Cara Membuat Kue Ku Ketan Isi Kacang Hijau yang Enak dan Legit

Kue ku adalah salah satu nama jajanan pasar yang memiliki bentuk yang unik dan rasa yang enak. Sebenarnya kue ini merupakan kue tradisional yang berasal dari Cina, tetapi di Indonesia cukup terkenal juga.

Kue manis yang berisikan kacang hijau dan biasanya berwarna merah atau hijau ini memiliki penggemarnya sendiri. Bentuk dari kue ini mirip seperti tempurung kura-kura, oleh sebab itu, ada juga yang menyebut kue ini dengan kue kura-kura.

Kamu bisa menjumpai kue ini di pasar-pasar tradisional. Untuk saat ini, masih banyak juga kok yang menjual jajanan legit ini di pasar tradisional. Bahkan ada juga toko roti modern yang juga menyajikan kue ku sebagai salah satu hidangannya.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati kue ku hasil karya sendiri, bisa lho membuatnya di rumah. Siapa tahu hasilnya nanti enak dan keluarga jadi suka.

Resep Kue Ku Ketan

Kue Ku Ketan

iis-resep.blogspot.co.id

Siapkan dulu bahan yang dibutuhkan, bahan-bahannya dibagi menjadi bahan untuk kulit dan isian.

Bahan Kulit Kue Ku Ketan

  • 250 gram tepung ketan
  • 50 gram gula pasir putih
  • 5 tetes pewarna makanan berwarna merah
  • 125 ml santan cair
  • Garam seperlunya

Bahan Isian Kue Ku Ketan

  • 150 gram kacang hijau
  • 100 gram gula pasir putih
  • 1 lembar daun pandan
  • 100 ml air

Cara Membuat Kue Ku Ketan

  1. Pertama buat adonan kulit terlebih dahulu, campurkan tepung ketan, gula, dan garam. Kemudian tambahkan santan dan aduk sampai adonan dapat dibentuk. Sisihkan lalu bagi menjadi 20 bagian.
  2. Selanjutnya buat isian, rendam kacang hijau sebentar, kemudian remas sampai kulit arinya terlepas. Setelah itu kukus sampai matang, lalu tumbuk sampai halus.
  3. Masak kacang hijau yang sudah ditumbuk di atas api kecil, kemudian tambahkan gula, pandan, dan air.
  4. Aduk sampai adonan isian menjadi kering dan dapat dibentuk. Lalu angkat adonan isian dan bagi menjadi 20 bagian.
  5. Ambil satu bagian adonan kulit lalu pipihkan, tambahkan adonan isian di tengah adonan kulit. Kemudian tutup adonan isian sampai tertutup semua dengan adonan kulit, bentuk menjadi bundar.
  6. Siapkan cetakan, taburi dengan sedikit tepung ketan, cetak adonan yang sudah dibuat tadi sambil ditekan-tekan agar bentuknya menjadi jelas.
  7. Ketok cetakan sampai adonan keluar, kemudian alasi dengan daun pisang dan kukus selama kurang lebih 15 menit. Setelah matang angkat dan dinginkan.
  8. Kue Ku Ketan siap disajikan.

Nah, itu dia resep untuk membuat kue ku ketan yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Kamu bisa berkreasi dengan membuat isian yang berbeda, seperti bermacam bakpia yang saat ini ada. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply