Cara Membuat Cendol Kenyal dan Es Dawet

Cendol gan!

Pernah denger kata-kata itu kan? Kalau kamu kaskuser mesti tau deh. Itu maksudnya bukan minta dibeliin atau disiram cendol lho ya. Saya juga kurang tau sih, hehe.

Cendol biasanya ada di minuman tradisional yang kita kenal dengan nama dawet. Atau ada juga yang nyebut dawet dengan cendol. Jadi dawet dan cendol ini nggak bisa dipisahkan deh, udah kayak kembar siam. Warnanya hijau dan teksturnya agak kenyal gitu.

Minuman yang satu ini enak banget kalau diminum siang-siang, pas panas-panasnya. Seger deh, dengan santan dan gula jawa sama ditambahin es batu, hmmmm, mantab.

Kalau selama ini kamu cuma beli aja nih cendol, mending cobain bikin sendiri. Bahan dan caranya nggak sulit kok. Bahan gampang dicari, cara membuatnya nggak sesulit yang dikira. Mending langsung siapin catetan buat nyatet bahan dan cara membuat atau bawa smartphone kamu dan langsung pergi ke pasar.

Cendol Ijo

Siapin bahan dan alat untuk membuat cendol, jangan sampai ada yang ketinggalan ya.

Bahan

  • 100 gram tepung beras
  • 100 gram tepung sagu
  • 50 ml air campuran daun suji dan daun pandan
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm air kapur sirih
  • 100 ml air
  • Es batu
  • Air

Alat

  • Baskom wadah cendol
  • Cetakan atau saringan cendol, gunakan alat yang memiliki lubang bulat kecil
  • Panci untuk memasak cendol

Cara Membuat Cendol

  1. Campurkan air daun pandan, air daun suji, tepung beras, tepung sagu, garam dan air dalam sebuah panci dan aduk hingga tercampur rata.
  2. Masak adonan yang sudah tercampur rata diatas api sedang sambil terus diaduk secara perlahan sampai bubur cendol mengkilat dan kental.
  3. Jika bubur cendol sudah meletup-meletup, matikan api dan angkat bubur cendolnya.
  4. Siapkan cetakan cendol yang sudah disusun diatas wadah baskom yang sudah diisi es batu dan air yang sudah matang.
  5. Tuangkan bubur cendol yang masih panas ke atas cetakan sedikit demi sedikit. Jika cendol belum berjatuhan, bisa di bantu dengan menggunakan sendok besar untuk menekan bubur cendol agar berjatuhan ke bawah.
  6. Lakukan pencetakan tersebut sampai bubur cendol habis dan cendol sudah terbentuk semua.
  7. Cendol sudah bisa dibuat menjadi dawet atau disimpan dalam lemari es.

Olahan Cendol Ijo

Kalau yang tadi cara membuat cendol yang ijo-ijo, sekarang kita bikin minumannya yang seger. Es dawet pakai cendol ijo yang akan menggugah selera kamu.


1. Dawet Cendol Ijo


Pertama yang akan kita buat adalah dawet cendol ijo, di sini tentu kita akan memakai cendol yang sudah kita buat sebelumnya.

Bahan
  • Cendol yang sudah kamu buat
  • 220 gram gula jawa (gula merah) yang sudah disisir
  • 600 ml santan yang sudah direbus sampai matang
  • 150 ml air
  • 8 biji nangka (bukan bijinya ya, tapi dangingnya) yang sudah dipotong kecil-kecil
Cara Membuat Dawet Cendol Ijo-ijo
  1. Rebus gula jawa dan air, aduk sampai gula jawa larut semua. Setelah larut kemudian angkat, saring dan dinginkan.
  2. Siapkan bahan-bahan yang sudah disiapkan di dalam wadah masing-masing.
  3. Masukkan sirup gula jawa, cendol, potongan nangka dan santan ke dalam gelas, tambahkan es bati diatasnya.
  4. Es dawet cendol ijo-ijo siap untuk disajikan.

2. Es Cendol Cincau Hitam


Nah, resep minuman dingin dari yang ijo-ijo adalah es cendol cintau hitam.

Bahan
  • 200 gram cendol ijo
  • 150 gram cincau hitam yang sudah dipotong dadu
  • 6 biji nangka yang sudah dibuang bijinya dan dipotong kotak kecil
  • 700 ml air matang
  • 200 ml santan kental
Bahan Sirup Gula Merah
  • 200 gram gula merah yang sudah diserut
  • 1 lembar daun pandan yang diikat
  • 250 ml air
Cara Membuat Es Cendol Cincau Hitam
  1. Pertama buat terlebih dahulu sirup gula merah, cukup rebus gula merah, air, dan juga daun pandan. Rabus sampai gula merah larut dan larutan gula menjadi kental, angkat dan dinginkan.
  2. Tuangkan sirup gula merah secukupnya ke dalam gelas, tambahkan cendol ijo, cincau hitam, dan potongan nangka.
  3. Selanjutnya, tuang air putih matang dan juga santan kental, kamu bisa tambahkan es batu biar makin segar.
  4. Es cendol cincau hitam siap dihidangkan.

Nah, itu tadi cara membuat cendol yang harus kamu coba bikin di rumah. Biar hasilnya makin mantab, ada beberapa tips dan trik buat kamu nih.

Tips dan Trik

  • Cetak cendol saat masih panas agar lebih mudah melewati cetakan.
  • Gunakan air es dibawah cetakan agar cendol cepat memadat dan tidak menempel antara satu dengan yang lain.
  • Sebenarnya takaran air saat membuat cendol tidak pasti. Usahakan jangan sampai terlalu kental atau encer agar bentuk cendol yang dihasilkan bagus.

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply