Cara Membuat Kue Bawang Gurih nan Renyah

Buat kamu yang sering membaca blog masfikr.com ini, tentu isinya macam-macam, tapi paling banyak tetep resep atau cara membuat makanan sih. Yah, emang dasarnya suka makan dan suka belajar masak sih ya.

Pada kesempatan kali ini, setelah kita mencoba membuat berbagai macam menu makanan yang rasanya manis-manis, sekarang saatnya kita mencoba resep kue dengan rasa gurih. Selain untuk variasi masakan kita, biar lidah nggak bosen juga sih sama yang manis-manis. Apalagi kamu juga udah manis tuh 🙂

Kue gurih yang akan kita buat kali ini adalah kue bawang. Dari namanya, tentu kita berpikir kalau kue ini terbuat dari bawang, padahal, memang iya, hehe. Kue bawang menggunakan bawang merah dan putih sebagai salah satu bahannya.

Kue bawang biasanya dijadikan sebagai hidangan saat lebaran, temennya nastar ataupun kastengel. Tapi, tetep aja kue bawang kalah pamor sama kedua kue tersebut. Kebanyakan ambil nastar, kalau nggak ambil angpau dulu deh.

Walaupun sering nggak kelihatan, kue bawang tetap memiliki rasa yang enak. Gurih dan renyah menjadi khas dari kue ini, ditambah dengan rasa khas dari bawang putihnya.

Langsung aja yuk kita lihat resepnya, terus langsung menuju dapur untuk membuatnya.

1. Resep Kue Bawang Gurih

Cara Membuat Kue Bawang Renyah

infomasakan.com

Bahan Kue Bawang Gurih

  • 500 gram tepung terigu
  • 100 gram tepung kanji
  • 100 gram ebi
  • 100 ml santan
  • 1 butir telur ayam
  • 10 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 batang seledri
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Bawang Gurih

  1. Haluskan terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, ebi, seledri, dan garam.
  2. Siapkan wadah yang cukup besar, masukkan bumbu yang dihaluskan tadi, bersama dengan santan dan telur. Aduk sampai semua tercampur rata.
  3. Tambahkan tepung terigu dan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai adonan tercampur rata dan mudah untuk dibentuk.
  4. Ambil sebagian adonan, kemudian giling sampai bentuknya tipis dan lebar.
  5. Potong lembaran adonan tadi menjadi berbentuk stik.
  6. Panaskan minyak, goreng adonan yang sudah dipotong panjang tipis sampai berwarna kuning kecoklatan.
  7. Kue bawang gurih siap disajikan dan disimpan buat lebaran 🙂

2. Resep Kue Bawang Renyah

Cara Membuat Kue Bawang Gurih

bundamashka.wordpress.com

Bahan Kue Bawang Renyah

  • 200 gram tepung terigu protein sedang
  • 20 gram tepung kanji atau tepung tapioka
  • 100 gram bawang merah yang sudah dihaluskan kasar
  • 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • 30 gram margarin
  • 2 sendok makan seledri yang sudah dicincang kasar
  • 1 butir telur ayam yang sudah dikocok lepas
  • 1 bungkus kaldu ayam bubuk
  • 2 sendok makan air es
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kue Bawang Renyah

  1. Semua bahan yang sudah disiapkan campurkan menjadi satu kecuali minyak goreng. Uleni semua bahan sampai menjadi adonan yang mudah dibentuk.
  2. Giling adonan sampai bentuknya tipis, jika punya, kamu bisa menggunakan gilingan untuk membuat mie agar lebih mudah.
  3. Setelah adonan menjadi tipis, potong adonan memanjang.
  4. Goreng adonan yang sudah dipotong sampai matang dan berwarna kecoklatan.
  5. Kue bawang renyah sudah bisa kamu hidangkan 🙂

Kue bawang yang sudah kamu buat, bisa dimasukkan ke dalam toples dan disimpan lho. Jadi bisa sekalian buat yang banyak, jadi kalau kepengen makan, tinggal keluarkan kue bawang simpanan yang ada di dalam toples. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply