Cara Mengobati Biduran Secara Alami Menggunakan Tanaman Sekitar Rumah

Biduran merupakan suatu penyakit yang mengakibatkan kulit menjadi bentol-bentol berwarna merah. Kalau kamu kena biduran, kulit akan terasa sangat gatal dan panas, itu pasti sangat mengganggu.

Biduran sendiri, istilah medisnya adalah urtikaria. Nah, penyakit ini ada yang terjadi dalam waktu yang singkat atau disebut urtikaria akut. Tapi, ada juga yang waktunya lama dan tidak hilang-hilang, atau disebut urtikaria kronis.

Kedua jenis biduran tersebut sama-sama membuat kamu menjadi gatal dan mengakibatkan ketidaknyamanan. Oleh karena itu, biduran harus segera diobati dengan tuntas.

Penyebab Biduran

Sebelum membahas cara apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan biduran, ada baiknya kita cari tahu dulu, sebenarnya apa saja sih penyebab biduran. Pasti ada banyak sebab, dan jika penyebab tersebut dapat kita hindari, ada kemungkinan kita juga akan terhindar dari yang namanya biduran.

Biduran dapat terjadi karena makanan yang kamu makan, atau benda yang masuk ke dalam perut kamu. Penyebab biduran yang mungkin saja pernah kamu alami adalah hal yang menyebabkan kamu alergi seperti obat-obatan tertentu, makanan laut, telur, daging kaleng, bulu binatang, racun serangga, stres, dan infeksi virus.

Nah, semua penyebab itu yang kemungkinan dapat menyebabkan kamu biduran karena alergi.

Gejala Biduran

Gejala yang akan kamu alami jika terkena biduran adalah sebagai berikut.

  • Kulit mengalami penebalan
  • Ada bercak kemerahan
  • Gatal
  • Terasa panas pada bagian yang terdapat bercak merah

Perawatan Jika Terkena Biduran

  • Jika kamu sudah terkena biduran, ada baiknya lakukan penanganan darurat terlebih dahulu.
  • Kamu cari penyebab alergi yang membuat biduran kamu kambuh. Setelah diketahui, untuk selanjutnya hindari hal tersebut.
  • Kompreslah bagian yang terkena biduran dengan menggunakan air dingin. Setelah itu, mandilah menggunakan air hangat.
  • Untuk mengurangi rasa gatal, kamu dapat mengonsumsi obat antihistamin.

Cara Alami Mengobati Biduran

Nah, berikut ini ada cara alami yang bisa kamu coba untuk mengobati biduran.

1. Temulawak dan Asam

Kamu harus menyiapkan temulawak sebanyak 15 gram, buah asam, dan gula aren. Semua bahan direbus menggunakan air sebanyak 2 gelas. Rebus terus sampai hanya tersisa 1 gelas air saja, dinginkan, kemudian saring.

Minumlah jamu yang sudah dibuat tersebut, kamu dapat menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

2. Kunyit dan Sambiloto

Bahan yang harus disiapkan untuk cara ini adalah 20 gram kunyit, 10 gram sambiloto, 30 gram daun kelor, 3 butir bawang merah, dan 1 sendok makan adas. Cuci semua bahan sampai bersih, kemudian tumbuk semua bahan sampai halus.

Setelah benar-benar halus, rebus menggunakan 600 ml air. Rebus terus sampai hanya tersisa sepertiga bagian air saja. Kemudian saring dan dinginkan. Kamu dapat meminum jamu ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

3. Bawang Merah dan Daun Kelor

Siapkan 1 butir bawang merah, 3 lembar daun kelor, dan 2 gram pulosari. Rebus semua bahan menggunakan 3 gelas air, terus rebus sampai hanya tersisa 2 gelas air. Saring jamu dan kamu dapat meminumnya sebanyak 2 kali sehari.

4. Daun Jombang

Siapkan 30 gram daun jombang dan 400 ml air. Rebus daun jombang menggunakan air yang sudah disiapkan sampai hanya tersisa setengah saja airnya. Minum jamu ini selagi masih hangat.

5. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan ini adalah minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol kristal, masing-masing sebanyak 1 sendok makan. Campur semua bahan menjadi satu dan aduk sampai semua tercampur rata. Oleskan pada kulit yang terkena biduran.

6. Akar Rosa multifona Thumb.

Siapkan akar Rosa multifona Thumb. dan 400 ml air. Rebus akar tanaman tersebut ke dalam air yang sudah disiapkan. Rebus terus sampai hanya tersisa setengahnya saja. Saring air rebusan yang sudah dibuat dan minum setiap pagi dan sore hari.

7. Leunca

Siapkan leunca yang sebelumnya sudah dibuang bagian akarnya. Tumbuk sampai halus, lalu balurkan pada kulit yang terkena biduran, diamkan sampai leunca berubah warna menjadi hijau. Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari agar biduran cepat pergi.

8. Daun Sirih

Daun sirih ternyata dapat digunakan untuk mengatasi biduran. Ambil daun sirih sebanyak 20 lembar, kemudian rebus dan saring. Minum ramuan tersebut agar biduran kamu cepat hilang.

Selain itu, daun sirih ternyata juga mampu menghilangkan bau badan lho.

Nah, gimana cara alami untuk menghilangkan biduran? Tertarik untuk mencobanya? Semoga lekas sembuh 🙂

Leave a Reply