Cara Membuat Yoghurt Kamu Sendiri

Yoghurt merupakan produk fermentasi yang bahan utamanya adalah susu. Proses fermentasi menggunakan dua bakteri yang baik untuk tubuh. Dua bakteri itu adalah Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dengan dua bakteri tersebut, susu difermentasi selama kurang lebih satu malam. Susu yang awalnya cair akan berubah menjadi kental dan rasanya asam.

Yoghurt ini sangat baik dikonsumsi karena akan menjaga kesehatan usus kita. Bukan cuma itu, kalau kamu punya alergi terhadap susu atau bahasa kerennya lactose intolerant, kamu bisa coba minum yoghurt. Walaupun bahan utamanya adalah susu, tapi aman kok dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap susu.

Bagi sebagian orang, memang rasa yoghurt ini agak sedikit aneh. Ada rasa asam dan bau yang khas, sehingga ada orang yang nggak suka. Tapi sekarang sudah banyak olahan yoghurt yang memiliki rasa yang bermacam-macam. Kalau kamu nggak suka yoghurt yang plain, bisa cobain tuh yoghurt rasa-rasa.

Nah, kalau mau coba bikin yoghurt sendiri, yuk kita simak bareng-bareng, bahan apa aja yang dibutuhkan dan gimana cara membuatnya.

Bahan

  • 1 liter susu sapi murni
  • 1/2 cangkir yoghurt plain yang digunakan sebagai bibit

Cara Membuat Yoghurt

  1. Panaskan susu sapi murni dengan api kecil sambil terus diaduk. Lakukan selama 30 menit dan jaga jangan sampai susu mendidih agar proteinnya tidak rusak.
  2. Setelah 30 menit, matikan api dan angkat susu, dinginkan sampai hangat-hangat kuku.
  3. Jika sudah hangat, masukkan bibit yoghurt, kemudian aduk sampai rata.
  4. Setelah semua tercampur rata, masukkan ke dalam wadah tertutup.
  5. Tutup wadah dengan serbet agar kondisi dalam wadah menjadi gelap dan diamkan dalam suhu ruang selama 20-24 jam.
  6. Setelah didiamkan maka akan terbentuk lapisan cairan berwarna kekuningan di atas permukaan. Cek kekentalannya, jika masih kurang kental dan rasanya kurang asam, diamkan lebih lama lagi.
  7. Jika sudah cukup, aduk sampai semua tercampur rata.
  8. Kalau kamu ingin membuat yoghurt lagi, pisahkan beberapa sendok dalam wadah lain. Tutup rapat dan masukkan dalam lemari es. Usahakan dipakai maksimal satu minggu setelah disimpan, supaya rasa dan sterilitasnya tetap terjaga.
  9. Yoghurt siap untuk dihidangkan.

Gampang kan bikin yoghurt? Kamu bisa coba sendiri di rumah lho. Biar bikin yoghurt-nya berhasil, ikuti tips dan trik berikut ini.

Tips dan Trik

  • Gunakan alat yang sudah steril untuk membuat yoghurt. Proses pembuatan yoghurt harus steril karena memakai bakteri yang sangat rentan jika peralatan kotor. Cuci dulu semua peralatan dan bilas menggunakan air panas sebelum digunakan.
  • Pada saat menyimpan yoghurt, pastikan wadah yang digunakan kedap udara agar proses fermentasi berjalan dengan optimal.
  • Saat memasukkan susu ke dalam wadah, usahakan susu dalam keadaan hangat.
  • Kamu dapat menambahkan sirup, potongan buah, gula, coklat bubuk untuk menambakan rasa pada yoghurt.
  • Bibit yoghurt bisa kamu beli di supermarket. Beli yoghurt yang plain untuk digunakan sebagai bibit.
  • Selain menggunakan yoghurt yang sudah jadi, kamu juga dapat membuat yoghurt menggunakan kultur bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Tapi kedua bakteri ini tidak dijual bebas, biasanya ada di labolatoirum bioteknologi atau orang yang memang khusus menjual kultur bakteri.

Semoga berhasil ya membuat yoghurt-nya, selamat mencoba.

Leave a Reply