Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat dijaga oleh wanita. Bahkan, ada yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi menjaga kecantikan wajahnya. Salah satu masalah yang sering dialami adalah pori-pori wajah yang besar.

Jika pori-pori wajah besar, maka wajah akan terlihat kusam dan tidak segar. Ini merupakan masalah yang sering dialami oleh orang yang memiliki kulit berminyak. Bukan cuma itu saja, jika pori-pori besar, maka wajah akan mudah berjerawat. Hal ini dipicu oleh debu dan kotoran yang mudah masuk ke dalam pori-pori tersebut.

Nah, kalau kamu punya pori-pori wajah yang besar, jangan khawatir. Nggak perlu juga ngeluarin biaya yang banyak untuk perawatan wajah yang mahal. Ada cara alami yang bisa kamu lakukan agar pori-pori wajah kamu mengecil. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori di wajah kamu.

Masker Putih Telur

Masker putih telur berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada wajah dan menyerap minyak yang berlebih. Jika kulit kamu berminyak, menggunakan masker putih telur ini sangat cocok untuk kamu.

Cara membuat masker putih telur pun cukup mudah. Siapkan telur ayam kampung, kemudian pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Campur putih telur dengan satu sendok teh madu murni dan satu sendok teh minyak zaitun. Aduk semua bahan tadi sampai tercampur rata dan berubah menjadi pasta.

Cara menggunakan masker ini juga nggak ribet kok. Bersihkan wajah dengan sabun khusus untuk wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kemudian oleskan masker pada wajah sampai semua permukaan wajah tertutup masker. Diamkan masker sampai mengering, setelah itu bilas wajah menggunakan air dingin.

Penggunaan masker putih telur ini tidak boleh terlalu sering, cukup satu kali dalam seminggu. Jika menggunakan masker putih telur terlalu sering, kulit bisa menjadi kering.

Timun dan Apel

Timun digunakan untuk mengecilkan pori-pori karena memiliki sifat astrigent. Lalu dikombinasikan dengan apel yang memiliki sifat antioksidan dan mengandung bahan yang mampu menyerap minyak berlebih.

Cara menggunakan timun dan apel ini cukup mudah. Siapkan satu buah timun dan apel yang berukuran sedang. Kemudian haluskan menggunakan food processor, jika tidak ada bisa diparut sampai halus, tapi jangan ditambahi air ya.

Jika masker timun dan apel sudah jadi, selanjutnya tinggal mengoleskannya pada wajah secara merata. Biarkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin sampai bersih. Setelah itu, bisa gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Tomat

Menggunakan tomat untuk dijadikan sebagai masker merupakan hal yang sudah umum. Tomat dapat mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Sangat manjur karena di dalam tomat terkandung vitamin C dan juga potasium.

Cara menggunakan tomat untuk mengecilkan pori-pori cukup mudah. Siapkan dua buah tomat yang sudah matang, kemudian blender sampai halus. Oleskan ke seluruh permukaan wajah secara merata, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan air dingin.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Penggunaan jeruk nipis untuk perawatan wajah sangat baik, terutama untuk membersihkan kulit dari pori-pori bekas jerawat.

Cara menggunakan jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori juga cukup mudah. Sebelumnya bersihkan dulu wajah kamu, pastikan sudah bebas dari make up dan. Kemudian ambil jeruk nipis, potong tipis-tipis. Tempelkan potongan jeruk nipis pada wajah, usahakan seluruh permukaan wajah tertutup. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, setelah itu bilas menggunakan air hangat.

Gula, Madu dan Minyak Zaitun

Madu sudah banyak digunakan untuk perawatan kulit dan wajah, menjadikan kulit kamu halus dan kenyal. Pakai madu saja sebenarnya sudah cukup efektif, tapi jika ditambah gula dan minyak zaitun pasti efeknya akan lebih baik lagi untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Cara menggunakan campuran gula, madu dan minyak zaitun ini cukup mudah. Ambil satu sendok teh gula, madu dan minyak zaitun, aduk sampai semua tercampur dan berbentuk pasta. Basahi wajah, kemudian oleskan campuran bahan-bahan tadi ke seluruh permukaan wajah disertai dengan pijatan ringan dan gerakan berputar. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian cuci wajah menggunakan air dingin sampai bersih.

Pepaya

Ternyata ada hal yang tersembunyi dari buah pepaya yang jarang orang tau lho. Selain digunakan untuk memperlancar buang air besar, ternyata pepaya juga dapat digunakan untuk mengeciklan pori-pori pada wajah.

Caranya cukup mudah, siapkan seperempat pepaya yang nggak terlalu matang, kemudian parut sampai halus. Oleskan parutan pepaya tadi ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Oatmeal dan Lemon

Tkstur oatmeal yang kasar ternyata bisa kamu gunakan sebagai scrub alami untuk mengangkat sel mati pada kulit. Sedangkan lemon, kandungan antioksidannya sangat bagus menjaga kesehatan kulit.

Cara menggunakan oatmeal dan lemon ini cukup mudah. Ambil satu sendok makan oatmeal, tambahkan perasan lemon secukupnya, aduk sampai semua tercampur rata. Oleskan pada seluruh permukaan wajah secara merata, diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Baking Soda

Selain untuk menghilangkan sel kulit mati, baking soda juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori pada wajah.

Cara menggunakan baking soda untuk mengecilkan pori-pori wajah cukup mudah. Bersihkan wajah dari segala macam make up yang masih menempel. Ambil satu sendok teh baking soda, kemudian masukkan ke dalam gayung yang berisi air. Gunakan air tersebut untuk membilas wajah. Setelah dibilas, jangan langsung dikeringkan dulu, diamkan selama beberapa menit.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengecilkan pori-pori wajah. Lakukan salah satu cara di atas secara rutin, agar didapatkan hasil yang maksimal. Semoga pori-pori wajah kamu segera mengecil, selamat mencoba.

2 Comments

  1. Inzanami October 15, 2015
  2. Vina Agustin September 2, 2016

Leave a Reply