Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan Bekas tapi Hasilnya Berkelas

Sudah menjadi hal yang umum jika orang yang kreatif itu bisa menghasilkan berbagai macam kerajinan tangan yang menarik. Kreativitasnya mampu membuat barang yang awalnya tidak dilirik menjadi sebuah produk dengan nilai seni dan ada peningkatan harga untuk dijadikan barang jualan.

Salah satu bahan yang bisa diolah menjadi sebuah kerajinan tangan adalah sedotan plastik. Ada banyak karya yang bisa dibuat menggunakan sedotan ini, mulai dari bunga dari sedotan, taplak, sampai hiasan dinding. Semua dibuat dari sedotan dengan sentuhan kreativitas si pembuatnya.

Kamu tentu tahu kan kalau sedotan yang biasanya dipakai di warung itu hanya sekali saja digunakan? Nggak mungkin kan pihak warung menggunakan sedotan bekas untuk konsumen berikutnya.

Dengan hanya sekali digunakan, tentu akan menghasilkan sampah sedotan yang cukup banyak dari satu warung makan saja. Kebayang kan, cuma dari satu warung saja udah banyak, apalagi kalau sedotannya dikumpulkan dari seluruh warung yang ada di satu kota, pasti bakalan menumpuk tuh sampah sedotannya.

Oleh karena itu, kita perlu berinisiatif mengolah sampah sedotan ini menjadi sebuah kerajinan tangan. Selain menghasilkan sebuah produk yang memiliki nilai jual, karya yang dibuat setidaknya dapat membantu mengurangi sampah sedotan yang ada. Kita dapat membantu menyelamatkan bumi ini dengan kreativitas yang dipunyai.

Nah, biar kamu tambah semangat, udah banyak kok pengrajin karya seni yang menjadikan sedotan sebagai salah satu produknya. Hal ini tentu dapat menjadi peluang bisnis yang cukup menarik untuk dijalankan. Selain menjaga lingkungan, kantong pun juga akan terisi.

Belajar Berkarya

Sebelum membuat sebuah kerajinan tangan, alangkah baiknya jika kita mempelajari terlebih dahulu tentang kerajinan yang akan dibuat. Pertama, lihat dulu kreasi yang sudah ada sebelumnya untuk dijadikan referensi. Setelah sudah banyak dapat ide, barulah kita latihan membuat satu atau dua kerajinan tersebut.

Pelajari juga karakteristik bahan yang akan menjadi salah satu bagian penting dalam berkarya. Kamu harus tahu bagaimana karakteristik dari sedotan itu. Sedotan memiliki karakteristik yang mudah dibentuk, kaku, tidak mudah sobek, dan karakter lainnya. Tinggal kamu gali aja menurut keadaan alaminya, biar nanti ketika membuat karya akan lebih enak.

Pelajari juga cara membuat kerajinan tangan yang seperti apa. Kan ada banyak cara tuh, bisa dengan menganyam, menjahit, memotong, menggunting, merekatkan, dan lain sebagainya. Kalau kamu tahu banyak cara, maka kerajinan yang dibuat pastilah akan lebih bervariasi lagi.

Bunga dari Sedotan

Kali ini kita akan mencoba membuat bunga dari sedotan. Sebelum mulai membuat, kita siapkan dulu bahan dan alat yang dibutuhkan ya.

  • Sedotan plastik warna-warni, kalau bisa yang bekas aja ya
  • Putik dan kelopak imitasi dari plastik
  • Kawat, pakai yang kecil aja, biar mudah ditekuk
  • Kertas krep atau kertas pita berbagai warna
  • Silet, kater, atau pisau kecil
  • Vas bunga atau botol plastik
  • Jarum dan benang jahit
  • Lilin serta korek api
  • Double tape
  • Kunci bekas
  • Lem tembak
  • Tang

Alat dan bahan di atas yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Sebenarnya alat dan bahan yang dibutuhkan itu tergantung kerajinan apa yang akan dibuat. Tapi biar enak, sekalian aja siapkan semua yang dibutuhkan, jika sewaktu-waktu ingin membuat kerajinan yang lain, bahannya sudah siap.

1. Bunga Teratai dari Sedotan

Bunga Terati dari Sedotan

www-kerajnan-info.blogspot.com

Bunga yang akan kita buat saat ini adalah bunga teratai, kalau kamu sudah menyiapkan alat dan bahan, saatnya untuk membuatnya.

  1. Untuk satu tangkai bunga teratai, kira-kira membutuhkan sedotan sebanyak 12 batang. Tiap batang sedotan kemudian dipotong menjadi 4 bagian.
  2. Setelah sedotan dibagi menjadi empat, potong 2/3 bagian sisi sedotan.
  3. Lalu bentuk kelopak bunga teratai dengan menggunting sisi sedotan yang dipotong tadi secara melengkung dan membuat ujungnya lancip.
  4. Buka potongan sedotan yang sudah dibentuk tadi, kemudian lipat mengikuti garis sedotan yang ada. Lalu lipat balik pada bagian pangkalnya, cukup sedikit saja ya.
  5. Kemudian tusuk bagian sedotan yang tidak dipotong dan dibentuk atau pangkal sedotan menggunakan jarum. Lalu masukkan kawat ke dalam lubang yang dibuat menggunakan jarum.
  6. Setelah itu, ulangi sampai semua sedotan dirangkai menjadi satu.
  7. Agar kelopak bunga tidak berhamburan, ikat kawat dengan menyatukan antara ujung kawat yang satu dengan lainnya.
  8. Agar hasilnya tampak cantik, tambahkan putih bunga dari plastik dan kelopak plastik.
  9. Bunga teratai dari sedotan sudah jadi deh.

2. Bunga Lili dari Sedotan

Selain bunga teratai, kamu juga bisa membuat bunga lili lho. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini saja.

  1. Siapkan sedotan pipih dan bagi menjadi 3 bagian.
  2. Gunting sisi sedotan tadi pada 2/3 bagiannya, lalu bentuk menjadi mirip kelopak bunga.
  3. Serut sedotan menggunakan kunci bekas supaya bentuknya agak melengkung di bagian ujungnya.
  4. Tempelkan double tape pada bagian bawah sedotan, bagian yang tidak dipotong 2/3 tadi.
  5. Susun kelopak yang sudah dibuat menjadi berbentuk seperti kipas.
  6. Lalu bentuk supaya menyerupai corong, pada bagian bawah kecil, sedangkan atasnya lebar.
  7. Tempelkan lagi double tape di bagian bawah bunga.
  8. Setelah itu tempelkan putik plastik bunga lili melalui bagian bawah.
  9. Jangan lupa tambahkan tangkai untuk mempermanis bunga lili nya.
  10. Sudah jadi deh bunga lili dari sedotan.

Taplak dari Sedotan

Taplak meja dari sedotan

pasarsampah.wordpress.com

Selain bunga, kamu juga bisa lho membuat taplak meja dari bahan sedotan bekas. Pertama, siapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan bahan

  • Gunting
  • Jarum
  • Sedotan
  • Benang wool

Cara membuat

  1. Potong terlebih dahulu sedotan dengan panjang 1-2 cm.
  2. Lalu masukkan benang wool ke dalam jarum, sama seperti kalau kita ingin menjahit.
  3. Setelah itu, ambil tiga buah sedotan yang sudah dipotong dan masukan jarum ke dalam lubang sedotan, lalu dorong sampai ujung benang wool.
  4. Kemudian buat bentuk segitiga dari sedotan tersebut. Masukkan jarum pada sedotan pertama, lalu masukkan lagi dua sedotan yang baru menggunakan jarum dari tempat keluarnya benang yang pertama.
  5. Lakukan terus langkah di atas sampai bentuknya menjadi segi enam.
  6. Jika kamu sudah mendapatkan bentuk segi enam, lakukan kembali langkah sebelumnya sampai terbentuk banyak segi enam dan nantinya akan menjadi sebuah lingkaran.
  7. Kamu bisa menggunakan warna yang berbeda untuk tiap segi enam yang dibuat. Agar nantinya hasil taplak jadi makin menarik.

Gimana? Cukup mudah kan membuat sebuah kerajinan tangan dari bahan yang sering kita temui ini. Kamu juga bisa kok membuat kreasi berbagai macam bunga, atau mungkin hewan dari bahan lain yang mudah dibentuk seperti kertas, botol, atau mungkin dedaunan kering. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply