Cara Membuat Whipped Cream Sederhana di Rumah

Kalau kamu makan kue tart atau cake, biasanya akan menemukan cream atau krim. Nah, krim ini bisa terbuat dari bubuk krim atau krim cair. Krim yang biasa dipakai pada kue tart atau cake tersebut namanya adalah whipped creamย atau krim kocok.

Whipped cream ini biasa digunakan untuk menghias kue dengan berbagai macam bentuk yang indah. Walaupun sebagai hiasan, whipped cream memiliki rasa yang enak lho. Apalagi kalau kualitasnya baik, pasti rasanya lezat dan juga manis.

Whipped Cream

youtube.com

Sebenarnya, kamu bisa kok membeli whipped cream di toko bahan-bahan kue. Tapi, tentu rasa dari whipped cream-nya lebih mantab kalau buat sendiri. Apalagi kita dapat mengkreasikan sendiri mau membuat whipped cream seperti apa.

Nah, buat kamu yang ingin membuat whipped cream sendiri di rumah, berikut ini beberapa bahan dan juga cara membuat whippe cream yang mudah untuk kamu lakukan.

Bahan-Bahan Whipped Cream

  • 1 cup heavy cream yang digunakan sebagai bahan dasar
  • 1/3 cup icing sugar
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanili
  • 100 gram putih telur ayam
  • 1 jumput garam yang akan memberikan sensasi rasa berbeda pada whipped cream

Cara Membuat Whipped Cream

  1. Kocok putih telur dan heavy cream di dalam mangkuk dengan menggunakan mixer. Kocok pada kecepatan tinggi agar mendapatkan hasil yang fluffy atau tebal, halus, dan padat.
  2. Setiap 1 menit, turunkan kecepatan menjadi paling rendah dan naikkan lagi kecepatannya.
  3. Ulang tahapan di atas sebanyak 2-3 kali, lalu kocok pada kecepatan tertinggi sampai krim menjadi ringan dan berwarna putih.
  4. Tambahkan icing sugar untuk jika kamu menginginkan rasa manis. Kamu juga bisa menggunakan gula halus, atau jika tidak ingin manis, tahapan ini bisa kamu lewati.
  5. Tambahkan garam dan kocok sampai rata.
  6. Jika whipped cream sudah jadi, kamu bisa mengeceknya dengan membalikkan wadah. Whipped cream yang bagus tidak akan jatuh ketika wadah dibalik.

Tips dan Trik Membuat Whipped Cream

Cake dengan Whipped Cream

dishmaps.com

  1. Gunakan wadah yang besar agar nanti whipped cream tidak tumpah. Karena, ketika dikocok, whipped cream akan mengembang, bisa sampai dua kali lipat dari ukuran awal.
  2. Gunakan wadah yang dingin, kamu bisa memakai mangkuk stainless steel atau wadah yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas terlebih dahulu.
  3. Gunakan putih telur yang masih segar, pastikan bahwa putih telur yang kamu gunakan masih bagus kualitasnya.
  4. Gunakan krim dengan label heavy cream, atau bisa juga menggunakan full cream. Tapi, kamu juga bisa menggunakan krim yang memang khusus diperuntukkan membuat whipped cream.
  5. Usahakan menggunakan icing sugar agar didapatkan whipped cream yang lebih kental.

Nah, itu dia cara membuat whipped cream yang bisa kamu coba di rumah. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat video di bawah ini.

Dalam video tersebut, pembuatnya tidak menggunakan putih telur untuk membuat whipped cream. Nah, kamu bisa memilih akan menggunakan putih telur atau tidak untuk membuat whipped cream ini.

Bagaimana? Mudah bukan? Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

Leave a Reply