Cara Membuat VCO Tanpa Pemanasan dengan Hasil Terbaik

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar. Pembuatan VCO biasanya menggunakan susu rendah, Secara singkat, cara pembuatannya adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi atau bisa juga menggunakan enzim, atau bisa juga dilakukan secara mekanik dengan menggunakan centrifuge.

Dengan melihat prosesnya, kita juga bisa membuat VCO sendiri di rumah. Selain untuk keperluan pribadi, pembuatan VCO sendiri juga bisa menjadi sebuah bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar.

Manfaat VCO

Jika kamu bisa membuat VCO sendiri, mungkin kemampuan ini bisa menjadi hal yang cukup menjanjikan. Selain kamu bisa menggunakan minyak yang dibuat sendiri, jika hasilnya bagus, kamu bahkan bisa menjadikan ini sebagai usaha. Apalagi di Indonesia ini ada banyak sekali sumber daya kelapa.

Virgin Coconut Oil ini dikenal memiliki banyak khasiat dan manfaat untuk kesehatan. Selain itu, minyak yang terbuat dari kelapa ini juga menjadi bahan penting yang digunakan dalam industri kosmetik dan kecantikan.

Minyak kelapa murni biasanya diproses tanpa menggunakan pemanasan minyaknya tetap memiliki kadar asam laurat yang cukup tinggi. Asam laurat di dalam minyak ini jika masuk ke dalam tubuh nantinya akan diolah menjadi monolaurin.

Monolaurin merupakan asam lemak jenuh berantai sedang atau dikenal dengan Medium Chain Fatty Acid (MFCA). Jenis asam lemak yang lebih mudah diserap di dalam usus, sehingga lebih cepat untuk menghasilkan energi meskipun tidak dibantu oleh enzim.

Jika kita menggunakan VCO untuk sehari-hari, selama ini belum ada yang memberikan dampak buruk bagi kesehatan, berbeda dengan minyak kelapa biasa, yang kita harus membatasi pemakaiannya. Bahkan, mengonsumsi VCO ternyata dapat menjaga kesehatan jantung dan juga pembuluh darah.

Selain dapat digunakan untuk memasak atau konsumsi seperti biasa, VCO ternyata juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah kulit. Seperti misalnya untuk mengatasi infeksi akibat bakteri, virus, jamur, kuman, dan penyebab lain infeksi.

Bahkan minyak kelapa murni ini juga dapat mengatasi masalah jerawat, untuk menghaluskan kulit, melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan perawatan kulit lainnya.

Beberapa kelebihan di atas yang mungkin membuat harga VCO lebih mahal dari pada minyak kelapa biasa. Dengan harganya yang cukup tinggi, kita akan mempelajari bagaimana membuatnya sendiri di rumah.

Membuat Minyak Kelapa Murni atau VCO Tanpa Pemanasan

Kelapa Tua untuk membuat VCO

dapur-harmoni.blogspot.co.id

Untuk membuat minyak kelapa murni, sebenarnya ada banyak cara, mulai dari yang memakai pemanasan, dengan peragian, pancingan, menggunakan pengadukan atau dengan pemutaran berkecepatan tertentu (sentrifuge). Cara yang akan dipelajari kali ini adalah membuat VCO tanpa pemanasan, kita akan menggunakan mesin pengaduk.

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Sebelum memulai membuat, kita siapkan dulu peralatan yang dibutuhkan.
  • Sendok lengkung
  • Tissu berwarna putih yang tidak ada parfum atau pewanginya
  • Saringan
  • Corong
  • 0,5 meter selang kecil
  • Kain putih yang biasa digunakan untuk menyaring tahu
  • Wadah transparan berukuran 4,5 liter lebih
  • Mesin pengaduk atau mixer

Bahan

Bahan yang digunakan untuk membuat minyak kelapa murni tentu saja kelapa. Gunakan kelapa yang sudah tua karena kandugnan lemaknya cukup tinggi, sehingga baik untuk membuat minyak.

Buah kelapa yang dibutuhkan adalah 5 butir, parut semuanya. Kelapa yang sudah diparut jangan sampai didiamkan lebih dari satu jam. Jadi, setelah selesai pemarutan, langsung saja dilakukan pemerasan untuk mengeluarkan santannya. Hal ini untuk menghindari terjadinya bau tengik pada minyak yang sudah jadi.

Menyaring Santan

mariyaniatmaja.wordpress.com

Setelah didapatkan kelapa parut, lalu peras sampai diperoleh santan kelapa kental atau yang biasa disebut kanil. Pemerasan bisa dilakukan memakai saringan yang halus atau bisa juga menggunakan kain saring agar prosesnya lebih cepat dan santan yang didapat lebih bersih.

Setelah selesai proses pemerasan, diamkan santan selama 30 menit, hal ini dilakukan untuk mempermudah memisahkan antara kanil dan endapan.

Jika sudah terpisah antara kanil dan endapan, masukkan kanil ke dalam mixer, lakukan pengadukan selama 8 jam. Setelah proses pengadukan, nantinya kita akan mendapatkan endapan dari calon VCO. Endapan ini kita pisahkan dari kanil dengan menggunakan selang kecil.

Pemisahan Air dan Minyak

Setelah dilakukan pemisahan endapan dan kanil, diamkan kembali kanil selama kurang lebih 8 jam sampai terpisah antara VCO, endapan tengah atau blondo, dan endapan bagian bawah. Wadah transparan yang digunakan tadi fungsinya adalah untuk melihat terjadinya proses pemisahan ini.

Kita bisa memisahkan antara blondo dengan VCO menggunakan saringan teh yang sudah dilapisi dengan tissu. Untuk mengambil lapisan minyak yang paling atas, gunakan sendok lengkung. Kita harus sabar dalam proses pengambilan ini, agar mendapatkan VCO yang baik.

Menggunakan Mesin

Jika kamu membuat minyak kelapa yang murni ini untuk tujuan bisnis, maka bisa menggunakan mesin produksi VCO modern untuk membuat VCO dengan kapasitas yang besar. Selain nantinya minyak adakn diperoleh dengan mudah, hasilnya tentu juga berkualitas.

Mesin yang digunakan adalah centrifuge, minyak yang dihasilkan dengan menggunakan centrifuge akan memiliki kadar air yang lebih rendah. Oleh karena itu, kualitas VCO yang dihasilkan dari proses centrifuge tentu akan lebih baik dan diminati. Selain karena kualitasnya yang baik, mineral yang ada juga homogen.

Peluang Usaha VCO

Minyak kelapa murni

sehatplus.com

Untuk kamu yang ingin menjalankan bisnis minyak kelapa murni ini, peluang bisnisnya cukup bagus lho. Selain karena banyaknya permintaan pasar, ada banyak manfaat yang terdapat di dalam Virgin Coconut Oil ini. Sehingga konsumen akan semakin menikmati dan menyadari bahwa VCO itu sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Selain pasar yang terbuka luas, harga jualnya yang bisa mencapai 2-3 kali lipat dari HPP modal tentu akan membuat keuntungan yang menggiurkan. Tinggal kita melakukan branding dan mengemas dengan kemasan yang layak dan dijaga kualitasnya.

Bahkan beberapa industri kecil sudah berani memasarkan VCO menggunakan kemasan yang baik dan sistem pemasarannya pun canggih.

Kita tinggal bersaing untuk memenuhi permintaan pasar dengan memenuhi kuota yang diminta dan produk selalu tersedia. Untuk dapat bersaing, tentunya kita membutuhkan alat yang lebih modern agar didapatkan hasil minyak yang lebih banyak dan prosesnya cepat.

Nah, jadi tunggu apalagi, dengan suburnya alam Indonesia, pohon kelapa dimana-mana, merupakan salah satu kelebihan yang harus kita manfaatkan. Mulai produksi VCO skala rumahan untuk menguasai pasar Indonesia kalau perlu dunia.

Bahkan menurut perkiraan, permintaan pasar untuk tahun-tahun mendatang semakin nyata dan meningkat. Kita bisa ikut berkontribusi menawarkan produk VCO yang berkualitas dan menjadikannya Go International.

Leave a Reply