Cara Membuat Infused Water untuk Menurunkan Berat Badan Kamu

Resep Infused Water – Apakah kamu tahu apakah itu infused water? Infused water adalah minuman segar yang dibuat dari air putih dan ditambahkan potongan buah-buahan atau rempah-rempah ke dalamnya, lalu didiamkan selama beberapa jam sampai sari yang ada di dalam buah keluar sehingga air putih memiliki rasa seperti buah-buahan ataupun rempah yang digunakan.

Rasa air putih yang awalnya tawar akan menjadi lebih segar dengan sedikit rasa buah-buahan ataupun rempah. Selain itu, vitamin yang ada di dalam buah juga akan bercampur ke dalam air putihnya lho. Ini nih salah satu cara menikmati buah yang berbeda.

Cara membuat infused water tidaklah sulit karena menggunakan bahan alami dan juga air putih saja. Dan untuk sekarang ini, trend mengonsumsi infused water sudah mulai meningkat dan populer. Konon, dengan mengonsumsi infused water ini juga akan dapat menurunkan berat badan lho.

Infused water dijadikan salah satu cara untuk menurunkan berat badan karena memiliki banyak nilai gizi dan vitamin di dalamnya yag berasal dar buah-buahan. Minuman segar ini juga sangat baik untuk memperlancar metabolisme tubuh sehingga dapat berpengaruh pada menurunnya berat badan.

Manfaat Infused Water untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Membuat Infused Water Mudah

kamasitala.blogspot.co.id

Selain dikonsumsi karena manfaatnya yang dapat menurunkan berat badan, masih ada beberapa manfaat lain yang bisa kamu rasakan jika merutinkan minum infused water.

1. Manfaat Infused Water untuk Melancarkan Metabolisme Tubuh

Infused water dapat memberikan manfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh jika kita rajin mengonsumsinya. Manfaat ini hampir sama seperti jika kita mengonsumsi air putih atau air mineral. Dengan meningkatnya metabolisme tubuh, maka tubuh akan menjadi lebih sehat, kita dapat beraktivitas dengan lancar dan semangat.

2. Manfaat Infused Water untuk Menyegarkan Tubuh

Jika kamu bosan mengonsumsi air mineral yang rasanya hambar, coba konsumsi air yang satu ini. Kamu akan merasakan kesegaran yang lebih jika dibandingkan hanya mengonsumsi air mineral biasa.

Rasa dari infused water ini memiliki kombinasi rasa manis, asam, dan juga segar. Dan rasa dari infused water ini dapat membantu kita untuk menjadi segar kembali.

3. Manfaat Infused Water untuk Asupan Antioksidan

Buah-buahan yang digunakan untuk membuat infused water memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, salah satunya adalah antioksidan. Antioksidan bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang ada di sekitar kita.

4. Manfaat Infused Water untuk Detoksifikasi

Detoksifikasi adalah pengeluaran racun yang ada di dalam tubuh. Salah satu manfaat dari infused water adalah melakukan detoksifikasi. Dengan detoksifikasi, tentu tubuh akan jauh lebih sehat karena racun-racunnya dikeluarkan.

5. Manfaat Infused Water untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di dalam buah yang digunakan untuk membuat infused water terdapat beberapa vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung biasanya adalah vitamin C, vitamin ini sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh kita.

6. Manfaat Infused Water untuk Penggangti Ion Tubuh

Setelah kita beraktivitas seharian, tentu ion dalam tubuh akan berkurang dan kita butuh penggantinya. Untuk mengganti ion yang hilang, dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman yang mengandung elektrolit. Nah, ion untuk tubuh juga bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi infused water.

7. Manfaat Infused Water untuk Melancarkan Pencernaan

Buat kamu yang memiliki masalah pada pencernaan terutama susah buang air besar atau sembelit, coba deh minum infused water. Mengonsumsi infused water dapat membantu melancarkan pencernaan kamu lho, bahkan bisa juga mengurangi gangguan seperti mual, mulas, ataupun sakit perut.

8. Manfaat Infused Water untuk Menjaga Fokus

Kalau di iklan biar tetap fokus itu minum air mineral kemasan, kamu bisa menggantinya dengan infused water. Kondisi pikiran yang fokus dapat tetap terjaga ketika kamu beraktivitas sehari-hari.

9. Manfaat Infused Water untuk Kamu yang Tidak Suka Makan Buah

Di dunia ini, ternyata ada lho orang yang nggak suka makan buah-buahan, tetapi kalau minum jus masih mau. Nah, salah satu alternatif selain minum jus buah adalah infused water. Di dalam infused water juga terkandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

10. Memberikan Rasa Khas pada Air Mineral

Irisan buah-buahan yang dimasukkan ke dalam air mineral akan memberikan rasa khas yang menyegarkan. Cocok banget nih buat kamu yang nggak terlalu suka minum air mineral yang tawar. Selain rasanya yang khas, infused water juga tidak menggunakan tambahan gula pasir, sehingga aman untuk penderita diabetes.

11. Manfaat Infused Water Sebagai Anti Penuaan Dini

Konsumsi infused water yang terbuat dari buah-buahan seperti delima dan blackberry ternyata juga mampu untuk mencegah penuaan dini lho.

Infused Water

kemanaarahnya.blogspot.co.id

Setelah mengetahui banyak manfaat infused water, sekarang kita akan mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Cara Membuat Infused Water

Sebelum membuat infused water, kita harus terlebih dahulu meyiapkan buah, sayuran, rempah, atau bahan lainnya. Setelah bahan siap, kemudian cuci bahan tersebut sampai bersih menggunakan air yang mengalir. Jika sudah bersih, potong-potong buahnya, ingat ya, jangan sampai terbalik urutannya.

Jika menggunakan buah yang ukurannya besar seperti mangga, apel, atau semangka, kamu dapat memotongnya berbentuk kotak dengan ukuran 1 cm, atau bisa juga dipotong tipis melebar. Kalau buah yang kamu gunakan adalah lemon, jeruk, dan sebangsanya, cukup potong tipis melintang.

Kalau buah yang digunakan berukuran kecil, contohnya seperti stroberi atau anggur, cukup potong menjadi dua atau tiga bagian. Potong sesuai selera saja, yang penting jangan dibiarkan utuh ketika kamu memasukkannya ke dalam air nanti.

Baru deh, setelah bahan siap semua, tuang 500 ml air matang ke dalam wadah atau botol kecil. Setelah itu, masukkan buah, sayur, atau rempah yang sudah dicuci bersih dan dipotong, lalu tutup wadah dengan rapat. Ingat, jangan tambahkan susu, gula, sirup, atau bahan perasa sejenis ya.

Selanjutnya, masukkan ke dalam kulkas dan diamkan selama 2 jam, agar sari di dalam buah larut ke dalam air. Setelah 2 jam, kamu sudah bisa menikmati infused water buatan sendiri deh.

Mudah bukan langkah-langkah membuatnya? Sekarang kita akan cari tahu kombinasi buah-buahan apa saja agar mendapatkan hasil yang optimal untuk menurunkan berat badan.

Memotong Lemon untuk membuat infused water

kabaarterkini.wordpress.com

1. Stroberi + Jeruk

Perpaduan antara stroberi dengan jeruk akan memberikan rasa yang segar, tambahkan juga daun mint untuk membuat rasanya tidak terlalu asam. Jika tidak ada jeruk buah, kamu bisa menggantinya dengan lemon.

2. Mentimun + Jeruk Keprok + Stroberi

Jeruk keprok dan stroberi memiliki rasa yang asam, jika kamu tidak begitu suka asam, kamu bisa mengurangi porsi jeruk keprok dan stroberi-nya, serta menambah mentimun.

3. Apel + 2 Potong Kayu Manis

Perpaduan antara apel dan kayu manis ini cocok untuk kamu yang nggak begitu suka asam tetapi suka rempah-rempah.

4. Mangga + Jahe

Potong mangga dan sisir jahe tipis, atau kamu bisa memotong jahe kecil-kecil.

5. Mangga + Jeruk Nipis

Satu buah mangga dan dua buah jeruk nipis yang dipotong kecil ditambah beberapa lembar daun mint.

Itu dia beberapa perpaduan buah-buahan dan juga rempah yang bisa kamu jadikan infused water. Kamu bisa juga mencoba memadukan berbagai macam buah-buahan agar mendapatkan rasa yang sesuai dengan selera. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply