Cara Membuat Geplak, Makanan Manis Khas Bantul Jogja

Geplak adalah salah satu makanan khas Jogja yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh. Makanan yang memiliki rasa manis ini berasal dari Kabupatan Bantul, sebelah selatan Kota Yogyakarta.

Jika kamu ke toko oleh-oleh, mungkin akan kamu lihat sebuah makanan yang memiliki bentuk bulat dengan beragam warna yang menarik. Nah, itu yang namanya geplak, bentuknya bulat dan warnanya bermacam-macam. Rasanya?

Tapi kenapa ya makanan ini biasanya dijadikan oleh-oleh? Pertama, tentu karena ini merupakan khas di Jogja, yang kedua karena makanan ini cukup awet, jadi kalaupun dibawa pulang ke kota asal, geplak ini masih tahan. Ketiga, rasa manis dari geplak tentu memiliki banyak penggemar, walaupun sekarang ini anak muda jarang yang suka sama jajanan ini.

Buat kamu yang ingin mencoba geplak, bisa lho datang ke Jogja, atau kalau kejauhan, di daerah sekitar Jogja bahkan Jawa Tengah juga sudah ada toko oleh-oleh yang menjual geplak. Tapi, kalau kamu masih kejauhan juga, kenapa nggak bikin sendiri aja?

Tentu kamu sudah tahu kan kalau bahan dasar dari geplak adalah kelapa? Nah, kalau sudah tahu, tinggal bahan lain dan cara membuatnya saja yang perlu dicari tahu. Berikut ini ada bahan yang dibutuhkan dan cara membuat geplak.

Resep Membuat Geplak

Geplak Jogja

flickr.com

Bahan Membuat Geplak

  • 750 gram tepung beras
  • 500 gram gula pasir
  • 1 gelas air yang sudah matang
  • 1 butir kelapa yang sudah diparut memanjang
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Geplak

  1. Sangrai tepung beras sampai kering, setelah itu tambahkan kelapa parut dan aduk sampai kedua bahan tersebut tercampur rata, lalu sisihkan.
  2. Rebus gula dan air sampai mendidih menggunakan tempat yang berbeda, aduk sampai gula larut semua kemudian angkat.
  3. Masukkan ke dalam campuran kelapa dan tepung beras, lalu aduk dengan cepat sampai semua bahan tercampur rata dan saling lengket serta mengental.
  4. Jika sudah yakin tercampur rata, matikan api dan mulai bentuk geplak.
  5. Ambil sedikit adonan, kemudian bentuk bulat yang besarnya seperti bola ping-pong.
  6. Sisihkan adonan yang sudah dibentuk dan diamkan sampai mengeras.
  7. Geplak siap disajikan.

Itu tadi cara membuat geplak yang sangat mudah dipraktikkan. Kamu juga bisa memberikan pewarna makanan saat memasak geplak agar tampilannya menjadi berwarna-warni. Atau bisa juga mencoba memberikan rasa lain seperti coklat atau storberi di tengah geplak. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply