Cara Membuat Gambar Doodle Art yang Menarik untuk Pemula

CARA MEMBUAT DOODLE ART – Membuat sebuah gambar doodle merupakan satu kebanggaan tersendiri buat seseorang. Nggak gampang lho bikin doodle art yang biasa kamu lihat.

Gambar yang abstrak, saling bertumpukan antara satu gambar dengan gambar yang lain, tingkat kerumitan yang tinggi, dan masih banyak lagi hal yang bikin menggambar doodle itu nggak mudah.

Tapi, kalau kata orang bijak itu “kalau kamu berlatih, maka akan bisa”. Ya, walaupun sesuatu itu sulit buat dilakukan, tapi kalau kita selalu berlatih dan berusaha, lama-lama juga biasa dan jadi bisa.

Buat kamu yang sudah suka menggambar, pasti bakalan seneng deh belajar membuat doodle art. Soalnya, menggambar itu merupakan salah satu aktivitas yang bisa membuat hati menjadi senang. Apalagi kalau kamu hobinya menggambar, pasti bakalan tambah seneng lagi tuh.

Doodle Art

Doodle Art Makhluk Misterius

senikul2ng.blogspot.com

Sebelum masuk ke cara membuat doodle art, kita cari tahu dulu apa itu doodle art. Doodle art adalah sebuah gambar yang masuk kedalam jenis seni berkonsep abstrak.

Nah, karena bentuknya yang abstrak dan nggak ada tujuan tertenu, seni doodle ini banyak digemari oleh anak muda.

Soalnya kenapa? Pertama nih ya, karena kita bebas menuangkan ide yang ada di kepala. Mau gambar berbagai macam bentuk yang ditumpuk menjadi satu pun juga nggak apa-apa. Kedua, mempelajari menggambar doodle ini nggak terlalu sulit.

Bentuk yang biasanya digambar saat seseorang membuat doodle ini beragam. Walaupun abstrak, tapi kebanyakan seorang penggambar doodle membuat gambar seperti huruf, hewan, tulisan, atau cuma sekedar coretan yang abstrak.

Dengan berbagai macam bentuk yang digambar, sebuah karya doodle ini juga banyak disisipkan pesan yang bisa dicermati oleh orang yang melihatnya.

Peralatan yang Dibutuhkan

Alat Menggambar Doodle

idoodleworld.blogspot.com

Menggambar sebuah karya, tentu membutuhkan peralatan. Nah, peralatan yang dibutuhkan ini nggak susah dicari kok. Bahkan, kamu bisa membuat doodle art hanya dengan bermodalkan pensil dan kertas saja.

Tapi, kalau mau terlihat profesional dan karya kamu memiliki daya tarik yang lebih. Peralatan lain pun dibutuhkan, bukan sekedar pensil dan kertas saja. Berikut ini beberapa alat yang kamu butuhkan untuk membuat seni doodle.

  • Sketchbook atau buku gambar
  • Pensil
  • Penghapus
  • Spidol
  • Spidol warna
  • Drawing pen

Selain peralatan dasar di atas, kamu juga bisa menggunakan peralatan tambahan. Misalnya seperti pensil warna, cat air, cat poster, atau mungkin kamu bisa menggambar di kanvas.

Membuat Doodle Art

Setelah menyipakan peralatan tempurnya, sekarang kita masuk ke tahapan bagaimana cara membuat doodle art. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat sebuah karya doodle.

1. Mencari Inspirasi

Untuk membuat sebuah karya, tentu kita membutuhkan inspirasi, apalagi kalau kita ini kasih pemula. Kalau diumpamakan ujian bikin doodle art nih, kita diberi waktu dua jam, mungkin yang satu jam habis cuma buat nyari ide aja tuh.

Tapi, nyari ide buat bikin doodle itu nggak sesulit nyari ide buat bikin lukisan kok. Kamu bisa nyari inspirasi dari mana aja, mungkin dengan liat langit, dengerin lagu, atau bertapa di toilet.

Tapi, paling gampang buat nyari inspirasi itu, lihat karya orang lain. Kamu amati seperti apa doodle yang mereka buat. Lalu cari apa yang bisa digali dari karya tersebut.

2. Bebas Berekspresi

Setelah menemukan ide atau inspirasi, saatnya untuk berkreasi. Kayak yang udah diomongin di awal tadi, doodle art itu karya yang bebas. Jadi, kamu bebas membuat apa saja dalam kertas yang ada di depanmu.

Kamu bisa mencampur berbagai macam bentuk di dalam satu gambar. Misalkan saja kamu akan membuat sebuah nama inisial seseorang. Nah, dari nama tersebut, kamu bisa menambahkan berbagai macam gambar lain di sekitarnya.

Tema Doodle Art

Setelah kamu mengekspresikan apa yang ada di kepala, mungkin kamu perlu juga membuat sebuah tema. Ada beberapa tema yang bisa kamu pilih untuk membuat sebuah doodle art.

1. Doodle Art Nama

Gambar Doodle Nama

gray-zakuro.deviantart.com

Doodle art yang pertama bisa kamu coba buat dan tidak perlu mencari ide yang terlalu dalam adalah nama. Kamu bisa menuliskan nama siapa saja, namamu sendiri, nama ibu, bapak, istri, atau mungkin kakek buyut kamu.

Kamu cukup membuat sebuah nama dulu pada bagian tengah kertas. Sebenarnya tidak perlu di bagian tengah juga, tapi biar lebih enak aja nanti membuatnya. Kreasikan nama tersebut dengan tulisan yang unik.

Setelah itu berikan hal menarik di sekitar nama yang kamu tulis. Mungkin kamu bisa menggambar makhluk yang nggak beraturan bentuknya. Menggambar floral atau garis lengkung yang berhimpitan.

Kreasikan semua yang ada di kepala kamu hanya dari sebuah nama yang kamu tulis di awal.

2. Doodle Art Hewan

Gambar Doodle Hewan

8artmedia.com

Hewan juga dapat kamu jadikan inspirasi saat membuat sebuah doodle art. Dengan membuat gambar hewan yang lucu, pasti kamu akan menemukan banyak sekali ide lainnya.

Dengan berpatokan pada seekor hewan, kamu bisa berimajinasi membuat suatu hal yang menarik.

Misalnya saja, kamu menggambar sebuah rusa dengan tanduk yang sangat besar. Nah, rusa itu berada di tengah hutan yang rindang, ditemani berbagai macam hewan hutan lainnya. Ada burung, kupu-kupu, ular, kelinci, atau mungkin kura-kura.

3. Doodle Art Bunga

Gambar Doodle Bunga

fariskanurzamanmulyana.wordpress.com

Selain nama dan hewan, kamu juga bisa membuat doodle art dengan tema bunga. Menggambar bunga tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan hewan. Jadi, kamu pasti lebih leluasa untuk menggambarnya.

Doodle art dengan tema bunga ini membuatnya cukup mudah. Kamu bisa menggambar taman dengan bunga yang sangat indah dan banyak.

Nah, itu tadi beberapa tema yang bisa kamu coba. Sebenarnya ada banyak tema lagi yang bisa buat. Tapi, dengan tiga tema tersebut, kamu juga sudah bisa membuat doodle art yang sangat menarik kok.

Artis Doodle Art

MasFikr sebenarnya punya beberapa artis doodle art yang punya karya-kara keren banget. Tapi dari banyaknya artis, yang paling masFikr sukai adalah Kerby Rosanes dan Kim Jung Gi.

Duo orang itu punya karya yang keren dan nggak biasa. Kalau kamu lihat karya dua orang itu, mungkin kamu bisa gelenggeleng kepala. Saking rumitnya karya mereka dan dengan detail yang sangat rinci.

1. Kerby Rosanes

Kerby Rosanes

en.dailypakistan.com.pk

Kerby Rosanes sebenarnya adalah seorang grafik desainer dan SEO spesialis. Tapi, di juga suka sama seni terutama doodle art. Kalau kamu penasaran seperti apa karya dari orang ini, kunjungi aja website-nya Sketchy Stories blog, atau bisa juga ke akun instagramnya di kerbyrosanes.

Berikut ini beberapa karya dari Kerby Rosanes yang mungkin bisa menginspirasi kamu dalam membuat sebuah doodle art.

Karya Kerby Rosanes

kerbyrosanes.deviantart.com

Seperti yang kamu lihat, gambar di atas ini bertemakan tentang hewan. Doodle art tersebut bentuknya mirip kepala beruang, mungkin beruang kutub. Di belakangnya ada banyak limbah dan juga polusi, mungkin itu pesan yang ingin disampaikain lewat doodle ini.

Gambar Doodle Kerby Rosanes

kerbyrosanes.deviantart.com

Kalau doodle yang satu ini terlihat lebih ceria, dengan kepompong yang mengeluarkan kupu-kupu. Selain kupu-kupu, ada banyak ornamen lain yang menemani.

Karya Kerby Rosanes

kerbyrosanes.com

Kalau yang satu ini merupakan doodle dengan gambar seekor dinosaurus. Di belakang dinosaurus ada hutan belantara purba yang mungkin ada di zaman dahulu kala.

Buat kamu yang penasaran seperti apa proses pembuatan karya dari Kerby Rosanes, bisa lihat video berikut ini.

2. Kim Jung Gi

Kim Jung Gi

2015.trojan-unicorn.com

Dari namanya tentu kamu bisa menebak dari mana asal artis yang satu ini. Ya, Kim Jung Gi berasal dari Korea Selatan dan merupakan masternya doodle art.

Kim bisa mengubah sebuah tembok yang awalnya putih bersih, menjadi sebuah karya yang sangat luar biasa. Bahkan, dia nggak pakek liat contoh gambar buat bikin karyanya lho. Kamu bisa mengungjungi juga website milik Kim Jung Gi.

Nah, mending langsung liat aja deh beberapa karya yang dibuat oleh Kim Jung Gi.

Kim Jung Gi Sedang Menggambar

kimjunggius.com

Gambar di atas adalah saat Kim Jung Gi menggambar karyanya. Seperti yang bisa kamu lihat, di menggambar langsung tanpa membuat sketsa terlebih dahulu.

Kim Jung Gi

kimjunggi.net

Salah satu karya Kim Jung Gi yang bikin kamu geleng-geleng kepala nih. Lihat aja tuh kerumunan orang yang sangat banyak dan rumit. Ada yang tau berapa jumlah orang di gambar tersebut?

Karya Kim Jung Gi

reddit.com

Nah, kalau ini malah lebih rumit lagi, ratusan orang mungkin ada deh di dalam gambar tersebut.

Kalau kamu penasaran sama keahlian dari Kim Jung Gi membuat karyanya, saksikan deh video di bawah.

Gimana? Kamu semakin tertarik untuk membuat doodle art? Jangan cuma liat aja, tapi praktek juga ya. Atau mungkin kamu bisa juga membuat kerajinan tangan dari kardus atau kerajinan tangan dari kertas yang nggak kalah kerennya.

Leave a Reply