Cara Membuat Slime yang Aman Dimainkan Anak-Anak

CARA MEMBUAT SLIME – Slime, apa yang ada di benak kamu ketika mendengar kata itu? Mungkin kamu akan berfikir kalau itu adalah lendir atau semacamnya. Tapi slime yang ini beda, pengertian slime yang satu ini bukan lendir, tapi cuma mirip lendir saja.

Slime adalah sebuah bahan yang memiliki tekstur lunak, kenyal, dan lengket. Kalau dipegang, punya sensasi yang dingin, dan anak-anak biasanya menjadikan slime untuk mainan mereka.

Selian itu, slime ini biasanya juga digunakan pada acara yang banyak anak-anaknya lho. Slime ini kan memiliki banyak warna dan terlihat asik kalau memainkannya, jadi biasa digunakan saat acara ulang tahun anak atau di acara lain yang banyak anak-anaknya di sana.

Nah, kalau kamu pengen bermain slime yang aman dan tidak ada bahan berbahaya di dalamnya. Mending buat slime sendiri aja yuk! Slime yang nggak mengandung borax dan bahan berbahaya lainnya.

1. Slime dari Tepung Kanji

Slime Melar

harpersbazaar.co.id

Tepung kanji atau bisa juga disebut dengan tapioka ini merupakan bahan yang terbuat dari ketela pohon. Bahan yang satu ini mudah didapat dan tentu saja aman untuk anak-anak kita.

Bahan

  • 2 gelas tepung kanji
  • 400 ml air
  • 1/2 gelas minyak goreng
  • 2-3 sendok teh pewarna makanan, warnanya boleh apa aja ya

Cara Membuat Slime Tepung Kanji

  1. Ambil wadah berukuran sedang, bersihkan dengan air lalu keringkan.
  2. Masukkan tepung tapioka ke dalam wadah, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Masukkan minyak goreng ke dalam campuran tepung dan air tadi. Aduk kembali sampai tercampur rata dan lihat kekentalannya.
  4. Kalau adonan kekurangan air, kamu bisa menambahkan air ke dalam adonan, tambahkan juga sedikit minyak.
  5. Setelah itu, masukkan pewarna makanan ke dalam slime dan aduk sampai tercampur semua dan warnanya berubah.
  6. Masukkan slime ke dalam plastik dan ikat kuat plastiknya.
  7. Slime dari tepung kanji sudah siap dimainkan.

2. Slime dari Susu Cair

Cara Membuat Slime Hijau

beafunmum.com

Ada bahan lain yang bisa kamu pakai untuk membuat slime, bahannya adalah susu cair. Bahan ini sangat aman untuk anak, jadi kamu nggak perlu khawatir.

Bahan

  • 1 liter susu cair
  • 1 1/4 sendok makan tepung maizena
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 2-3 sendok teh pewarna makanan, boleh pakai warna apa aja

Cara Membuat Slime Susu Cair

  1. Pertama, siapkan panci yang ukurannya cukup untuk mencampur semua bahan.
  2. Masukkan susu ke dalam panci, lalu panaskan dengan api kecil. Aduk terus sampai susu menjadi panas ya. Tujuan dari merebus susu ini agar bakteri jahat yang ada dalam susu mati, jadi slime akan lebih aman.
  3. Kemudian masukkan vanili bubuk, aduk lagi sampai semua vanili larut dan tercampur dengan susu
  4. Tambahkan maizena sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  5. Penambahan maizena ini disesuaikan dengan tingkat kekentalan yang diinginkan ya. Kalau kamu ingin kental, maka tambahkan maizenanya agak lebih banyak.
  6. Masak terus adonan sambil terus diaduk, masak sampai adonan mendidih.
  7. Setelah itu, angkat dan dinginkan.
  8. Setelah dingin, tambahkan pewarna makanan dan campur sampai warna slime menjadi berubah sesuai dengan keinginan kamu.
  9. Slime sudah selesai, simpan slime dalam wadah tertutup dan jauhkan dari sinar matahari langsung ya.

Nah, berikut ini ada video cara membuat slime yang bisa kamu ikuti kalau masih bingung dengan langkah-langkah membuat slimenya.

 

3. Slime dari Lem Povinal

Cara Membuat Slime Hijau Muda

blog.mabelslabels.com

Kamu tau apa itu lem povinal? Lem povinal merupakan lem kayu yang bahan dasarnya tepung kanji yang dicampur dengan gom. Lem povinal ini juga bisa lho dibuat menjadi slime.

Bahan

  • 5 bungkus lem povinal ukuran kecil
  • 1/4 gelas air
  • Baking powder
  • 2 sendok teh pewarna makanan

Kalau kamu belum tau kayak gimana lem povinal itu, kayak gambar di bawah ini nih penampakannya.

Lem Povinal, lem kertas

kingdomstationery.blogspot.com

Cara Membuat Slime Lem Povinal

  1. Ambil wadang kering dan bersih yang berukuran sedang.
  2. Masukkan lem povinal dan baking pwder ke dalam wadah. Aduk kedua bahan tersebut sampai tercampur rata.
  3. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Penambahan air ini akan mempengaruhi kekentalan dari slime, jadi perhatikan kekentalan slime saat kamu menabahkan air.
  4. Masukkan pewarna makanan dan aduk sampai warna slime merata.
  5. Seltelah itu masukkan slime ke dalam wadah yang bisa ditutup rapat.
  6. Diamkan selama kurang lebih setengah jam sebelum kamu mainkan.
  7. Slime dari lem povinal siap untuk dimainkan.

4. Slime dari Bedak Bayi

Slime Berwarna Emas

funathomewithkids.com

Kalau kamu masih ada anak kecil atau bayi di rumah, coba deh minta sedikit bedaknya untuk membuat slime.

Bahan

  • 1 botol bedak bayi merk apa saja
  • 2 gelas air
  • 4 sendok makan baby oil merk apa saja
  • 2 sendok makan pewarna makanan

Cara Membuat Slime Bedak Bayi

  1. Siapkan wadah yang bagian atasnya bisa ditutup dengan rapat.
  2. Masukkan bedak bayi kedalam wadah, kemudian tambahkan air dan aduk sampai rata. Aduknya pelan-pelan aja ya, biar bedaknya nggak berhamburan.
  3. Tambahkan baby oil dan aduk lagi sampai tercampur rata semua bahannya.
  4. Lihat, apakah slime masih kurang kental atau kekentalan. Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air lagi.
  5. Setelah itu tambahkan pewarna makanan ke dalam slime dan pastikan warnanya merata di setiap sudut slimenya ya.
  6. Tutup wadah dan diamkan selama 1 jam sebelum slime digunakan.
  7. Slime dari bedak bayi siap untuk dimainkan.

5. Slime dari Sabun

Slime Warna-warni

unsophisticook.com

Nah, slime yang satu ini bisa bikin kamu bersih lho, kan pakai sabun untuk membuatnya. Tapi perhatikan ketika anak-anak memainkannya ya. Jangan sampai ada slime yang tertelan.

Bahan

  • 1 gelas deterjen
  • 3 sendok makan sabun cuci piring merk apa saja
  • 3 sendok makan sabun cair untuk anak-anak
  • 1 1/4 gelas air
  • Tepung terigu secukupnya
  • 2 sendok teh pewarna makanan

Cara Membuat Slime

  1. Siapkan wadah yang tentunya bisa ditutup ya.
  2. Campur deterjen dan tepung terigu kemudian masukkan ke dalam wadah.
  3. Tambahkan sabun cuci piring dan sabun cair anak. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Tambahkan air sedikit demi sedikit, jangan lupa cek kekentalan dari adonan slime.
  5. Masukkan pewarna makanan dan campur lagi sampai warna slime berubah sesuai dengan warna pewarna yang di tambahkan.
  6. Tutup wadah dan masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 10-15 menit.
  7. Slime dari sabun siap untuk dimainkan.

Nah, itu tadi beberapa kreasi slime yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah. Mudah Bukan?

Selain bisa untuk mainan anak-anak, slime ini ternyata bisa juga kamu gunakan untuk merawat laptop lho. Terutama untuk membersihkan debu dan kotoran yang ada di sela-sela keyboard laptop.

Tertarik untuk mencoba membuatnya? 🙂

One Response

  1. Lira Mistyanty November 26, 2016

Leave a Reply