6 Cara Mengencangkan Wajah dengan Mudah dan Alami

Kamu tentu mendambakan kulit yang tetap kencang dan awet muda kan? Apalagi kalau tanpa ada kerutan dan tanda-tanda penuaan, pastilah sangat mau.

Sebenarnya, penuaan itu tidak bisa dihindari, semua orang, tentu akan mengalami yang namanya tua. Semakin tua, kondisi tubuh juga tentu tidak akan sebugar saat muda. Mulai dari stamina yang menurun, rambut beruban, kulit keriput, muncul flek hitam, dan masih banyak lagi tanda-tanda penuaan.

Tapi, dari semua tanda itu, ternyata ada yang munculnya saat masih muda lho, namanya penuaan dini. Masih muda tapi kulit wajah sudah kendur dan banyak kerutan. Tentu kamu nggak mau kan hal seperti itu menimpa kamu?

Sebenarnya, penuaan dini ini ada beberapa penyebabnya, bisa karena kebiasaan merokok, asupan gizi yang kurang, paparan sinar matahari, stres, polusi udara yang tinggi, dan hal buruk lainnya yang akan berpengaruh pada tubuh kita.

Nah, untuk mengatasi masalah penuaan dini, kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini agar kulit wajah tetap kencang secara alami. Cara yang akan kita lakukan tanpa menggunakan teknologi canggih dan yang pasti murah lho.

1. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Di zaman seperti sekarang, orang lebih cenderung makan makanan yang cepat saji, dan tidak terlalu memerhatikan kandungan gizi. Padahal, asupan gizi itu penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan tidak diperhatikannya makanan, bisa jadi kita menderita obesitas dan penuaan dini lho.

Maka dari itu, perlu asupan makanan yang bergizi, sehingga kulit kamu akan tetap kencang dan awet muda. Makanan yang bisa menjaga elastisitas kulit ada banyak, salah satunya adalah dari jenis buah dan sayur.

Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, stroberi, atau alpukat. Atau, bisa juga mengonsumsi sayuran seperti paprika. Dengan konsumsi buah dan syur tersebut, akan membantu pembentukan kolagen sehingga akan lebih mengencangkan kulit.

Selain itu, buah dan sayur juga akan menjaga kelembaban kulit lho. Jadi tunggu apalagi, mulai sekarang, perbanyak konsumsi buah dan sayur setiap hari ya. Kamu juga bisa ikut pola makan food combaining kok untuk lebih menerapkan hidup yang sehat.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu kebutuhan manusia adalah minum, dan minuman yang paling baik tentu saja air putih. Dengan konsumsi air putih yang cukup, maka akan mengoptimalkan pembentukan kolagen di dalam tubuh.

Teru, berapa banyaknya? Banyaknya konsumsi air putih tiap orang tentu berbeda-beda. Ada yang bilang dua setengah liter, ada yang bilang delapan gelas sehari, atau setiap 10kg berat badan, minum satu liter air.

Nah, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu, kalau misalnya aktifitas sedang banyak, tambah minum air putihnya. Dan, kamu bisa menetapkan batas minimal, misalnya sehari minum minimal delapan gelas air putih.

Selain air putih, kamu juga bisa menambah asupan vitamin dari mengonsumsi jus buah. Dalam buah terdapat vitamin seperti vitamin E dan C yang akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Kamu bisa mengonsumsi jus stroberi, jambu biji, jeruk, kiwi, dan buah-buaha lainnya.

3. Rutin Berolahraga

Lari maraton

huffingtonpost.com

Tubuh yang tidak pernah dipakai untuk bergerak, tentu akan kalah sehat dengan yang sering dipakai berolahraga. Olahraga ini penting untuk menjaga kebugaran tubuh, selain untuk membakar lemak, mengencangkan otot, dan membuat kulit kencang tentunya.

Ada banyak olah raga yang bisa kamu lakukan, mulai dari lari, jogging, senam wajah, bersepeda, sampai renang. Lakukan saja yang menurut kamu paling mudah dan bisa dilakukan secara rutin, paling tidak seminggu sekali.

4. Pijat Wajah

Pijatan pada wajah ini sangat efektif untuk meningkatkan sirkulasi atau aliran darah di wajah sekaligus leher. Kamu dapat melakukan pijatan memutar dan juga pijatan ke atas untuk menghilangkan keriput atau garis-garis halus pada wajah.

Untuk hasil yang lebih maksimal, lakukanlah pijatan pada wajah sebelum tidur secara rutin. Tapi ingat, jangan memijat terlalu keras ya, cukup pelan-pelan saja.

5. Menggunakan Masker Wajah

Perawatan wajah yang paling umum digunakan adalah masker. Dan, perawatan yang kali ini akan kita coba adalah masker wajah dari bahan yang alami dan tradisional.

Penggunaan bahan alami ini bukan tanpa maksud lho, tentu selain murah, masker alami juga lebih aman digunakan. Cocok untuk kamu yang ingin mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan garis-garis halus.

Ada banyak masker dari bahan alami yang bisa kamu coba, mulai dari masker putih telur, masker alpukat dan madu, masker jeruk nipis dan yoghurt, masker pisang, atau masker madu dan susu. Kamu bisa mencoba masker alami mana yang lebih mudah dan cocok untuk kulit wajah kamu.

6. Jangan Merokok

Berhenti Merokok

hipwee.com

Tentu kamu tahu, ada banyak zat berbahaya yang terdapat pada sebatang rokok. Zat-zat berbahaya tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, salah satunya adalah kesehatan kulit. Perkembangan sel kulit dan produksi kolagen dalam tubuh akan terganggu.

Oleh karena itu, buat kamu yang belum merokok, jangan coba-coba ya. Kalau kamu sudah ketagihan merokok, cobalah untuk berhenti pelan-pelan. Dan, tinggalkan rokok untuk selamanya, agar hidup jadi lebih sehat.

Nah, itu tadi beberapa cara mengencangkan wajah agar lebih sehat dan awet muda. Kalau kamu kesulitan melakukan semua cara di atas, cobalah dengan yang mudah terlebih dahulu, seperti minum air putih misalnya, ditambah olahraga dan tidak merokok. Rasakan perbedaan setelah kamu melakukannya selama beberapa hari. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply