutu air yang ada di kaki kamu jadi hilang.

2. Daun Sirih

daun sirih

sehatplus.com

Daun sirih juga dikenal akan kandungan senyawa anti bakteri dan anti jamurnya. Kamu cukup siapkan 10 lembar daun sirih, kemudian remas-remas menggunakan tangan atau bisa juga kamu iris tipis. Rebus daun sirih, tambahkan satu sendok makan garam. Setelah mendidih dan aroma daun sirih tercium, angkat air rebusan dan masukkan ke dalam wadah lain.

Dinginkan air rebusan sirih tersebut sampai paling tidak sudah aman jika terkena kulit. Rendamlah kakimu ke dalam air rebusan sirih tersebut selama 15 menit.

Lakukan cara ini dengan rutin selama 5 hari berturut-turut sampai kutu air yang ada di kaki kamu hilang. Cara ini akan lebih baik dilakukan sebelum tidur. Karena, selain untuk mengobati kutu air, rebusan daun sirih juga dapat menghilangkan pegal dan membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni

sehatplus.com

Minyak kelapa juga bisa kamu gunakan untuk mengobati kutu air dan hasilnya cukup efektif. Kamu cukup mengambil beberapa mili minyak kelapa dan oleskan pada kaki yang terkena kutu air. Setelah selesai diolesi minyak kelapa, diamkan selama beberapa menit, baru kemudian bilas menggunakan air hangat.

Lakukan cara ini dengan rutin, kalau bisa 3 kali sehari agar hasilnya lebih maksimal. Minyak kelapa digunakan karena mengandung asam laurat yang bersifat anti jamur.

Nah, gimana? Udah tau kan beberapa cara mengobati kutu air? Cukup lakukan cara di atas dengan rutin, maka kutu air kamu insyaaAllah akan hilang. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply