Rahasia Cara Menanam Bunga Mawar Rainbow, Sebar ke yang Lainnya!

CARA MENANAM BUNGA MAWAR

“Bunga mawar merah, satu lambang cinta

Yang berarti bahwa kucinta padamu”

Pasti kamu pernah dengar potongan lagu di atas kan? Memang benar, bunga mawar sering dijadikan sebagai salah satu lambang cinta. Nah, terus gimana jadinya kalau bunga mawarnya berwarna pelangi?

Mungkin saja bukan cuma satu lambang cinta tuh, tapi banyak. Karena, warnanya berbeda-beda dan banyak. Tapi, bisa jadi pasangan kamu kalau disuruh milih antara mawar merah atau mawar pelangi lebih milih yang pelangi.

Kalau dilihat dari warnanya, jelas mawar pelangi atau mawar rainbow jadi juaranya. Gimana nggak juara? Warnanya itu lho, ada banyak dan semuanya menarik.

mawar pelangi

gondoskitchen.blogspot.com

Nah, menurut catatan sejarah, mawar rainbow ini ditemukan oleh seorang ahli dari Belanda bernama Van de Werken. Sang ahli ini telah melakukan persilangan dari beraneka jenis mawar. Sehingga, jadilah mawar dengan warna yang menggoda ini.

Kalau zaman dahulu, Van de Werken harus melakukan banyak persilangan untuk mendapatkan mawar rainbow. Kamu cukup membeli saja benihnya di toko tanaman hias terdekat untuk dapat memiliki bunga mawar ini.

Nah, kalau sudah dapat benihnya, sekarang langsung aja yuk kita belajar bagaimana caranya menanam mawar rainbow yang cantik ini.

Persiapan

Sebelum menanam sebuah pohon, tentu kita harus tahu dulu kondisi yang baik untuk menanam tanaman tersebut. Nah, untuk bunga mawar rainbow dibutuhkan media tanam dengan tanah yang subur dan memiliki pengairan yang baik.

Tanaman ini tidak akan tumbuh dengan baik jika kamu menggunakan tanah berpasir atau tanah yang terlalu gembur untuk media tanamnya.

Mawar rainbow membutuhkan sinar matahari yang cukup agar bunganya selalu muncul. Jadi, kamu harus memerhatikan juga penempatan tanaman ini saat kamu menanamnya. Pastikan tempat menanam mawar rainbow ini selalu terkena sinar matahari, tapi jangan terlalu panas juga ya tempatnya.

Penyiapan Lahan Tanam

Saat akan menanam benih mawar rainbow, setelah kamu menyiapkan lahan untuk menanam, saatnya membuat lubang tanam. Pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat lubang dengan diameter 45 cm.

Jadi, kamu harus membuat lubang tanam berbentuk lingkaran, dengan kedalam yang baik sekitar 45-55 cm. Dengan kedalaman yang cukup akan memberikan tanaman mawar kesempatan tumbuh dengan baik.

Kedalaman yang cukup itu jika percabangan utama pada bibit mawar letaknya sejajar dengan permukaan tanah ketika mawar ditanam pertama kali. Jangan menanam terlalu dalam karena mawar rainbow, akarnya tidak dapat menembus terlalu dalam.

Penyiapan Bibit

Sebelum kamu menanam bunga mawar rainbow, tentunya dibutuhkan bibit dong. Nah, bibit ini bisa kamu dapatkan dengan menyemai benih. Salah satu cara menyemai benih adalah dengan menggunakan polybag.

Kamu harus menyiapkan media tanam yang terbuat dari pupuk kompos, sekam padi, dan pupuk kandang. Setelah media tanam siap, masukkan ke dalam polybag. Kemudian tanam benih ke dalam polybag, lalu siram sampai tumbuh bibit dengan ukuran yang diinginkan.

Pemindahan Bibit

Setelah kamu punya bibit dengan ukuran yang lumayan besar, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memindahkan bibit tersebut ke lahan tanam.

Proses pemindahan bibit dari polybag ke lahan tanam ini harus kamu lakukan dengan hati-hati.

  1. Kamu harus membasahi media tanam dalam polybag sampai cukup basah.
  2. Balikkan polybag, lalu tekuk-tekuk bagian bawahnya sampai bibit mawar rainbow, tanah dan akarnya keluar dari polybag.
  3. Untuk polybag berukuran besar, kamu bisa langsung menyobek polybag tanpa perlu mebalikkannya.
  4. Setelah bibit keluar dari polybag, tanam bibit tersebut ke dalam lubang tanam yang telah kamu siapkan. Masukkan ke dalam lubang tanam dan tutup kembali lubang lalu padatkan tanahnya.
  5. Siramlah tanaman mawar rainbow tersebut sampai dia tumbuh besar dan berbunga.

Nah, itu dia cara menanam bunga mawar rainbow yang cantik. Kamu bisa lho menanamnya sendiri di rumah. Selamat bercocok-tanam 🙂

One Response

  1. toko bunga surabaya January 12, 2016

Leave a Reply