Cara Membuat Kimbab Korea Halal Ala Indonesia

Apakah kamu tahu apa itu kimbab? Kimbab adalah salah satu makanan khas Korea Selatan yang bentuknya terlihat seperti sushi dari Jepang. Jadi, makanan dari Korea itu bukan cuma kimchi atau bulgogi saja ya. Masih banyak makanan khas yang ternyata juga lumayan terkenal di Indonesia.

Kimbab ini sama-sama menggunakan nasi sebagai salah satu bahan pembuatannya. Bagian tengahnya pun juga ada isiannya dan di luarnya juga menggunakan nori atau rumput laut kering sebagai pembungkusnya. Dengan penampakan yang seperti itu, mungkin ada orang yang tidak bisa membedakan antara sushi dengan kimbab.

Tetapi, ternyata ada perbedaan yang bisa kamu ketahui walaupun hanya dengan melihatnya saja. Potongan dari kimbab biasanya lebih tipis dari pada sushi. Selain itu, ukuran gulungan kimbab lebih lebar dari pada sushi.

Sedangkan untuk isiannya, kalau biasanya sushi menggunakan bahan-bahan seperti ikan salmon, daging kepiting, atau alpukat, kimbab sedikit berbeda. Isian kimbab biasanya menggunakan sayuran seperti wortel dan lobak.

Setelah tahu apa saja bahan yang biasanya digunakan untuk membuat kimbab, sekarang tentu kamu tahu apa itu kimbab. Yah, walaupun di awal udah dijelasin sih, tapi kita perdalam lagi pembahasan mengenai kimbab ini. Kimbab merupakan makanan berbahan dasar nasi yang digulung dengan berbagai macam isian dan dibungkus menggunakan nori atau rumput laut kering.

Buat kamu yang jarang nonton film atau drama korea, tentu jarang ketemu sama makanan yang namanya kimbab ini. Tapi ketika kamu nonton drama Korea atau mungkin variety show Korea, kadang kamu bisa melihat makanan ini muncul di dalam sebuah sesi.

Kalau kamu pengen ngrasain kimbab dan nggak pengen ribet, langsung saja menuju restoran Korea terdekat yang ada di kota kamu. Tapi, kalau buget pas-pasan dan masih pengen merasakan gimana rasa dari kimbab ini, gimana kalau kita bikin sendiri saja?

Nggak usah yang sulit-sulit dulu kok bikinnya, dari yang sederhana dan mudah, nanti kalau ternyata enak, bisa bikin yang lebih sulit lagi.

Resep Kimbab Halal

Kimbab Korea Halal

astridxaviere.wordpress.com

Pertama yang harus kamu lakukan tentu saja menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Bahan Kimbab Halal

  • 2 mangkuk nasi putih pulen
  • 1 butir telur yang sudah dimasak menjadi telur dadar dan diiris tipis
  • 60 gram bayam yang sudah direbus sebentar dan diberi garam, tiriskan
  • 50 gram daging sapi yang sudah dimasak dan dipotong bentuk korek api
  • 50 gram wortel yang sudah dibersihkan dan dipotong memanjang
  • 50 gram danmuji atau asinan lobak yang sudah dipotong bentuk korek api
  • 4 lembar nori atau rumput laut kering bentuk segi empat ukuran besar
  • 1/2 sendok makan cuka dan minyak wijen

Cara Membuat Kimbab Halal

  1. Pertama campurkan dulu nasi bersama dengan cuka, minyak wijen, dan gara, lalu sisihkan.
  2. Tumis sebentar wortel sampai matang.
  3. Ambil rumput laut, lalu ambil nasi dan ratakan di atas rumput laut.
  4. Letakkan isian berupa wortel tumis, daging, danmuji, telur, dan bayam di atas nasi. Jangan lupa atur dengan rapi.
  5. Kemudian gulung bersama dengan isiannya, jangan sampai hancur ya.
  6. Setelah tergulung dengan rapi, lalu potong dari bagian tengah terlebih dahulu.
  7. Kimbab halal siap disajikan.

Nah, resep di atas tergolong cukup mudah, yang penting gunakan bahan yang sudah matang agar lebih mudah dalam membuat kimbab ini.

Resep Kimbab Korea

Resep Kimbab Halal

lutphienurulworld.blogspot.co.id

Seperti sebelumnya, siapkan terlebih dahulu bahan yang dibutuhkan.

Bahan Kimbab Korea

  • Nasi pulen yang masih hangat secukupnya
  • 2 butir telur ayam
  • 3 buah sosis yang sudah dipotong menjadi empat
  • 5 lembar nori atau rumput laut kering dengan ukuran besar

Bahan Tumis Kimbab Korea

  • 100 gram kol yang sudah diiris tipis
  • 2 siung bawang putih yang sudah dicincang
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Wortel yang sudah diiris memanjang secukupnya
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kimbab Korea

  1. Goreng terlebih dahulu telur dan buat menjadi telur dadar sampai matang. Potong memanjang dan sisihkan.
  2. Goreng sosis sampai matang dan sisihkan.
  3. Tumis bawang putih, setelah tercium bau wangi, masukkan kol dan wortel, masak sampai agak layu.
  4. Tambahkan saur tiram dan garam, masak kembali sampai matang, lalu sisihkan.
  5. Siapkan satu lembar nori, ambil nasi dan ratakan di atas nori.
  6. Susun telur, sosis, dan sayur tumis di atas nasi.
  7. Kemudian gulung dan padatkan, lalu potong dengan ukuran yang sama.
  8. Kimbab Korea siap disajikan.

Kamu bisa menikmati kimbab ini bersama dengan saus atau kecap. Jangan lupa bagi juga ke teman-teman kamu lho ya.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply