Cara Membuat Minyak Kelapa Biasa Asli dan Berkualitas

Minyak merupakan salah satu bahan yang paling banyak digunakan dalam proses memasak. Di Indonesia sendiri, sangat banyak makanan yang digoreng. Sebut saja, ayam goreng, telur ceplok, nasi goreng, atau gorengan. Semua makanan tersebut menggunakan minyak sebagai salah satu bahannya.

Tapi, tahukah kamu, kalau kebanyakan kita, sekarang ini menggunakan minyak sawit. Padahal, ada jenis minyak lainnya yang memiliki rasa lebih enak. Minyak tersebut adalah minyak kelapa, ingat kelapa ya, bukan kelapa sawit.

Konon, minyak kelapa ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Jadi, nggak ada salahnya kan kalau kita mencoba menggunakan minyak kelapa dari pada minyak sawit.

Kalau kamu belum pernah mencoba atau sudah mencari-cari tapi nggak nemu juga, lebih baik coba bikin sendiri minyak kelapanya. Caranya nggak sulit kok, membuat sendiri di rumah juga bisa, dengan peralatan yang ada saja tentunya.

Jenis-jenis Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni

sehatplus.com

Sebelum kita mencari tahu cara membuat minyak kelapa, sekarang pelajari terlebih dahulu jenis dari minyak yang satu ini.

Minyak kelapa sendiri ada sekitar empat jenis, dibuat dengan cara yang berbeda-beda. Ada minyak kelapa fraksinasi, olahan, hidrogenasi, dan minyak kelapa murni atau biasa disebut dengan VCO.

1. Minyak Kelapa Fraksinasi

Jenis minyak kelapa ini dibuat menggunakan proses fraksinasi. Proses ini akan mempertahankan asam lemak jenuh yang ada di dalam minyak kelapa. Minyak kelapa fraksinasi yang memiliki asam lemak jenuh tinggi sangat tinggi permintaannya, terutama untuk industri dan juga medis.

2. Minyak Kelapa Olahan

Minyak kelapa jenis ini diolah bukan dari kelapa mentah, tapi dari kopra. Minyak kelapa olahan atau minyak kopra tidak memiliki aroma ataupun rasa kelapa. Biasanya tidak digunakan untuk memasak, tetapi sering dipakai oleh industri dan juga komersial.

3. Minyak Kelapa Hidrogenasi

Hidrogenasi merupakan proses yang digunakan untuk membuat minyak dengan tekanan tinggi, sehingga akan menghasilkan gelembung hidrogen pada minyak. Minyak yang sudah melalui proses ini biasanya dapat bertahan lebih lama.

4. VCO

VCO atau virgin coconut oil ini diproduksi melalui yang alami tanpa menggunakan bahan kimia buatan. VCO biasanya digunakan untuk konsumsi secara langsung, perawatan kesehatan, menjaga kecantikan, atau untuk memijat.

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri

Kelapa Tua untuk membuat VCO

dapur-harmoni.blogspot.co.id

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membuat minyak kelapa, seperti pemanasan, fermentasi, pengolahan dingin, dan lainnya. Walaupun ada beberapa cara, kamu nggak perlu berpikir keras, karena cara membuatnya itu cukup mudah.

1. Pemanasan

Dengan metode ini, kamu harus terlebih dulu mengekstrak santan dari daging kelapanya. Setelah itu, santan dipanaskan menggunakan api kecil sambil terus diaduk saat proses pemasakan ini.

Setelah santan yang dipanaskan menjadi tebal, minyak akan memisahkan diri dengan sendirinya di dalam larutan. Akhirnya, jika dipanaskan terus, air akan menguap semua dan meninggalkan minyak.

Setelah didapatkan minyak, dinginkan, kemudian pisahkan dengan ampas atau kotoran lainnya, setelah itu, masukkan ke dalam botol yang bersih.

Minyak kelapa buatan sendiri siap digunakan, baik untuk memasak ataupun sebagai bahan perawatan kulit kamu.

2. Fermentasi

Proses fermentasi ini, awalannya hampir sama dengan cara sebelumnya, kita membuat santan terlebih dahulu. Pertama-tama, parut kelapa dan peras sampai keluar santannya, jangan lupa tambahkan air.

Setelah di dapatkan santan, masukkan ke dalam botol transparan dan biarkan selama 20 jam pada suhu ruang, atau bisa juga suku 32 derajat celsius.

Setelah didiamkan, akan terlihat pemisahan antara minyak dan air, minyak akan berada di atas, sedangkan airnya di bawah. Pisahkan air dan minyak, dengan menggunakan sendok ataupun alat lainnya. 🙂

Leave a Reply