Cara Membuat Tteokbokki Khas Korea

Resep Tteokbokki – Buat yang suka nonton film Korea, tentu sudah nggak asing dengan makanan khas di negara itu. Salah satu makanan yang menjadi kesukaan para pecinta drama Korea.

Apa kamu tahu apa makanan itu?

Ya, namanya adalah tteokbokki, walaupun penulisannya susah dan banyak huruf dobelnya, tapi banyak yang suka lho. Bentuknya seperti pempek lenjer gitu, tapi kalau tteokbokki merupakan kue beras yang dicampur dengan saus pedas. Makanan ini kalau di Korea banyak dijual di kedai-kedai makanan di sana kok.

Di Indonesia sendiri pun, makanan ini mulai banyak yang menjualnya. Tteokbokki bisa kamu temui di restoran yang menjajakan makanan khas Korea. Bahkan kamu juga bisa menemukan penjual tteokbokki di pasar malem atau di acara tertentu.

Sejarah Awal Mula Tteokbokki

Cara Membuat Tteokbokki

maangchi.com

Tteokbokki adalah salah satu jajanan tradisional yang berasal dari Korea. Jajanan ini banyak dijual di pinggir jalanan Korea.

Awal mulanya, tteokbokki konon berasal dari akhir masa dinasti Joseon. Tapi, ada banyak versi tentang sejarah dari olahan kue beras ini. Menurut data dari dibliografi, tteokbokki awalnya muncul di buku masak yang disebut dengan Siui Jeongseo yang ditulis pada akhir dinasti Joseon.

Tteokbokki juga ditemukan dalam sebuah medical records dengan judul A Book Called Shingnyo Cahnyo. Penulisnya adalah Jeon Sunui, seorang petugas medis pada masa dinasti Joseon. Ada hal yang unik dari buku tersebut, dikatakan bahwa tteokbokki merupakan bagian dari cara untuk menyembuhkan seseorang menggunakan makanan.

Apa itu Tteokbokki

Resep Tteokbokki

kimchiandbasil.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tteokbokki merupakan makanan yang berasal dari olahan kue beras. Tteokbokki adalah makanan yang merupakan bagian dari Korean royal court cuisine atau hidangan kerajaan pada masa dinasti Joseon.

Sesuai dengan namanya, tteokbokki adalah makanan yang terbuat dari tteok atau kue beras, sayuran, dan berbagai macam bumbu. Salah satu bumbu yang paling utama adalah gochujang atau pasta cabe merah yang difermentasi. Camilan asal Korea ini sangat enak dinikmati saat masih panas lho.

Walaupun awalnya dikenal sebagai salah satu makanan untuk keluarga kerajaan, saat ini tteokbokki menjadi kuliner yang terkenal. Bahkan, kamu akan dengan mudah menemukan jajanan ini di banyak tempat di Korea. Mulai dari restoran, kedai makanan, pedagang kaki lima, gerobak pinggir jalan, sampai di beberapa pasar tradisional.

Resep Tteokbokki

Cara Membuat Tteokbokki Korea

wikipedia.org

Nah, kalau kamu pengen mencoba makanan yang satu ini tapi nggak dapat menemukannya, coba aja bikin sendiri. Kamu bisa mencoba membuat tteokbokki sederhana ala rumahan yang rasanya nggak kalah deh.

Bahan Tteokbokki

Untuk membuat tteokbokki, kita siapkan dulu bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan ini akan dibagi menjadi tiga macam, garaetteok, bumbu saus, dan bahan utama.

Bahan Garaetteok

  • 350 gram tepung beras
  • 120 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan minyak wijen

Bumbu Saus Tteokbokki

  • 2 sendok makan gochujang
  • 1 sendok teh cabai bubuk Korea atau 1/2 sendok teh cabai bubuk lokal
  • 1 sendok makan gula pasir

Bahan Utama Tteokbokki

  • 500 gram garaetteok, kalau kamu menggunakan yang sudah jadi
  • 500 ml air
  • 250 gram fish cake yang sudah dipotong 5 cm
  • 200 gram wortel yang sudah dipotong 5 cm
  • 1 butir bawang bombay yang sudah dipotong kotak-kotak
  • 2 buah bawang daun yang sudah dipotong ukuran besar

Cara Membuat Garaetteok

Komponen pertama yang akan kita buat adalah garaetteok atau kue beras. Bahan ini dibuat pertama kali karena merupakan bahan utama dalam pembuatan makanan ini. Tapi, kalau kamu malas membuatnya, bisa kok mencari garaetteok di supermarket terdekat.

  1. Tapi kalau memang penasaran dengan kemampuan memasakmu, bisa coba ikuti langkah di bawah ini.
  2. Siapkan wadah, masukkan tepung beras, air, dan garam, lalu aduk sampai semua bahan rata.
  3. Kemdian kukus selama kurang lebih 25 menit menggunakan api sedang.
  4. Angkat adonan saat masih panas, lalu tumbuk menggunakan tumbukan kayu atau bisa juga pakai mixer sampai kalis.
  5. Lalu, ambil satu kepal adonan tersebut, bentuk menjadi silinder memanjang menggunakan tangan yang sudah dilumuir dengan minyak wijen.
  6. Potong adonan yang sudah dibentuk sepanjang 5 cm.
  7. Garaetteok siap digunakan.

Cara Membuat Tteokbokki

Kalau garaetteok sudah siap, saatnya kita melanjutkan proses pembuatan tteokbokki.

  1. Siapkan semua bahan untuk membuat bumbu saus, campurkan dan aduk sampai merata.
  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan garaetteok, bumbu saus, bawang bombay, fish cake, bawang daun, dan wortel.
  3. Masak sambil terus diaduk agar bumbunya meresap dan merata serta airnya menyusut dan kuah menjadi kental.
  4. Setelah itu, matikan kompor, susun di atas piring.
  5. Tteokbokki siap disajikan saat masih panas.

Resep di atas merupakan cara membuat tteokbokki yang sederhana. Kamu bisa juga kok menambahkan bahan lain seperti zucchini, jamur, ikan teri Korea, dan bahan lain yang mungkin kamu inginkan.

Tteokbokki ini paling enak dimakan saat masih panas dan bersama dengan kimchi dan kimbab. Kamu bisa juga membuat kimchi atau bikin kimbab sendiri di rumah lho. Nggak sulit kok membuat makanan khas Korea tersebut, tinggal cari bahan-bahannya saja.

Leave a Reply