Cara Menghilangkan Panu yang Alami dan Ampuh

CARA MENGHILANGKAN PANU – Panu, merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dalam bahasa kedokterannya disebut tine versicolor. Panu disebabkan karena pertumbuhan jamur di kulit manusia. Jamur yang tumbuh dan menyebabkan panu adalah Candida albicans.

Mungkin kamu pernah terkena panu? Karena, hampir setiap orang sudah pernah terkena panu lho. Baik itu anak kecil atau orang dewasa.

Awal Kemunculan Panu

Orang terkena panu, pastilah ada tanda-tanda awal kemunculannya. Biasanya, panu muncul pertama dengan tanda ada bercak putih yang lembut di kulit. Pada tahapan ini, kita masih belum merasakan kalau itu adalah panu. Tapi, kalau dibiarkan saja, maka panu akan semakin membesar dan menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Kamu perlu mewaspadai serangan panu jika sudah muncul tanda-tanda tadi. Perlu kamu perhatikan juga bagian yang sering diserang oleh panu. Biasanya adalah punggung, tangan, bahu, leher, dan wajah.

Penyebab Panu Menyerang

Ada akibat pastilah ada sebab yang melatarbelakanginya dong? Begitu juga dengan kemunculan panu yang misterius ini. Pastilah ada sebab kenapa dia tahu-tahu bisa berkembang dengan pesat di tubuh kita.

1. Suhu Udara Tinggi

Suhu udara yang sangat panas bisa jadi menjadi penyebab kemunculan panu. Jika suhunya tinggi, maka tubuh akan menjadi mudah berkeringat. Jika kita jarang membersihkan tubuh yang berkeringat, maka jamur akan dengan mudah muncul di kulit kita.

2. Keadaan Lingkungan yang Lembab

Kelembaban udara juga menjadi faktor kemunculan tentara panu ini. Pada saat udara lembab, baju yang kita pakai pun jadi akan lembab juga. Nah, pas banget tuh, pasukan panu akan mulai bermunculan.

3. Jarang Mandi dan Ganti Baju

Salah satu penyebab munculnya panu yang paling sering adalah jarang mandi dan gantu baju. Kalau kamu jarang mandi, jamur akan mudah muncul karena banyak juga bakteri yang ada di tubuh kamu. Biasanya, bagian yang sering diserang duluan adalah punggung, kemudian akan menyebar ke bahu sampai wajah.

4. Mengonsumsi Makanan Tertentu

Ternyata, asal makan itu juga bisa menyebabkan tubuh terserang panu lho. Makanan yang berlemak dan kolesterol tinggi akan meningkatkan potensi pertumbuhan jamur di kulit tubuh kita.
Memakai Handuk Kotor

Kalau kamu menggunakan handuk kotor atau mungkin handuk orang lain yang terkena panu, kamu juga bisa terkena panu lho. Biasanya yang diserang oleh panu kalau kita mengguakan handuk kotor adalah pada bagian punggung dan leher.

Nah, mungkin itu beberapa penyebab panu yang bisa kamu perhatikan dan waspadai. Sekarang saatnya kita masuk ke inti dari artikel ini.

Cara Menghilangkan Panu yang Ekstrem

Cara yang pertama akan kita coba adalah cara ekstrem yang akan menghilangkan panu dalam waktu yang cepat. Tapi, ketika kamu memilih jalan ini untuk menghilangkan panu, ada konsekuensi yang harus diambil. Cara ini akan menyebabkan kulit terasa perih pada bagian yang kamu lakukan perlakukan dengan cara ini.

1. Lengkuas dan garam

Lengkuas Merah / Laos

infoherbalis.com

Cara ekstrem yang pertama adalah menggunakan lengkuas dan garam. Lengkuas mengandung kuersetin, flavonoid, dan amilum yang sudah terbukti mampu menghilangkan jamur kulit.

Kalau kamu mau menggunakan cara ini, pertama siapkan dulu satu batang lengkuas dan garam. Belah lengkuas menjadi dua bagian. Sebelum menggosokkan pada bagian yang ada panunya, taburi dulu dengan garam.

Setelah itu, gosokkan potongan lengkuas pada bagian yang diserang panu. Kalau terasa perih, tahan saja, gosok dengan perlahan, tapi usahakan jangan sampai kulit kamu terluka. Lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali, agar panu bisa hilang dengan sempurna.

2. Bawang putih

Bawang putih

1000macammanfaat.com

Biasanya, bawang putih hanya kita gunakan untuk bumbu masakan saja. Padahal, bawang putih juga punya khasiat sebagai anti bakteri dan anti fungi lho. Kedua zat dalam bawang putih tersebut, tentunya dapat mengusir pasukan panu yang sudah menjajah bagian kulit kamu.

Cara untuk menghilangkan panu menggunakan bawang putih cukup mudah. Siapkan saja satu siung bawang putih, kemudian potong menjadi dua bagian.

Nah, setelah kamu selesai mandi, gosokkan bawang putih pada bagian yang ada panunya. Gosok sampai terasa perih, jika sudah tunggu sampai rasa perih menghilang. Lalu, gosok lagi sampai terasa perih, dan tunggu sampai perihnya menghilang. Lakukan sampai 3-4 kali gosokan agar oanu hilang dengan sempurna.

Cara Menghilangkan Panu yang Lembut

Kalau kamu memiliki hati yang lembut dan nggak suka kekerasan, kayaknya cara ekstrem terlalu sadih deh buat kamu. Jangan khawatir, masih ada cara lembut yang tentu saja juga bisa menghilangkan panu yang ada di tubuh kamu.

Tapi ada yang perlu ditekankan di sini jika menggunakan cara lembut yang tidak bikin perih. Cara lembut akan memiliki efek yang agak lama, jadi kamu harus melakukan cara ini selama lebih dari satu minggu.

1. Jeruk Nipis dan Belerang

Jeruk nipis

mimunmedia.com

Cara lembut yang pertama adalah menggunakan campuran air jeruk nipis dan juga belerang. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang bersifat anti bakterial.

Dengan adanya sifat anti bakterial itulah, panu dapat diserang untuk pergi dari kulit kita. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu harus mengombinasikan jeruk nipis dan belerang.

Untuk menggunakan cara ini, pertama kamu harus menyipakan air jeruk nipis dan juga bubuk belerang. Campurkan air jeruk nipis dan bubuk belerang dalam satu wadah, aduk sampai berbentuk seperti krim.

Setelah mandi, oleskan krim campuran jeruk nipis dan belerang tadi pada bagian yang terserang panu. Diamkan selama 1-2 jam, kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih.

Ada aturan yang harus kamu patuhi kalau mau menggunakan cara ini. Lakukan cara ini sebanyak 2 hari sekali saja. Jangan gunakan cara ini secara berlebihkan karena akan membuat kulit menjadi kering. Apalagi kalau kamu menggunakannya pada bagian wajah.

2. Belimbing Wuluh dan Kapur Sirih

Belimbing wuluh

wikiwand.com

Belimbing wuluh ternyata juga mengandung senyawa anti bakterial yang tinggi. Nah, digabungkan dengan kapur sirih yang punya sifat abrasif yang bisa mengangkat jamur. Jadi deh, ramuan tradisional yang cukup ampuh untuk menghilangkan panu yang menyerang kulit kamu.

Kalau mau menggunakan cara ini, pertama siapkan dulu belimbing wuluh dan kapur sirih. Kemudian campur kedua bahan sampai menjadi adonan seperti krim. Oleskan krim pada bagian yang diserang oleh panu. Diamkan selama 2-3 jam sampai meresap dan kering. Terakhir, tinggal bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Aturan yang harus kamu patuhi jika menggunakan cara ini adalah lakukan minimal satu kali sehari. Lakukan cara ini selama 2-3 minggu agar panu benar-benar hilang dengan sempurna.

Nah, cara lembut nggak menyiksa kan? Tapi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan cara lembut ini. Tinggal pilih deh mau pakai cara yang mana.

Agar Panu Tidak Menyerang Lagi

Ada pesan penting nih agar panu tidak datang menjajah kulit kamu lagi. Hindari semua penyebab datangnya panu di atas kulit kamu.

  • Mandilah secara teratur, minimal dua kali dalam satu hari
  • Gantilah baju yang kamu pakai setiap harinya, apalagi kalau baju kamu basah karena keringat
  • Usahakan gunakan baju yang tidak terlalu ketat
  • Jangan gunakan handuk orang lain atau handuk yang kotor
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat, seperti yang berbahan katun misalnya.

Nah, perhatikan hal-hal penting di atas ya! Agar panu tidak menyerang kulit kamu lagi. Selamat berjuang 🙂

Leave a Reply