Cara Membuat Kopi Enak dengan Berbagai Metode yang Berbeda

Kopi, salah satu minuman yang memiliki banyak penggemar, mulai dari anak muda sampai orang tua, dari yang menikmatinya tanpa gula, sampai ada yang ditambah susu atau madu. Semua menjadi penggemar kopi dengan segala keunikan dan cita rasa kopi khas dari beberapa daerah di Indonesia.

Kalau ngomongin kopi khas dari daerah di Indonesia, pastilah nggak ada habisnya. Hampir di tiap pulau di negeri ini mempunyai beberapa macam jenis kopi. Rasa yang dihasilkan pun berbeda-beda, walaupun jenis kopi yang ditanam sama, tapi karena daerah penanamannya berbeda, maka akan menghasilkan rasa yang berbeda pula.

Selain daerah penanaman kopi dan juga jenis kopinya, ada hal lain yang memengaruhi rasa dan aroma dari kopi ketika dibuat menjadi sebuah minuman. Faktor yang berpengaruh adalah cara dalam kita membuat kopi.

Tentu kalau kamu di rumah, pasti akan membuat kopi dengan cara diseduh biasa. Tinggal ambil kopi bubuknya, kemudian tuang air panas, langsung deh diminum. Padahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam membuat kopi, dan tentu itu membutuhkan peralatan masing-masing.

Tapi tenang saja, sekarang kita akan membahas bagaimana membuat kopi yang enak seperti di warung kopi. Berikut ini kita akan membahas terlebih dahulu apa saja yang perlu disiapkan.

Biji Kopi

Biji kopi

k9866.com

Sebelum membuat minuman kopi, tentu kita membutuhkan biji kopi terlebih dahulu. Pemilihan biji kopi ini penting, selain untuk memilih jenis kopi apa yang diinginkan, kualitas biji yang baik juga akan berpengaruh pada hasil kopi yang kita buat nanti.

Disarankan untuk tidak menggunakan kopi bubuk atau kopi instan yang biasanya dijual di warung-warung. Hal ini karena kopi bubuk yang biasa dijual di warung-warung nggak memiliki karakteristik dan citarasa kopi. Selain itu, bubuk kopi itu mudah menyerap bau, jika kita terlalu lama menyimpan bubuk kopi, maka kualitasnya akan menurun.

Sebaiknya kamu membeli saja biji kopi, biasanya kedai atau warung kopi yang ada di kotamu menyediakannya. Bahkan, kalau bisa, kamu minta langsung barista di kedai kopi untuk menyangrai biji kopi mentahnya di hadapanmu. Cuma buat memastikan aja sih, kalau kopi yang kamu dapatkan benar-benar kopi yang masih baru disangrai.

Memilih Biji Kopi

Sebelum memilih akan membeli biji kopi yang seperti apa, sangat disarankan untuk menikmati berbagai jenis kopi dari single origin yang ada. Karena tiap kopi memiliki karakteristik rasanya masing-masing. Ada kopi yang memiliki rasa manis bawaan, yang biasanya dikenal dengan “catatan rasa”.

Tapi, ada juga kopi dengan karakteristik sweetness, herbal, fruity, flowery, dan karakteristik lainnya. Nggak melulu pahit dan earthy saja. Kalau kamu ingin memilih kopi yang nggak pahit, pilih saja kopi-kopi dengan after taste seperti yang sudah disebutkan tersebut.

Selain itu, sebelum kamu memilih biji kopi yang ingin dibeli, lebih baik baca atau tanyakan dulu roast profile-nya. Kamu bisa memilih kopi pada level light atau at least light to medium. Jika levelnya sudah dark atau Italian roast, rasa kopinya pastilah pahit sekali. Selain itu, penggunaan air dengan suhu tinggi dan level gilingan yang fine juga dapat memengaruhi rasa pahit dari kopi.

Grinder Kopi

Grinder atau Penggiling Kopi

bukalapak.com

Setelah dapat biji kopi, tentu kamu membutuhkan grinder atau alat untuk menggiling biji tersebut. Alat ini menjadi hal yang penting, karena kamu tentu nggak akan membuat kopi langsung dari bijinya kan?

Sebenernya, kalau kamu nggak punya grinder khusus buat kopi, bisa kok mengunakan blender kering yang biasanya digunakan untuk menghaluskan bahan kering. Itu lho, yang wadahnya lebih kecil dari pada blender yang biasa digunakan untuk membuat jus. Tapi pastikan sebelum digunakan blendernya bebas dari aroma dari bahan lain ya.

Cara Membuat Kopi

Setelah kamu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, saatnya mencari tahu metode menyeduh kopi. Dalam menggunakan metode ini, kamu juga masih memerlukan alat yang berbeda ya untuk tiap cara yang digunakan.

1. French Press

French Press

pinterest.com

Metode yang pertama adalah French press, cara ini menggunakan alat yang cukup sederhana dan mudah memakainya, sehingga menjadi favorit untuk menyeduh kopi. Harga dari alat yang digunakan ini pun nggak begitu mahal, kamu cukup mengeluarkan sekitar 100-200 ribu untuk dapat memiliki alat ini.

Menggunakannya pun nggak begitu sulit kok, kamu cukup memasukkan bubuk kopi ke dalam teko. Kemudian tinggal tuang air panas yang suhunya sekitar 90 derajat celsius. Atau bisa juga menggunakan air mendidih yang sebelumnya sudah didiamkan selama satu menit.

Saat menuangkan air panas, pastikan kamu menuangnya dengan posisi yang agak tinggi dari French press. Hal ini dimaksudkan agar terbentuk gelembung yang akan menghasilkan gelembung dan membuat aroma kopi menjadi lebih nikmat.

Setelah air dituangkan, aduk kopi sampai rata, dan semakin lama kamu mengaduknya, maka aroma dan rasa kopi menjadi lebih menyatu. Baru kemudian langkah terakhir adalah menekan kopi memakai tutup French press dengan pelan-pelan. Lalu tinggal kamu tuang kopi ke dalam cangkir.

2. Vietnam Drip

Vietnam Drip

reviewapaaja.com

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba selain French Press adalah Vietnam drip. Dinamai demikian karena memang asalnya adalah dari Vietnam, negara tetangga kita. Vietnam drip menggunakan alat yang harganya cukup murah, masih bisa dijangkau lah buat kamu yang memang pecinta kopi.

Penggunaan alat ini tidak memerlukan perkiraan waktu yang tepat lho, tidak seperti French press. Kamu cukup menuangkan kopi bubuk ke dalam alat Vietnam drip, setelah itu ratakan kopi sambil ditekan menggunakan saringan bawaan dari alat ini.

Kemudian, kamu tinggal menuangkan air panas dan biarkan ekstrak kopi menetes perlahan ke dalam cangkir yang diletakkan di bawahnya. Biasanya, kalau menggunakan alat ini, di dasar cangkir sudah diberi susu kental manis, jadi kamu bisa mengaduknya terlebih dahulu.

3. Filter Method

Filtered Coffee

gahwaanget.blogspot.co.id

Filter method juga bisa disebut Drip method, metode ini cukup populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain caranya sederhana, metode ini juga efisien.

Menggunakan metode ini sangat mudah dilakukan, cukup ambil kopi bubuk, kemudian diletakkan pada kertas saring yang sudah disiapkan di atas bejana kopi. Lalu air panas dituang di atas kopi bubuk, kemudian kopi diseduh dengan memanaskan bejana, dan kopi siap untuk dinikmati.

4. Turkish Coffee

Turkish Coffee

wikipedia.org

Turkish coffee juga bisa disebut sebagai Arab method, dan metode ini merupakan asal pembuatan kopi untuk pertama kalinya. Kalau kamu menggunakan metode ini, kopi yang dihasilkan bisa sangat pekat. Cocok banget buat kamu yang suka kopi dengan rasa dan aroma yang kuat.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggiling biji kopi secara manual. Kamu bisa menggunakan lesun dan alu, atau bisa juga dengan menggunakan grinder untuk biji kopi. Setelah itu, bubuk kopi diletakkan ke dalam sebuah wadah khusus (ibrik) bersama dengan gula dan air. Campuran kopi, gula, dan air kemudian diaduk lalu didihkan sampai tiga kali, kopi siap untuk disajikan.

Nah, itu dia beberapa cara membuat kopi yang nikmat dan sedap. Ada cara yang bisa kamu coba sendiri di rumah, tentu dengan membeli alatnya terlebih dahulu. Tapi ada juga yang lebih baik kamu datang ke warung kopi karena pasti membutuhkan alat dan cara yang tidak mudah. Selamat menikmati secangkir kopi 🙂

Leave a Reply