Cara Membuat Origami Bunga Mawar yang Mudah dan Mirip dengan Asli

Cara membuat bunga dari kertas origami tentu akan terlihat sulit bagi kita yang belum terbiasa. Padahal, walaupun terlihat rumit dan sulit, tapi ketika kamu mencobanya, membuat origami bukanlah hal yang sesulit seperti yang dipikirkan lho.

Nah, kerajinan origami merupakan salah satu kerajinan tangan yang menggunakan kertas sebagai bahannya. Seni ini berasal dari negara matahari terbit, Jepang. Dengan memadukan kreativitas dan keahlian melipat, maka akan dapat dibuat sebuah seni yang mengagumkan.

Kalau kamu pernah mengamati seni origami sebelumnya, pasti pernah lihat karya yang kerumitannya bukan main. Menggunakan kertas yang berukuran besar, dan melipatnya sehingga menjadi karya yang lebih kecil dari pada kertas yang digunakan.

Untuk kali ini, kita tidak akan membuat origami yang rumit dan sulit kok. Walaupun kelihatannya sulit, tapi origami yang akan dibuat ini mudah untuk kamu ikuti langkah-langkahnya. Kita akan membuat origami bunga mawar, bentuknya bagus dan akan terlihat mirip aslinya dengan batang dan juga daunnya.

Bahan Origami Bunga Mawar

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat seni lipat kertas berbentuk bunga mawar ini tidaklah banyak. Kamu cukup menyediakan kertas dengan tiga macam ukuran saja.

  • Kertas berwarna merah berukuran 20×20 cm
  • Kertas berwarna hijau berukuran 4×4 cm
  • Kertas berwarna hijau berukuran 4×16 cm

Cara Membuat Origami Bunga Mawar

Setelah semua bahan kamu siapkan, saatnya untuk melipat-lipat kertas dan membentuknya menjadi bunga mawar yang indah dan cantik.

1. Membuat Bagian Bunga

Langkah membuat origami bunga mawar bagian bunga

Jo Nakashima – youtube.com

Pertama, siapkan kertas berwarna merah yang ukurannya 20×20 cm, pakai kertas yang agak tebal ya. Kemudian lipat menjadi dua dengan menyatukan sisi atas dan bawahnya.

Kemudian, lipat sisi atas dan bawah kertas menuju ke tengah kertas, atau bekas lipatan yang sudah dibuat sebelumnya. Usahakan lipatannya rapi, agar nanti bunga yang jadi memiliki bentuk yang bagus.

Langkah ketiga, lipat kembali bagian kertas diantara lipatan yang sudah dibuat sama besar. Kamu bisa lihat gambar untuk panduan melipatnya.

Setelah sisi horisontal terlipat semua, saatnya melipat sisi vertikalnya. Ulangi langkah pertama tadi, yaitu dengan melipat sisi kiri dan kanan kertas sama besar.

Setelah itu, lipat sisi kanan dan kiri ke arah lipatan yang sudah dibuat pada langkah sebelumnya.

Langkah keenam, seperti pada langkah ketiga, lakukan dengan baik dan juga rapi.

Cara membuat origami bunga mawar bagian bunga

Jo Nakashima – youtube.com

Langkah ketujuh, kamu harus melipat bagian atas kertas menuju ke lipatan pertama dari bawah. nantinya, bentuk kertas akan terlihat seperti gambar nomor delapan.

Setelah itu, balik kertas, lalu lipat ke atas, pada bekas lipatan yang ada di bagian atas juga.

Kemudian, dari samping kiri, lipat kertas, menuju ke lipatan pertama yang ada di bagian kanan. Lipatan tersebut akan terlihat seperti yang ditunjukkan pada gambar nomor sebelas.

Pada gambar nomor duabelas, balik kertas, kemudian lipat pada bekas lipatan kertas yang sudah ada dari bagian kanan.

Cara membuat origami bunga mawar bagian bunga

Jo Nakashima – youtube.com

Setelah semua lipatan yang dilakukan sebelumnya, kamu akan memiliki kertas dengan bentuk seperti pada nomor tigabelas.

Nah, setelah mendapatkan pola seperti itu, langkah selanjutnya adalah membalikkan kertas terlebih dahulu, baru kemudian mempertemukan ujung kertas bagian kiri atas, ke garis pertemuan pertama yang dekat dengan ujung kanan bawah kertas. Lalu tekan lipatan kertas pada bagian kiri sampai ke tengah kertas.

Kemudian, buka kertas dari lipatan yang baru saja dilakukan, lalu putar 90 derajat berlawanan arah jarum jam. Ulangi kembali cara di atas, sampai keempat sudut kertas sudah kamu lakukan dan mendapatkan pola garis seperti pada gambar nomor delapanbelas.

Cara membuat origami bunga mawar bagian bunga

Jo Nakashima – youtube.com

Setelah mendapatkan pola pada gambar nomor delapanbelas, balikkan kembali kertasnya sampai terlihat pola seperti gambar nomor sembilanbelas.

Nah, ini langkah yang sedikit sulit, karena perlu ketelatenan agar hasil yang didapatkan bisa rapi dan bagus.

Dengan lipatan yang sudah ada, kamu harus membuat bentuk balok tanpa tutup. Hal yang harus dilakukan adalah melipat kertas pada pola yang sudah ada seperti gambar nomor duapuluh. Jadinya seperti pada gambar nomor duapuluhsatu.

Setelah itu, lipat dari bagian atas balok, dan pertemukan dengan bagian bawahnya. Lakukan langkah tersebut pada keempat sisi balok.

Kemudian, lipat kertas seperti pada gambar nomor duapuluhtiga, dan hasilnya dapat kamu lihat seperti gambar nomor duapuluhempat. Jangan lupa, rapikan kertas agar bentuknya terlihat mirip seperti bunga mawar. Kalau sudah jadi, sisihkan dahulu, kita akan membuat bagian daunnya.

2. Membuat Bagian Daun

Cara membuat origami bunga mawar bagian daun

Jo Nakashima – youtube.com

Ambil kertas berwarna hijau dengan ukuran 4×4 cm, kemudian lipat diagonal dan pertemukan antara ujung kertas dengan ujung lainnya.

Kemudian, lipat sisi diagonal bagian kanan, dan pertemukan pada sisi bagian bawah kertas. Ulangi pada lipatan kertas sisi sebaliknya.

Lali, lipat bagian atas kertas yang sudah berbentuk segitiga, ke bawah, tepat di titik tengah. Lipat juga pada sisi kertas yang lain.

Setelah itu, lipat kertas mengikuti pola yang seperti gambar nomor enam. Nah, kemudian, buka kertas dan bentuknya akan terlihat seperti gambar nomor tujuh.

Lipat sedikit pada sudut bagian kiri kertas, agar bentuknya lebih mirip seperti daun. Dan, hasilnya akan terlihat seperti gambar nomor sembilan. Sisihkan daunnya, karena kita akan membuat batangnya.

3. Membuat Bagian Batang

Cara membuat bagian batang origami bunga mawar

Jo Nakashima – youtube.com

Nah, bagian batang bunga ini dibuat sekaligus dengan menambahkan daunnya. Pertama, ambil kertas berwarna hijau dengan ukuran 4×16 cm. Kemudian, gulung dari salah satu ujungnya, usahakan menggulungnya dengan kuat agar tidak mudah lepas.

Setelah sampai setengah bagian yang tergulung, selipkan daun yang sudah dibuat sebelumnya. Kemudian lanjutkan kembali sampai semua kertas tergulung dengan rapi. Nah, di akhir gulungan, kamu bisa melipatnya atau memberikan lem agar tidak lepas.

4. Menyatukan Batang dan Bunga

Menyatukan bagian batang dan bunga origami mawar

Jo Nakashima – youtube.com

Setelah semua bagian selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menyatukan bagian-bagian tersebut agar terlihat mirip dengan bunga aslinya.

Ambil bagian batang dan bunga, lalu selipkan sedikit bagian batang ke bawah bagian bunga. Lalu, tekuk sehingga bentuknya terlihat seperti setangkai bunga mawar.

Nah, mudah bukan membuatnya? Biar kamu nggak bingung, lihat saja langkah-langkahnya pada video di bawah ini.

Buat kamu yang penasaran dengan seni origami, coba saja terus membuat kerajinan seni lipat kertas ini. Pasti lama kelamaan, kamu akan bisa membuat origami dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan tentunya hasil yang kamu buat bisa lebih rapi lagi, selamat mencoba 🙂

 

Leave a Reply