Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Beras kencur merupakan salah satu jamu yang khas dari Indonesia, minuman tradisional gitu. Nah, paling enak minum jamu yang satu ini kalau ditambah es batu. Minumnya pas siang-siang waktu cuacanya sedang panas.

Nah, minum jamu beras kencur ini punya banyak khasiat untuk tubuh lho. Bukan cuma menghilangkan haus saja setelah diminum, tapi kamu juga akan tambah semangat dan kondisi badan kamu lebih segar.

Selain membuat semangat, beras kencur juga akan menambah stamina kamu. Untuk kamu yang perempuan, beras kencur cocok untuk menjaga kecantikan. Bahkan, mengonsumsi jamu ini juga sangat baik bagi ibu yang sedang menyusui.

Jamur Beras Kencur

cara.media

Walaupun jamu memiliki banyak manfaat dan khasiat, kamu perlu hati-hati ketika membeli jamu di luar. Ada pedagang yang membuat beras kencur tidak murni. Mereka menggunakan ekstrak kencur saja, sehingga manfaatnya kurang terasa.

Bahkan ada yang dicampur dengan tepung dan hal ini kerap terjadi di kota-kota besar. Kalau kamu masih tinggal di desa yang masih jauh dari kota. Kebanyakan pedagang jamu masih menggunakan bahan-bahan murni, jadi masih tetap berkhasiat.

Kalau kamu nggak yakin dengan jamu yang dijual oleh pedagang, mending bikin sendiri aja jamu beras kencurnya. Selain lebih bersih, kamu juga bisa memilih bahan-bahan yang berkualitas baik.

Berikut ini adalah cara membuat beras kencur yang bisa kamu coba di rumah. Pastikan gunakan bahan yang berkualitas baik dan peralatan yang bersih ya.

Bahan Beras Kencur

  • 200 gram beras putih yang tidak beraroma wangi
  • 6 jari kencur berukuran besar
  • 2 jari kunyit berukuran sedang
  • 2 sdm asam Jawa
  • 250 gram gula Jawa
  • 2 jari jahe lokal berukuran besar
  • 2 lembar daun pandan
  • 2 buah jeruk nipis yang diambil airnya saja
  • Garam Secukupnya
  • Air secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara Membuat Beras Kencur

  1. Cuci kencur, kunyit, jahe dan daun pandan sampai bersih, sisihkan.
  2. Rendam beras selama 3 jam.
  3. Rebus enam gelas air, masukkan jahe, kunyit, daun pandan, asam Jawa dan Gula jawa. Aduk sampai semua bahan tercampur sempurna dan air mendidih.
  4. Setelah mendidih, matikan api kemudian saring supaya ampas tidak ikut tercampur dengan air.
  5. Ampas yang sudah terpisah kemudian ditumbuk ampai halus. Tambahkan beras yang sudah direndam dan kencur, tumbuk lagi sampai benar-benar halus.
  6. Ampas yang sudah halus diletakkan di atas saringan. Siram dengan menggunakan air rebusan, lalu peras ampas agar sari-sarinya keluar semua.
  7. Tambahkan air jeruk nipis ke dalam air yang sudah diperas, jangan lupa sedikit garam.
  8. Cicipi sedikit, kalau kurang manis bisa kamu tambahi gula pasir.
  9. Jamu beras kencur siap disajikan.

Gimana? Gampang kan membuatnya? Kamu pasti bisa membuat jamu beras kencur sendiri di rumah. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply