11 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami dan Cepat

Mengatasi masalah flek hitam, bintik hitam, atau noda hitam bekas jerawat pada wajah tentu bukan hal yang mudah. Tapi, tentu bukan hal yang mustahil untuk menghilangkan flek hitam tersebut. Tentu dengan beberapa usaha yang serius dan cara berbeda.

Nah, flek hitam ini tentu sangat mengganggu, terutama buat kamu yang selalu memerhatikan penampilan. Dengan adanya noda hitam dapat membuat kepercayaan diri seseorang menjadi berkurang.

Selain jerawat, penyebab flek hitam juga bisa karena ketidakseimbangan hormon, menopause, kehamilan, konsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan mineral, kekurangan vitamin, stres, dan gangguan usus.

Flek hitam ini tidak hanya bisa terjadi di wajah saja lho, tetapi juga di seluruh bagian tubuh lain. Tentu perlu konsultasi masalah ini ke dokter spesialis kulit untuk mengetahui penyebab dan apa yang sedang diderita. Sehingga, bisa dilakukan penanganan yang tepat dan cepat.

Kalau memang belum bisa konsultasi pada dokter yang ahli di bidangnya, kamu jangan asal memakai produk perawatan kulit lho. Karena, setiap kulit itu berbeda tingkat sensitifitasnya. Perlu perawatan yang tepat agar tidak terjadi hal yang tambah parah lagi.

Nah, dari pada menggunakan perawatan kulit yang belum tahu cocok tidak dengan kita, lebih baik gunakan saja bahan alami untuk merawat wajah dan menghilangkan flek hitam. Selain mudah didapatkan, bahan alami tentu tidak memiliki efek samping yang berbahaya untuk tubuh kita.

Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk menghilangkan flek hitam yang sulit hilang pada wajah.

1. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Daun Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim bernama papain, enzim yang dapat mengeksfoliasi kulit, sehingga akan mendorong tubuh untuk memproduksi sel-sel yang baru dan akan membuat kulit wajah jadi terlihat lebih segar. Selain itu, enzim papain juga akan menghambat enzim tirosinasse yang berperan penting dalam memproduksi melanin.

Untuk mendapatkan kandungan papain yang banyak dari pepaya, gunakanlah pepaya yang masih hijau atau mentah. Tetapi, jika menggunakan pepaya yang masih mentah akan terasa sedikit menyengat ketika digunakan pada kulit. Kamu juga bisa memilih menggunakan pepaya matang kok kalau memang tidak kuat memakai pepaya muda.

Menggunakan pepaya untuk perawatan wajah cukup mudah, pertama lembutkan pepaya sampai berbentuk seperti bubur. Kemudian gosok pada daerah yang terdapat flek hitam. Kamu juga bisa mencampur pepaya halus dengan air jeruk nipis lho.

Setelah semua bagian tertutup pepaya, diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih.

Selain daging buahnya, kamu bisa memanfaatkan kulit pepaya untuk scrub pada bagian lutut dan siku. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini dengan rutin.

2. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kulit Semangka

Setelah makan semangka, jangan buang dulu kulitnya ya, mau kita gunakan untuk mengatasi masalah, bukan untuk membuat mobil-mobilan atau kapal-kapalan. Kenapa kulit semangka yang digunakan? Karena, dalam kulit semangka terdapat kandungan sama seperti daging buahnya.

Dalam buah semangka terdapat vitamin A, B, dan C yang sangat bagus untuk mengurangi flek hitam pada wajah karena terlalu lama terpapar sinar matahari. Tapi, kamu cukup menggunakan kulitnya saja, buahnya bisa dimakan.

Cara menggunakan kulit semangka ini cukup mudah, pertama ambil kulit semangka, lalu gosokkan bagian dalam kulit pada wajah. Lakukan langkah ini selama beberapa menit, kemudian diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini minimal 2 kali seminggu.

3. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kentang

Ternyata, di dalam kentang, terdapat kandungan mineral, vitamin, asam lemak esensial, dan berbagai fitokomia seperti polifenol dan karotenoid lho. Vitamin yang ada dalam kentang adalah vitamin B kompleks dan vitamin C. Sedangkan mineralnya ada magnesium, kalium, kalsium, seng, dan fosfor.

Dengan banyaknya kandungan vitamin dan mineral tersebut, kentang mampu merangsang kolagen dan elastin. Bahkan, kamu bisa menggunakan jus kentang untuk menghilangkan bintik hitam pada kulit lho.

Untuk menggunakannya, sediakan kentang sebanyak 2-3 buah, lalu parut kentang dan tambahkan air sedikit. kemudian peras kentang yang sudah diparut menggunakan kain saring. Tambahkan beberapa tetes air jeruk nipis dan setengah sendok makan madu pada air perasan kentang. Usapkan pada daerah yang terdapat flek hitam dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Mentimun

Mentimun mengandung kalium, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Mentimun memiliki sifat mendinginkan sekaligus menenangkan jika digunakan pada kulit yang terkena luka. Kamu bisa menggunakan mentimun sebagai bahan alami untuk mengusir bintik hitam pada wajah.

Cara menggunakan mentimun untuk menyingkirkan flek hitam tidaklah sulit. Pertama siapkan 1-2 potong irisan mentimun segar. Lalu rendam dalam air menggunakan gelas kecil selama kurang lebih 60 menit.

Perendaman mentimun dimaksudkan agar vitamin A, klorofil, dan kalium terserap ke dalam air. Setelah direndam, saring air agar ampas tidak terikut. Gunakan air rendaman tadi untuk membasur wajah.

Ada cara lain yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan membuat masker wajah menggunakan mentimun. Cukup haluskan 1 buah mentimun lalu gunakan untuk memaskeri wajah. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, baru kemudian bilas wajah dengan menggunakan air hangat. Penggunaan masker mentimun ini akan menghilangkan kotoran dan bakteri pada pori-pori wajah.

5. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Lidah Buaya

Selain bagus untuk merawat rambut, lidah buaya juga bermanfaat untuk pemutih wajah alami lho. Karena, lidah buaya memiliki sifat penyembuh, jadi bintik hitam pada wajah dapat dihilangkan.

Kamu cukup menggunakan gel lidah buaya langsung pada wajah yang terdapat flek hitam. Lalu lakukan pijatan lembut menggunakan jari selama 35 menit pada wajah. Biarkan sebentar, baru kemudian bersihkan wajah menggunakan kain yang sudah dicelupkan pada air hangat terlebih dahulu.

Lakukan cara menggunakan lidah buaya ini secara teratur sebanyak dua kali sehari selama beberapa minggu, agar hasilnya lebih maksimal.

6. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Madu

Madu, dari zaman dahulu sudah dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Madu mengandung berbagai macam zat, salah satunya adalah antibiotik alami yang dapat menghilangkan bakteri penyebab munculnya bintik hitam.

Selain itu, madu juga dapat membantu menjaga kulit agar tampak sehat dan segar. Menggunakan madu untuk perawatan kulit pun tidak membutuhkan peralata yang sulit, caranya juga mudah.

Kamu cukup menyiapkan madu asli, ingat, madu yang benar-benar asli, kemudian oleskan pada bagian yang terdapat flek hitam. Biarkan madu mengering, diamkan kurang lebih 1 jam, atau kamu juga bisa memakai masker madu malam hari ketika tidur. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin agar hasil yang diperoleh lebih maksimal.

7. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Lemon

Lemon mengandung asam sitrat yang dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kamu. Asam sitrat dapat membantu metabolisme tubuh untuk meluruhkan sel kulit yang mati. Selain itu, asam sitrat juga akan membantu dalam pembentukan sel kulit yang baru serta dapat mencerahkan kulit.

Dengan kandungan asam sitrat tersebut, lemon tentu dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan bintik hitam. Tapi, akan ada efek samping yang mungkin saja terjadi, berupa rasa kesemutan, terbakar, dan kemerahan sementara pada kulit.

Cara menggunakan lemon cukup mudah, pertama siapkan lemon dan kapas, peras lemon agar airnya keluar dan tampung dalam wadah. Tuangkan air lemon secukupnya pada kapas, kemudian usapkan kapas yang telah basah oleh air lemon ke wajah, biarkan sampai mengering.

Setelah didiamkan, bilas menggunakan air bersih. Ada yang perlu kamu perhatikan selama melakukan cara ini, jangan dulu kamu berada di bawah sinar matahari karena dapat membuat kulit menjadi sensitif.

8. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang juga biasa dimanfaatkan untuk jamu. Kunyit dipercaya mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan bintik hitam pada wajah. Selain itu, kunyit juga mampu mencegah penuaan dini.

Untuk menghilangkan bintik hitam menggunakan kunyit, pertama buatlah pasta, campuran antara kunyit, air jeruk lemon, dan susu. Kemudian oleskan pasta ke kulit yang terdapat bintik-bintik hitam. Diamkan selama beberapa menit, baru kemudian bilas menggunakan air hangat.

Selain menggunakan air jeruk lemon dan susu, kamu juga bisa memakai campuran kunyit, minyak zaitun, dan madu. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini dengan teratur sampai flek hitam berkurang.

9. Menghilangkan Flek Hitam Menggunakan Cuka Apel

Cuka apel dapat mengatasi masalah pada kulit, salah satunya adalah noda hitam pada wajah. Cuka apel akan memudarkan bintik-bintik hitam dengan lebih cepat.

Caranya, campurkan cuka apel dengan air, perbandingannya 1:1. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes madu untuk hasil yang lebih baik. Oleskan cuka apel tersebut pada daerah yang terdapat bintik atau noda hitamnya. Diamkan selama 2-3 menit, setelah itu baru cuci menggunakan air sampai bersih.

10. Menghilangkan Noda Hitam Menggunakan Minyak Vitamin E

Vitamin merupakan golongan antioksidan yang memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk penyembuhan luka. Menurut sebuah penelitian, vitamin E dapat menembus lapisan kulit di bawah epidermis dan menstabilkan produksi kolagen dalam tubuh.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mencampur minyak vitamin E dengan minyak jarak. Kemudian oleskan pada bekas jerawat yang membentuk noda hitam. Diamkan beberapa menit, baru setelah itu bersihkan wajah menggunakan air hangat.

Kamu juga bisa mengombinasikan minyak vitamin E dengan lidah buaya dan gunakan sebagai masker wajah. Untuk mendapatkannya, minyak vitamin E dapat kamu beli di apotek terdekat.

11. Menghilangkan Noda Hitam Menggunakan Tomat

Tomat merupakan buah yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat yang terdapat pada wajah. Selain menghilangkan bintik hitam, penggunaan tomat juga akan mecerahkan wajah kamu lho.

Cara menggunakan tomat ini cukup mudah, cukup ambil satu buah tomat, kemudian blender. Lalu, gunakan jus tomat sebagai masker setiap dua hari sekali. Gunakan secara rutin sampai bintik hitam pada wajah benar-benar hilang.

Nah, beberapa bahan di atas merupakan cara yang bisa kamu coba untuk menghilangkan flek hitam atau noda hitam di wajah secara alami dan cepat. Tapi, secepat-cepatnya cara alami, tentu membutuhkan waktu dan juga ketelatenan agar nampak hasilnya. Cukup pilih salah satu cara yang cocok dan mudah untuk kamu lakukan, dan rutinlah mengerjakannya sampai flek hitam benar-benar hilang. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply