4 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

CARA MENGHILANGKAN NODA – Pakaian merupakan salah satu benda yang kita gunakan setiap hari. Pakaian yang sering kita gunakan pastilah akan berubah warna karena paparan polusi. Salah satu penyebab berubahnya warna pakaian adalah terkena tinta.

Tinta merupakan salah satu kotoran yang sering sekali mengotori baju kita. Bukan cuma kita saja, anak-anak pun kadang juga mengalaminya. Baju seragam sekolah mereka biasanya akan terkena tinta dari bolpoin yang digunakan untuk menulis.

Nah, bekas tinta ini pastilah sangat merusak keindahan dari pakaian yang kita gunakan. Dan, menghilangkan nodanya pun tidaklah mudah. Dicuci biasa saja, noda tinta tidak akan hilang, apalagi kalau cuma dilap menggunakan tangan. Bisa-bisa noda tintanya akan semakin menyebar ketika tintanya masih basah.

Kalau kamu kebingungan bagaimana cara membersihkan noda tinta. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan.

1. Menggunakan Tisu

tisu gulung

wajibbaca.com

Kalau baju kamu terkena tinta, jangan biarkan terlalu lama. Kalau kamu membiarkan noda tinta itu terlalu lama, maka tentu akan sangat sulit untuk dihilangkan.

Untuk langkah pertama, pertama kamu bisa membersihkannya menggunakan tisu. Tisu dipilih karena tisu dapat menyerap tintanya dan mencegah tinta untuk menyebar lebih lagi.

Tapi ingat, jangan menggosoknya menggunakan tisu. Hal itu tentu akan membuat noda tinta di baju kamu menjadi lebih menyebar lagi. Cukup tempelkan sesekali sampai tinta terserap pada tisu. Dengan begitu, diharapkan noda tinta tidak jadi menyebar dan nodanya tidak terlihat dengan jelas.

2. Menggunakan Alkohol

Alkohol 70%

tokopedia.com

Nah, setelah kamu membersihkan menggunakan tisu, langkah selanjutnya adalah membersihkannya menggunakan alkohol. Pertama, ambillah kapas, kemudian celupkan ke dalam alkohol. Setelah itu, bersihkan bagian yang terkena tinta tadi dengan menggunakan tisu yang sudah dicelupkan ke dalam alkohol.

Cara ini harus kamu ulangi sampai beberapa kali agar noda tintanya menghilang. Kamu bisa mengganti kapasnya dan mencelupaknnya lagi ke dalam alkohol agar noda tintanya cepat hilang. Setelah itu, kamu dapat mencuci pakaian atau baju kamu seperti biasa.

3. Menggunakan Susu

susu kambing etawa

healthyfoodhouse.com

Kamu ternyata juga dapat menghilangkan noda tinta menggunakan susu lho. Kamu bisa menggunakan susu segar, susu hangat, bahkan susu basi pun bisa kamu gunakan. Caranya pun nggak sulit, cukup mudah dan bisa kamu lakukan sendiri.

Jika menggunakan susu dinging, pertama lapisi dulu bagian yang terkena noda dengan tisu. Kemudian, rendamlah kedalam susu yang sudah kamu dinginkan selama kurang lebih setengah jam. Setelah itu, tinggal kamu cuci seperti biasa dan bilas sampai bersih deh.

Kalau menggunakan susu hangat, pertama kamu harus memanaskan susunya sampai terasa hangat di kuku. Setelah itu, rendam baju yang terkena noda ke dalam susu hangat selama beberapa menit. Kalau sudah, kamu tinggal mencucinya seperti biasa.

Nah, kalau susu dingin atau susu hangat nggak ada, kamu juga bisa kok menggunakan susu basi. Pertama, kamu harus menjemur susu basi di bawah sinar matahari sampai bentuk dan baunya berubah. Setelah itu, kamu bisa menggosokkan susu tersebut ke bagian yang terkena tinta.

Kalau sudah, basahi sabun mandi, kemudian gosokkan ke bagian yang terkena noda. Setelah selesai, kamu tinggal mencucinya seperti biasa deh.

4. Gunakan Hairspray

hairspray

mrjamiestevens.com

Kalau kamu punya hairspray di rumah, kamu juga bisa mencoba cara yang satu ini. Pertama, tutupi bagian yang terkena tinta menggunakan tisu. Setelah itu, semprotkan hairspray ke tisu yang menutupi noda tinta tadi. Nah, ketika terkena hairspray, noda tinta jadi akan mudah larut, kamu tinggal mencucinya seperti biasa deh.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan noda tinta pada baju. Kamu bisa mencobanya di rumah, semoga berhasil 🙂

Leave a Reply