Cara Membuat Selai Nanas

Nanas merupakan buah yang rasanya agak sedikit asam tapi segar. Buah yang satu ini biasanya sih dimakan langsung atau dibuat rujak. Jadi manis asem pedes gitu rasanya, seger deh.

Kadang nanas juga digunakan untuk mengempukkan daging lho. Tinggal parut aja sedikit nanas, terus balurin deh ke daging yang mau diempukkan. Tapi jangan banyak-banyak, ntar dagingnya malah keempukan tuh.

Nah, sekarang ini sudah lumayan banyak olahan dari bahan nanas. Tapi yang mau kita bicarakan sekarang adalah selai nanas.

Lho kok ngomongin selai nanas ada apa ya? Kan masih ada olahan nanas yang lain tuh.

Selai nanas merupakan olahan nanas yang banyak digunakan di industri pembuatan kue kering. Jadi pasti permintaan akan selai yang satu ini pun cukup tinggi lho. Bahkan bukan kue kering ada juga kok yang pakai selai nanas. Misalkan roll cake dan roti isi, ada beberapa varian dari kue tersebut yang menggunakan selai nanas untuk pelengkapnya.

Kalau kue kering jangan ditanya lagi deh, pasti udah pada tau tuh. Nastar, yup tepat sekali, kue nastar yang terknal itu kan isinya selai nanas.

Tapi, banyak lho nastar yang selainya cuma sedikit, biasanya yang jualnya grosiran tuh. Ada tapi lagi nih, banyak juga selai nanas yang dijual itu nggak kerasa nanasnya. Cuma manis gula doang, nggak ada asem-asem seger sama aroma nanasnya.

Nah, dari pada beli selai yang nggak berasa nanas, mending bikin sendiri aja yuk selainya. Gampang kok caranya, siapkan dulu catetan, terus catet resepnya ya.

Bahan Selai Nanas

  • 500 gram nanas yang sudah diparut
  • 100 gram gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • Kayu manis batang secukupnya

Cara Membuat Selai Nanas

  1. Masak nanas yang sudah diparut sampai airnya menyusut.
  2. Setelah itu masukkan gula pasir, batang kayu manis dan garam, aduk terus sampai kering.
  3. Jadi deh selai nanasnya, simpan dalam tempat yang kedap udara, masukkan ke dalam lemari es.

Gampang kan bikin selai nanasnya? Nah, kalau udah jadi, jika sewaktu-waktu kamu butuh selainya untuk membuat nastar misalnya. Tinggal keluarkan aja dari lemari es dan selai siap digunakan. Nah, biar bikin selainya juga enak, ada beberapa tips nih buat kamu.

Tips & Trik

  • Pilih nanas yang sudah matang dan berwarna kuning tua, jangan gunakan yang masih mentah. Nanas yang matang akan memberikan bau khas nanas yang harum dan rasa yang asam segar.
  • Buah nanasnya diparut jangan diblender, agar lebih terasa ada serat-serat nanasnya. Selain itu memblender akan memerlukan tambahan air, itu akan memperlama proses pemasakan selainya.
  • Kalau kamu takut memakai parutan kelapa, bisa gunakan parutan keju yang tajam.
  • Panaskan dulu nanasnya sampai airnya menguap, baru setelah itu masukkan gula dan bahan lainnya. Hal ini akan mempercepat proses pemasakan selai nanas.
  • Masak selainya sampai kering bener ya, biar kalau mau dibuat kue kering kuenya nggak jadi basah. Terus kalau selainya bener-bener kering, umur simpannya juga lebih lama.
  • Simpan di dalam wadah yang kedap udara, biar makin awet selainya. Kalau bisa masukin ke lemari es juga. Terus mending dipisah-pisah gitu nyimpennya, jadi kalau mau pakek tinggal ambil satu tempat terus dihabisin tuh. Biar makin awet dan tahan lama, tapi kalau nggak ya langsung aja semua selainya dihabisin buat bikin nastar.

Nah, selamat mencoba membuat selai nanas, kalau pengen ada temen selainya, bisa juga kamu membuat donat kentang lho.

Leave a Reply