6 Cara Membungkus Kado Agar Tampak Unik dan Menarik

Memberikan hadiah kepada seseorang merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap orang yang diberi. Bisa juga memberi hadiah adalah lambang dari perhatian kita kepada orang yang diberi tersebut. Dengan memberi barang atau hadiah, diharapkan hubungan dua orang akan menjadi lebih dekat lagi.

Kado yang akan diberikan biasanya akan dibungkus menggunakan kertas atau bahan lain. Selain untuk menyembunyikan isi dari bungkusan, membungkus kado juga akan menjadikan hadiah yang diberikan akan tampak lebih menarik untuk dilihat.

Contohnya saja ketika kita akan memberikan hadiah berupa satu set peralatan masak. Kalau peralatan masak tersebut tidak dibungkus, tentu akan membuat tampilannya kurang menarik. Disamping hadiah yang diberikan akan mudah ketahuan, bentuk peralatan masak yang diberikan juga kurang menarik jika diberikan tanpa dibungkus terlebih dahulu.

Masak iya kita kalah sama penjual online yang membungkus dulu barang dagangan yang akan dikirimkan? Tentu saja tidak kan?

Sebenarnya ada banyak sekali model membungkus kado yang bisa dipraktekkan. Mulai dari bungkus kado dengan bentuk baju, bentuk tas, bentuk kotak, ada hiasan bunga, dan berbagai macam model lainya.

Nah, di sini kita akan mempelajari bagaimana membungkus kado menggunakan kain. Jarang banget nih cara ini dilakukan di Indonesia. Rata-rata kan kalau memberikan hadiah, kadonya cukup dibungkus menggunakan kertas kado saja.

Cara Membungkus Kado Menggunakan Kain

Kita akan mempelajari bagaimana membungkus kado menggunakan kain. Cara ini bisa dibilang lebih gampang dari pada jika kamu membungkus dan menambahkan berbagai macam hiasan.

Kamu harus menyiapkan beberapa bahan untuk mempraktekan cara ini. Pertama tentu saja kado yang akan dibungkus, kemudian kertas kado, kain, dan selotip bening. Untuk kertas kado dan kainnya, ukurannya menyesuaikan besar barang yang akan dibungkus ya. Semakin besar barangnya, tentu akan membutuhkan kertas dan kain yang besar juga.

1. Meletakkan Kado di Atas Kertas

Meletakkan kado di kertas pembungkus

Pertama, letakkan kado yang akan dibungkus di atas kertas kado. Meletakkannya berlawanan dengan sisi kertas kado ya. Kamu bisa lihat gambarnya, kalau kado diletakkan secara horizontal, maka kertas kadonya harus miring sekitar 45 derajat.

2. Melipat Bagian Bawah Kertas Kado

Melipat kertas kado pada sisi bawah

Setelah meletakkan kado tepat di tengah, selanjutnya lipat bagian bawah kertas kado. Lipat sambil ditekan agar sisi kertas nantinya berbentuk bagus dan rapi.

Perhatikan juga pada sisi pojok kiri bawah kertas. Sebelum masuk ke tahap selanjutnya, lipat ke arah dalam dan rapikan dengan sisi yang lainnya.

3. Melipat Sisi Kiri Kertas Kado

Melipat kertas kado pada sisi kiri

Setelah bagian pojok kiri bawah terlipat dengan rapi, selanjutnya kamu tinggal melipat sisi kiri kertas kado. Usahakan untuk menekan kertas kado pada sudut barang yang sedang dibungkus ketika melipat. Agar nanti hasilnya berbentuk kotak sempurna dan rapi.

Tempelkan hasil lipatan kertas kadonya menggunakan selotip di atas lipatan yang pertama. Hal ini dimaksudkan agar bagian yang sudah dilipat tidak lepas atau kendur.

4. Melipat Bagian Kanan Kertas Kado

Melipat kertas kado pada sisi kanan

Setelah sisi kiri selesai dilipat, selanjutnya lipat juga bagian kanannya. Perhatikan pojok kanan bawah kertas kado, rapikan dulu lipatannya dengan menekuknya ke dalam. Setelah selesai, jangan lupa menempelkan selotip ya.

5. Melipat Sisi Atas Kertas Kado

Melipat kertas kado pada bagian atas

Sama seperti sebelumnya, melipat bagian atas ini juga harus memerhatikan pojok kiri dan kanan kertas kado. Pastikan kamu sudah merapikannya dengan cara melipatnya dulu ke bagian dalam. Kemudian tinggal tekuk kertas kadonya dan rapikan sudut-sudutnya, terakhir tempelkan selotip.

6. Merapikan Bungkusan Kertas Kado

Merapikan lipatan kertas kado

Setetelah selesai terbungkus kertas kado, pastikan bahwa kamu telah membungkusnya dengan rapi ya.

7. Meletakkan Kado di Atas Kain

Meletakkan kado yang sudah dibungkus di atas kain

Pada tahap pertama tadi kita membungkus kadonya terlebih dahulu menggunakan kertas kado. Hal ini dimaksudkan agar kadonya tetap aman terbungkus kertas kado. Baru setelah itu kita akan membungkus kado hadianya menggunakan kain.

Seperti langkah pertama, letakkan barang yang akan dibungkus di atas kain. Posisi antara barang dan pembungkusnya menyilang seperti pada awal tadi ya.

8. Melipat Sisi Atas dan Bawah Kain

Melipat sisi kain

Selanjutnya kamu tinggal melipat kain bagian bawah dan atas. Lipat terlebih dahulu kain bagian bawah, jika ada kelebihan kain, letakkan pada bagian bawah barang. Setelah itu baru lipat bagian atas seperti cara sebelumnya.

9. Ikat Kain

Mengikat kain jadi satu

Setelah bagian bawah dan atas terlipat, kini saatnya untuk mengikat kain. Ambil bagian kanan dan kiri kain, kemudian ikat tepat di tengah-tengah. Usahakan untuk mengikat dengan rapi ya, bentuk ikatannya menjadi seperti pita.

Kini kado kamu sudah terbungkus rapi di dalam kain deh. Lucu bukan bentuknya? Kalau masih kurang jelas, kamu bisa melihat video di bawah ini untuk langkah-langkahnya.

Selain membungkus dengan kain, masih ada banyak bentuk yang bisa kamu coba lho. Berikut ini ada beberapa contoh cara membungkus kado yang memiliki bentuk unik dan tidak biasa.

1. Bungkus Kado Berbentuk Baju

Bungkus kado berbentuk baju kemeja

tutorialvideo.info

Tampilan kado yang satu ini cukup unik, bentuknya seperti baju kemeja yang sudah dilipat. Mungkin model seperti ini akan cocok jika isi di dalamnya juga baju.

2. Bungkus Kado Jadul

Bungkus kado jadul

evrimilhan.com

Kalau kamu suka yang jadul-jadul, ide di atas mungkin dapat dicoba. Cukup bungkus kadonya menggunakan kertas biasa, tapi setelah itu tambahkan hiasan berupa pita dari bahan kain goni. Terlihat cukup menarik dan lain dari biasanya.

3. Bungkus Kado yang Bentuknya Bulat

Bungkus kado bulet

janemeansblog.com

Jika hadiah yang akan kamu berikan bentuknya bulat, seperti bola misalnya. Cara di atas bisa menjadi salah satu referensi untuk kamu. Membungkusnya menggunakan kain untuk hadiah ya. Tinggal selimuti barang yang akan dibungkus, kemudian ikat bagian atasnya menggunakan pita, dan hiasi pakai bunga-bunga deh.

4. Silinder kado

Tempat kado berbentuk tabung

tokopedia.com

Kalau kebanyakan orang menggunakan wadah berbentuk kotak untuk meletakkan hadiahnya, nggak ada salahnya lho mencoba bentuk silinder untuk barang yang akan dihadiahkan. Pasti akan beda dari kebanyakan orang deh.

5. Bungkus Kado Berbentuk Pita

Bungkus kado berbentuk pita

ohhappyday.com

Kalau kamu akan menghadiahkan barang yang tipis, coba deh dibungkus dengan bentuk seperti pita. Tapi kamu tentu akan membutuhkan kertas kado yang ukurannya cukup besar.

6. Bungkus Kado Menggunakan Kain

membungkus kado menggunakan kain

hipwee.com

Kalau bungkus kado ini tentu kamu sudah bisa dong? Kan di atas sudah dijelaskan langkah-langkahnya tuh. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis dan motif kain untuk menghasilkan bungkusan yang terlihat unik dan menarik.

Nah, itu tadi cara membungkus sebuah hadiah agar menarik dan unik. Contoh-contohnya pun berbeda dari kebanyakan hadiah yang sering diberikan. Ayo, segera pelajari caranya, biar hadiah yang kamu berikan akan terkenang, bukan cuma barangnya saja, tapi juga bungkusnya. Dan mungkin, orang yang kamu beri hadiah malah segan untuk membukanya karena bungkusnya yang unik dan menarik. Selamat mencoba.

Leave a Reply