15 Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sepatu

Sepatu merupakan salah satu alas kaki yang biasa kita gunakan untuk aktifitas sehari-hari. Terutama untuk kamu pelajar, mahasiswa, dan juga pegawai, yang diwajibkan menggunakan sepatu saat sedang beraktifitas pada jam kerja.

Nah, mengenakan sepatu tentu lebih nyaman ketika tidak terdapat bau yang tidak sedap. Tetapi, ketika kita menggunakan sepatu yang bau, pasti akan mengganggu yang lain juga. Apalagi ketika kita melepas sepatunya, seakan-akan bau tidak sedap itu menyerang ke seluruh penjuru ruangan. Bahkan, kaki kita pun akan menjadi bau dan itu sangat mengganggu.

Terus, kenapa sih sepatu bisa bau?

Ternyata, ada beberapa penyebab sepatu kamu menjadi bau.

Penyebab Bau Tidak Sedap pada Sepatu

Ada beberapa hal yang menyebabkan bau tidak sedap muncul pada sepatu kamu.

1. Kaki Berkeringat

Kulit pada bagian kaki ternyata dapat memproduksi keringat yang cukup banyak, dan keringat tersebut merupakan salah satu penyebab munculnya kuman. Dengan keringat yang banyak, bakteri dan juga kuman akan tumbuh pesat sehingga menyebabkan bau yang tidak sedap.

2. Jarang Membersihkan Sepatu

Kalau kamu jarang membersihkan sepatu, kemungkinan munculnya bau tidak sedap pasti lebih besar. Karena, sepatu yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan bau tidak sedap.

3. Sepatu Basah

Sepatu yang masih basah dan kita gunakan merupakan salah satu penyebab bau tidak sedap. Usahakan keringkan dulu sepatu kamu sebelum memakainya.

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap pada Sepatu

Merawat sepatu dengan cara menghilangkan bau pada sepatu menggunakan bedak bayi

shop.excite.co.id

Nah, setelah mengetahui beberapa penyebab terjadinya bau pada sepatu, sekarang saatnya cari tahu cara menghilangkannya.

1. Baking Soda

Baking soda, ternyata mampu menghilangkan bau yang tidak sedap pada sepatu kamu lho. Kok bisa? Karena, baking soda memiliki kemampuan untuk menyerap bau tidak sedap yang ada pada sepatu.

Pengaplikasiannya cukup mudah, kamu tinggal menaburkan baking soda ke dalam sepatu, setelah itu diamkan selama satu malam. Setelah semalaman, pagi harinya, kamu tinggal membersihkan baking soda menggunakan sikat deh.

2. Kopi

Buat kamu yang suka ngopi tapi punya sepatu yang bau, coba deh sisihkan sedikit kopimu untuk menghilangkan bau pada sepatumu.

Nah, sebelum menggunakan kopi untuk menghilangkan bau, pastikan dulu kalau sepatumu benar-benar kering dan bersih. Hal ini dimaksudkan agar nanti ketika dimasukkan kopi ke dalam sepatu, kamu tidak kesulitan untuk membersihkan sisa bubuk kopinya.

Pertama, yang harus kamu lakukan adalah membungkus kopi menggunakan keras tisu. Setelah itu, masukan bungkusan kopi tersebut ke dalam sepatu dan diamkan semalaman agar bubuk kopi bisa menghilangkan bau secara maksimal.

3. Daun Jeruk

Dalam daun jeruk, terdapat sebuah zat bernama minyak atsiri yang menghasilkan bau wangi. Kamu dapat menggunakan daun jeruk ini dengan menyapukannya pada permukaan dan bagian dalam sepatu. Usahakan sambil sedikit ditekan agar minyak atsirinya keluar dari daun jeruk.

Selain mengandung minyak atsiri, daun jeruk juga dapat menjadi antiseptik alami. Jadi, menggunakan daun jeruk juga dapat membunuh bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada sepatu.

4. Daun Jambu Biji

Kalau kamu perhatikan, daun jambu biji memiliki bau yang khas dan ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya, cukup ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, satukan, dan oleskan pada bagian dalam sepatu sampai daun memar.

Jika belum bisa membuat bau dari sepatu hilang, kamu bisa menambahkan daun sebanyak mungkin. Hal ini disebabkan karena bau dari daun jambu biji kurang begitu kuat, jadi perlu lebih banyak daun untuk terlihat hasilnya.

5. Daun Pandan

Daun lain yang memunyai bau khas adalah daun pandan, dan biasa digunakan sebagai penambah aroma pada makanan. Kamu bisa menggunakan daun pandan untuk menghilangkan bau pada sepatu.

Caranya sama seperti penggunaan daun jeruk dan daun jambu biji. Kamu cukup ambil beberapa lembar daun pandan, kemudian oleskan pada bagian dalam sepatu sampai daun menjadi memar.

6. Rajin Merawat Kuku Kaki

Kuku merupakan salah satu bagian dari kaki yang sangat jarang diperhatikan kebersihannya. Dengan kuku yang kotor, akan menyebabkan bau pada sepatu terperangkap dalam kuku. Untuk mengatasi masalah bau pada sepatu, kamu harus rajin merawat kuku, paling tidak memotongnya sekali setiap minggu.

7. Simpan Dalam Freezer

Walaupun kelihatannya tidak masuk akal, tapi cara ini perlu dicoba lho. Dan, cara ini cukup ampuh mengusir bau pada sepatu kamu. Caranya, cukup masukkan sepatu kamu pada kantung ziplock dan simpan sepatu dalam freezer selama satu malam.

8. Kertas Koran

Setelah baca koran, jangan langsung dibuang dulu ya, disimpan buat jaga-jaga kalau sepatu jadi bau. Karena, koran bisa jadi media yang bagus untuk menyerap bau tidak sedap pada sepatu.

Caranya cukup mudah, pertama, sepatu kamu harus kering, lalu ambil koran bekas, sekitar 1 sampai 2 lembar. Bungkus sepatu sampai ke lubang sepatu dengan rapat dan rapi. Kemudian, simpan sepatu yang sudah dibungkus tadi di tempat yang agak dingin selama satu malam atau lebih, sampai bau pada sepatu hilang diserap oleh koran.

9. Bedak Bayi

Untuk kamu yang menggunakan kaos kaki, coba gunakan cara yang cukup sederhana untuk menghilangkan bau tidak enak pada sepatu. Caranya, tinggal taburi bagian dalam sepatu sebelum kamu memakainya.

10. Jemur Sepatu

Untuk menghindari bau, jangan sampai sepatu dibiarkan lembab, baik setelah dicuci ataupun karena basah terkena cipratan air saat dipakai. Caranya, tinggal kamu jemur saja sepatu di bawah sinar matahari.

Usahakan sepatu yang kamu jemur, kering pada hari itu juga, jangan sampai disimpan dalam keadaan lembab, sebab hal itu akan menjadikan bakteri penyebab bau tumbuh dengna mudah. Sehingga, nanti sepatu kamu akan muncul bau yang tidak sedap.

11. Diletakkan pada Tempat Terbuka

Setelah memakai sepatu, jangan langsung membawa sepatu ke dalam rumah, usahakan letakkan pada tempat terbuka terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan, agar sepatu tertiup angin sehingga akan dapat mengurangi bau tidak sedap pada sepatu.

12. Gunakan Kaos Kaki

Buat kamu yang jarang memakai kaos kaki saat memakai sepatu, ubahlah kebiasaan itu. Karena, memakai kaos kaki itu dapat menyerap keringat yang akan mengambat pertumbuhan bakteri. Sehingga, sepatu kamu akan aman dari bau yang tidak sedap.

13. Silica Gel

Silica gel berguna untuk menyerap kelembaban sepatu. Jadi, ketika sepatu kamu lembab, gunakanlah silica gel untuk menghilangkan kelembaban pada sepatu, sehingga, bau yang tidak sedap dapat dicegah kemunculannya.

14. Cuci Sepatu

Cara yang paling terbukti ampuh menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan mencucinya. Kamu harus mencuci menggunakan sabun, agar kotoran dan bakteri yang ada pada sepatu menghilang.

Setelah dicuci, jemur sepatu sampai benar-benar kering. Sebelum kering, jangan gunakan sepatunya, karena akan menyebabkan bau yang tidak sedap muncul.

15. Ganti Sepatu

Cara yang paling ampuh dan ini merupakan pilihan terakhir adalah dengan mengganti sepatu. Kamu bisa menggunakan sepatu lain milikmu yang masih bersih sembari mencuci sepatu yang bau. Atau, kamu bisa membeli sepatu baru, tetapi hal ini tidak disarankan ya, hehehe, kecuali kalau memang ada kelebihan rezeki sih.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu. Hal yang terpenting adalah selalu perhatikan kebersihan kaki dan sepatu. Pastikan kamu selalu merawat kaki dan menjaga kebersihan sepatu. Sama satu lagi, jangan lupa gunakan kaos kaki saat memakai sepatu ya 🙂

Leave a Reply