Cara Membuat Foto Mozaik Menggunakan Adobe Photoshop

Apakah kamu pernah mendengar tentang foto mozaik? Itu lho, sebuah foto yang tersusun dari banyak foto di bagian belakangnya. Atau gampangnya, foto mozaik adalah sebuah kumpulan foto, yang tersusun dari banyak foto.

Foto yang awalnya biasa saja, akan tampak lebih menarik dengan memberikan efek mozaik ini. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat foto mozaik. Tapi kali ini kita akan menggunakan Photoshop untuk membuat foto mozaik.

Untuk membuat karya foto ini, yang kamu butuhkan pertama kali adalah laptop atau komputer yang sudah ada software Photoshop-nya. Kemudian foto yang akan dijadikan berbeda dengan memberikan efek mozaik. Lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat foto mozaik.

1. Siapkan Foto Sebanyak-banyaknya

Kamu harus menyediakan foto yang banyak terlebih dahulu, bisa dengan mencari foto gratis di internet atau foto yang pernah kamu abadikan sebelumnya. Foto yang banyak ini akan digunakan sebagai latar belakang dan satu foto yang akan dijadikan foto utama.

2. Membuat Dokumen untuk Pattern di Photoshop

membuat dokumen baru untuk foto mozaik

Membuat dokumen baru

Buka terlebih dahulu Photoshop yang ada di laptop atau komputer, setelah itu buat dokumen daru dengan memilih File>New. Di sini contoh akan menggunakan dokumen dengan width 1500 dan height 1500 pixels. Dokumen ini nantinya akan diisi dengan 64 foto, atau 8×8.

3. Membuat Guide Vertikal

Mmebuat guide vertikal untuk foto mozaik

Membuat Guide vertikal

Pembuatan guide ini dimaksudkan untuk memudahkan kita dalam menempatkan foto pada dokumen untuk pattern yang sebelumnya sudah kita buat. Caranya, pilih menu View>New Guide, pilih radio button Certical, lalu isikan Position 12,5%, setelah itu klik tombol OK. Nantinya akan terlihat garis guide vertikal.

7 guide vertikal untuk foto mozaik

Setelah membuat 7 guide vertikal

Setelah tercipta satu garis guide vertikal, ulangi langkah di atas dengan membuat garis lain sebanyak enam buah. Pada kolom position, isi dengan beberapa angka yang berbeda, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75%, dan 87,5%. Setelah semua dibuat, maka akan didapatkan tujuh garis vertikal pada dokumen.

4. Membuat Guide Horizontal

Membuat guide horizontal untuk foto mozaik

Membuat Guide horizontal

Kalau garis yang sebelumnya adalah vertikal, kali ini kita akan membuat garis yang horizontal. Caranya hampir sama seperti sebelumnya, pilih menu View>New Guide. Kemudian, pilih yang horizontal, dan buat tujuh garis seperti kita membuat guide vertikal. Isi posisinya dengan angka 12,5%, 25%, 37,5%, 50%, 62,5%, 75%, dan 87,5%.

Setelah membuat guide horizontal dan vertikal

7 Guide horizontal selesai dibuat

5. Memasukkan Foto Pertama

Memasukkan foto untuk foto mozaik

Tempatkan foto pada kotak paling kiri atas dan sesuaikan ukurannya

Untuk memasukkan foto dalam dokumen di Photoshop, pilihlah menu File>Place, cari lokasi foto yang akan dimasukkan, kemudian klik foto dan klik tombol place. Foto yang masuk nantinya berupa smart object. Untuk mengatur foto, tekan terlebih dahulu tombol Shift pada keyboard, baru kemudian atur fotonya dengan menahan titik pada pojok foto dan geser. Setelah itu tekan enter jika kamu merasa sudah selesai.

Menyeleksi foto untuk membuat foto mozaik

Menbuat seleksi mengikuti garis Guide yang telah dibuat

Setelah gambar tepat pada posisi kotak yang pertama, buatlah seleksi pada foto tersebut menggunakan Rectangular Marquee Tool, lalu tekan Ctrl+J pada keyboard. Akan terbentuk layer baru, setelah itu hapus smart object foto yang dimasukkan tadi.

Menghapus layer smart object untuk foto mozaik

Setelah di seleksi, tekan Ctrl+j, lalu hapus layer smart object

6. Mengulangi Langkah ke-5, Sampai Semua Kotak Terisi

Pattern foto mozaik

Dokumen pattern telah terisi foto untuk efek mozaik

Ulangi langkah pada nomor 5 tadi, sampai semua kotak terisi dengan foto.

7. Define Pattern Mozaik

Membuat paattern foto mozaik dengan perintah define pattern

Define pattern

Jika semua kotak sudah terisi, langkah yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuat pattern. Pilih menu Edit>Define Pattern. Di kolom Name isikan Mozaik, lali klik tombol OK. Nah, kamu sudah bisa menyimpan dan menutup dokumen yang dibuat tersebut.

8. Menambahkan Efek Mozaik pada Foto

Layer untuk pattern foto mozaik

Membuat layer baru dengan

Pilih foto mana yang akan kamu tambahkan efek mozaik, setelah itu pilih menu File>Open, lalu buka foto yang dipilih tadi. Buat layer baru dengan meng-klik tombol Create a new layer di bawah panel untuk layer. Pilih foto yang ukurannya besar ya, agar foto mozaiknya memiliki hasil yang lebih bagus.

9. Fill Foto dengan Pattern Mozaik

Memasukkan pattern foto mozaik

Pada layer 1, masukkan pattern foto mozaik yang telah dibuat

Setelah itu, klik pada Layer 1 untuk memastikan bahwa layer tersebut ayng akatif, lalu pilih menu Edit>Fill. Pada menu drop down Use, pilih Pattern. Lalu pada Custom Pattern, pilih pattern mozaik yang sudah kita buat sebelumnya. Setelah itu klik tombol OK.

10. Desaturate, Ubah Blend Mode dan Atur Opacity

mengubah jadi hitam putih dan mengatur blend mode dan opacity

Setelah desaturate, ubah blend mode dan opacity

Pertama, desaturate terlebih dahulu Layer 1 dengan memilih menu Image>Adjustments>Desaturate. Lalu ubah blend mode menjadi overlay dan atur opacity-nya jika memang terlihat masih ada yang kurang. Nah, membuat foto mozaik-nya sudah selesai deh.

Foto Mozaik sudah jadi :)

Foto Mozaik sudah jadi 🙂

Kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan banyak foto atau memperbesar ukuran dokumen pattern agar efek mozaik yang dihasilkan lebih bagus lagi. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply