Cara Mengatasi Kesemutan Pada Kaki dan Tangan

Penyebab kesemutan bisa jadi karena beragam alasan, cara mengatasinya pun juga ada berbagai macam. Kamu bisa mengatasi atau bisa juga mencegah kesemutan itu terjadi pada dirimu.

Kesemutan, merupakan salah satu gangguan yang pasti pernah dialami setiap orang. Kesemutan bukanlah penyakit, tapi ketika terkena kesemutan, pastilah sangat mengganggu. Rasanya itu kayak ditusuk-tusuk jarum, terasa kaku, dan seperti tersengat listrik.

Walaupun menyebabkan rasa yang tidak nyaman, tapi kesemutan ini cepat hilangnya, sehingga banyak yang mengabaikan gangguan yang satu ini. Padahal, kalau intensitas kesemutan itu semakin tinggi dan bagian tubuh yang terkena kesemutan itu makin banyak, bisa jadi ini merupakan gejala penyakit yang serius.

Kesemutan bisa terjadi di bagian tubuh mana saja, bisa di kaki, tangan, kepala, ujung jari, atau bagian tubuh lainnya.

Dalam ilmu kedokteran, kesemutan dikenal juga dengan parestesia. Parestesia adalah sebuah sensasi yang terjadi pada anggota tubuh tanpa adanya rangsangan dari luar. Sensasi yang dirasakan bisa jadi panas, dingin, atau seperti dirambati sesuatu.

Penyebab Kesemutan

Kesemutan yang terjadi dalam waktu singkat atau sementara terjadi karena ada anggota tubuh yang mengalami tekanan terlalu lama.

Tekanan yang terlalu lama pada salah satu bagian tubuh akan menyebabkan aliran darah ke saraf pada daerah tersebut menjadi terhambat. Tekanan pada anggota tubuh itu bisa terjadi karena bermacam-macam alasan.

  • Duduk atau berdiri yang terlalu lama.
  • Berada pada posisi yang salah dalam waktu yang cukup lama.
  • Tidur dengan tangan yang tertindih.
  • Menonton TV dengan kaki ditekuk.
  • Terlalu lama duduk bersila.
  • Atau bisa juga karena sebab lainnya.

Beberapa contoh di atas adalah penyebab kesemutan sementara yang biasanya kita rasakan. Tapi, ternyata ada juga lho kesemutan yang berkepanjangan.

Kesemutan berkepanjangan ini adalah kesemutan yang terjadi dalam jangka waktu yang lama. Biasanya, kesemutan jenis ini berhubungan dengan kondisi kesehatanmu.

Contohnya seperti kesemutan akibat dari sakit diabetes, penyakit hati, gangguan ginjal, tumor otak, stroke, ketidak seimbangan hormon, kanker, multiple sclerosis, kompresi saraf lunar, atau sindrom lorong karpal.

Selain beberapa penyakit di atas, kesemutan berkepanjangan juga bisa terjadi karena obat-obatan yang baru kamu konsumsi. Misalnya saja obak kemoterapi yang biasanya digunakan untuk mengobati kanker payudara atau limfoma. Atau karena obat kejang, antibiotik, dan beberapa obat kimia lainnya.

Bahkan, ketika kamu terpapar zat beracun juga bisa terkena kesemutan lho. Seperti terpapar merkuri, timbal arsenik, talium, atau beberapa bahan kimia lain.

Kesemutan berkepanjangan juga dapat disebabkan oleh malnutrisi atau tubuh yang kekurangan gizi penting. Kekurangan gizi ini bisa terjadi karena pola makan yang buruk, mengonsumsi minuman beralkohol, atau kekurangan vitamin B12.

Cara Mengetahui Penyebab Kesemutan

Penyebab dari kesemutan yang sering kita alami ternyata dapat diketahui lho. Kamu bisa menanyakan langsung kepada dokter.

Beberapa tes mungkin akan kamu jalani ketika mengecek penyebab kesemutan ini. Tes yang bisa saja kamu jalani antara lain adalah tes darah, pemeriksaan cairan serebrospinal, tes elektromiogram, tes MRI, tes konduksi saraf, dan biopsi saraf.

Tapi, sebelum melakukan prosedur medis, doter akan terlebih dahulu menanyakan kgejala yang kamu alami, kondisi lingkungan kerja, riwayat kesehatan, riwayat penyakit keluarga, dan gaya hidup.

Setelah diagnosis dilakukan, kamu tentu akan jadi lebih mudah untuk menangani kesemutan. Contohnya saja ketika kesemutan terjadi karena diabetes, dokter biasanya akan mengingatkan untuk mengontrol kadar gula darah, rutin suntik insulin, dan menerapkan pola makan yang sehat.

Cara Mengatasi Kesemutan

Nah, setelah tahu penyebab apa saja yang bisa menyebabkan kesemutan, kita juga perlu tahu bagaiman mengatasi kesemutan itu terjadi, atau bisa juga kita mencegah agar kesemutan itu tidak terjadi.

1. Melakukan Peregangan

Ketika pekerjaan yang kamu lakukan mengharuskan duduk atau berdiri dalam waktu yang cukup lama, cobalah untuk sesekali menggerakkan badan.

Kamu dapat melakukan peregangan otot misalnya, atau jalan-jalan setiap setengah jam sekali. Jadi tubuh kamu menjadi lebih lancar sirkulasi darahnya.

2. Cukupi Kebutuhan Vitamin

Salah satu penyebab kesemutan adalah kekurangan vitamin B1, B6, dan B12. Untuk mencegah kesemutan yang terjadi karena kekurangan beberapa vitamin tersebut, tentu kita harus mengonsumsi makanan dengan kandungan ketiga vitamin itu.

Ketiga vitamin tersebut dapat menjaga jaringan safar berfungsi dengan baik. Selain itu, trio vitamin B ini akan menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan optimal.

3. Hindari Mengonsumsi Alkohol

Minuman beralkohol sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, kaerna dapat mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin B. Bahkan, dalam agam Islam yang namanya khamr itu sangat-sangat dilarang.

4. Berhenti Merokok

5. Menghindari Paparan Racun

6. Menerapkan Pola Makan yang Sehat

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Nah itu tadi beberapa cara mengatasi dan mencegah kesemutan. Dari bebrapa cara di atas, poin paling penting adalah menjaga pola hidup yang sehat dalam kehidupan sehari-hari kita.

Tips Mengatasi Kesemutan

Nah, berikut ini ada tips ketika kamu mengalami kesemutan di kaki dan tangan.

1. Kesemutan pada Tangan

Kesemutan pada Tangan

caramenghilangkansemut.blogspot.com

Kesemutan pada tangan terjadi karena aliran darah yang mengalir ke saraf tangan terhambat. Kesemutan muncul biasanya karena berbagai macam sebab, contohnya ketika kamu tidur dan tanpa sengaja tangan tertindih oleh badan.

Atau, bisa juga karena aktivitas yang membuat tangan memegang sebuah benda terlalu lama.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa segera memposisikan agar terasa nyaman. Lalu pijat-pijatlah tangan yang mengalami kesemutan tersebut agar aliran darah yang menuju ke tangan menjadi normal kembali.

2. Kesemutan pada Kaki

Kesemutan pada Kaki

jellygamatgoldgplus.com

Kesemutan pada kaki biasanya terjadi karena kita berdiri dalam waktu yang lama. Atau, bisa juga karena duduk bersila sehingga kaki kita tertindih.

Untuk mengatasi kesemutan pada kaki, jika kesemutan terjadi karena terlalu lama bersila, kamu bisa meluruskan kaki sambil dipijat-pijat. Kalau kesemutan itu terjadi karena terlalu lama berdiri, kamu bisa duduk dulu baru kemudian dipijat kakinya.

Atau, kamu juga bisa menggerak-gerakkan kaki ketika mengalami kesemutan. Setelah digerak-gerakkan, cobalah untuk berjalan agar aliran darah pada kaki cepat lancar.

Nah itu tadi tips yang bisa kamu lakukan ketika mengalami kesemutan. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh 🙂

Leave a Reply