Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut merupakan mahkota alami yang ada pada setiap manusia, khususnya bagi seorang wanita. Kalau kamu wanita, pasti menjaga banget kan yang namanya rambut ini? Biar kelihatan lebih indah dan tampak sehat, tak jarang sampai ada yang mengeluarkan banyak uang hanya untuk perawatan rambut saja.

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang yang berambut panjang adalah rambut rontok. Bukan cuma masalah biasa, kerontokan rambut ini kalau dibiarkan bisa menimbulkan kebotakan. Buat wanita, mengalami kebotakan merupakan hal yang sangat mengerikan. Apa lagi kalau botak diusia yang masih terbilang muda.

Sebenarnya rambut rontok itu bisa diatasi lho. Ada yang langsung pergi ke salon dengan perawatan yang begitu mahal agar rambutnya sehat kembali. Ada juga yang pergi ke dokter untuk konsultasi tindakan apa yang sebaiknya dilakukan.

Nah, kalau kamu punya duit yang pas-pasan dan mengalami masalah rambut rontok. Ada nih beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Selain tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, cara ini juga alami lho. Jadi nggak perlu takut efek samping jika kamu coba mempraktekkannya.

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dari zaman dahulu digunakan untuk menjaga kesehatan rambut. Tanaman yang satu ini dapat mengembalikan sel kulit yang telah rusak dan juga meremajakan jaringan rambut menjadi sehat.

Cara menggunakan lidah buaya ini cukup mudah. Kamu cukup mengambil potongan lidah buaya yang ukurannya besar dan berdaging tebal. Kemudian belah lidah buaya menjadi dua, lalu ambil bagian dalamnya. Usap daging lidah buaya dari kulit kepala sampai ujung rambut. Lakukan sampai seluruh permukaan rambut terolesi. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian cuci sampai bersih.

2. Minyak Kemiri

Minyak kemiri juga sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk merawat rambut. Biasanya digunakan untuk menumbuhkan brewok atau jenggot. Hasilnya cukup mengagumkan dan juga terpercaya sampai sekarang. Sampai-sampai, sekarang sudah banyak produk perawatan rambut yang bahannya minyak kemiri. Kamu cukup membelinya dan tinggal pakai aja, atau bisa juga bikin sendiri.

3. Yoghurt

Salah satu manfaat yoghurt ternyata dapat mengatasi rambut rontok. Tapi pakai yoghurtnya yang plain ya, jangan yang ada rasa-rasanya. Tinggal kamu oleskan saja yoghurt ke atas kepala kamu, seperti kalau lagi creambath. Setelah itu diamkan selama beberapa menit, lalu bilas sampai bersih.

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sangat baik untuk pertumbuhan rambut. Nggak heran kalau alpukat sering digunakan sebagai bahan untuk creambath atau perawatan wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah, haluskan alpukat dalam sebuah mangkok, aduk sampai kental. Lalu usapkan pada rambut dari pangkal sampai ujung. Setelah itu diamkan selama 20 menit, kemudian bilas rambut dengan menggunakan sampo.

5. Jeruk Nipis

Ternyata, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Cukup menggunakan beberapa buah jeruk nipis saja, kamu bisa melakukan perawatan rambut secara alami.

Caranya gampang, siapkan jeruk nipis, kemudian iris menjadi beberapa bagian. Usapkan secara menyeluruh ke seluruh permukaan kulit kepala. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dan keramas sampai bersih.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok. Lakukan salah satu cara tersebut secara rutin dan teratur sampai rambut kamu tidak rontok lagi, selamat mencoba.

Leave a Reply