Cara Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia merupakan sebuah gangguan yang dialami manusia yang membuatnya susah untuk tidur. Kalau kamu punya masalah susah tidur pada jam yang seharusnya itu jam tidur, berarti kamu terkena gejala insomnia.

Susah tidur dapat disebabkan banyak faktor, bisa karena faktor psikologis, atau mungkin karena terlalu sering begadang, stress karena banyak pekerjaan, rasa takut berlebihan, terlalu khawatir, kurang jam tidur, terlalu sering begadang, perokok berat, sebelum tidur terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein tinggi serta gangguan kesehatan lainnya.

Kalau sudah terkena insomnia, ada beberapa orang yang mengambil jalan pintas. Mereka memilih mengonsumsi obat tidur atau penenang tiap malam agar cepat tidur. Tapi, cara itu justru dapat membahayakan kesehatan lho. Obat tidur atau penenang yang dikonsumsi terus-menerus dalam jangka waktu yang lama dapat merusak tubuh kita.

Dari pada memilih cara yang kurang baik, lebih baik gunakan cara alami biar kamu bisa tidur dengan nyenyak. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengatasi insomnia.

Tidur Teratur

Langkah pertama yang harus kamu lakukan agar bisa tidur tepat waktu adalah biasakan tidur teratur. Usahakan kamu tidur tepat pada waktu dimana tubuh harus istirahat, ya kira-kira jam 9 malam. Kalau kamu membiasakan tidur pada jam yang sama, tubuh akan secara otomatis merespon kebiasaan yang kamu lakukan. Sehingga, pada jam itu, kamu akan merasakan bahwa sudah waktunya untuk tidur.

Kurangi Begadang

Salah satu hal yang membuat kamu susah sekali untuk tidur adalah begadang. Jadi sebisa mungkin untuk tidak begadang jika memang tidak ada hal penting yang harus dikerjakan. Kalau kamu terbiasa begadang, maka kebiasaan tidur kamu juga akan kacau, sehingga kamu akan sulit untuk bisa tidur lebih awal.

Menjauhkan Gadget

Di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, kebanyakan orang akan membawa smartphone yang dia miliki ke atas tempat tidur. Padahal, hal tersebut bikin kamu nggak fokus pada tidur. Sebaiknya jauhkan gadget kamu dari tempat tidur, atau matikan semua perangkat selular yang kamu miliki sebelum berangkat untuk tidur.

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung potasium dan magnesium juga dapat membantu mengatasi insomnia. Contoh makanan yang mengandung potasium dan magnesium tinggi adalah pisang dan almond. Di dalam pisang terdapat senyawa triptofan yang dapat membuat kamu lebih cepat tidur.

Hindari Kafein

Sebelum tidur, usahakan tidak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein. Ada beberapa minuman yang sebaiknya kamu hindari ketika akan tidur, seperti kopi, coklat, soda dan beberapa minuman berenergi.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Menata ruang tidur agar lebih nyaman dapat membuat kamu tidur lebih cepat. Tatalah ruangan yang biasa kamu gunakan uttuk tidur senyaman mungkin. Ciptakan suasana tenang, kondusif, bersih dan sejuk agar kamu dapat tidur dengan nyaman.

Matikan Lampu

Sebaiknya matikanlah lampu kamar tidur ketika kamu tidur. Kalau memang kamu tidak bisa tidur dalam keadaan gelap, pakailah lampu yang redup dan jangan terlalu terang. Tidur tanpa pencahayaan dapat menciptakan suasana yang lebih nyaman lho. Selain itu, tidur dalam keadaan gelap akan membuat seluruh sistem mata kita beristirahat, sehingga mata menjadi sehat dan segar kembali saat bangun dipagi hari.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi insomnia. Cobalah beberapa cara tersebut dan lakukan dengan teratur dan sungguh-sungguh, semoga lekas bisa tidur nyenyak.

Leave a Reply