Cara Membuat Boneka dari Kain Perca yang Lucu dan Menggemaskan

Kain perca merupakan kain sisa yang biasanya sudah tidak dimanfaatkan dan akan dibuang. Tapi, dengan kreatifitas, kita bisa membuat kain perca menjadi sebuah boneka lho.

Kalau kamu atau mungkin tetangga merupakan penjahit, pasti memiliki banyak kain perca. Nah, dengan kain perca itu, kamu bisa berkreasi menuangkan kreatifitas yang ada di kepala lho.

Walaupun kelihatannya kain perca ini lusuh, tidak menarik dan banyak motif yang berbeda. Jika kita bisa memanfaatkannya dan menjadikannya sebuah kreasi unik, tentu akan terlihat sangat bagus dan memiliki nilai yang lebih.

Kerajinan yang dibuat dari kain perca sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dibuat. Bahkan, kita bisa mengajak si kecil untuk ikut terlibat secara langsung dalam proses pembuatan kerajinan tangan boneka dari kain perca ini lho.

Kamu tidak perlu memikirkan bagaimana membuatnya, apa saja alatnya, apa perlu pakai mesin jahit atau tidak. Tenang, tidak perlu menyerah dan putus asa karena kurangnya alat dan bahan.

Membuat boneka dari kain perca tidak perlu alat-alat yang sulit kok. Kalau kamu tidak punya mesin jahit, menjahit menggunakan benang dan jarum saja juga bisa lho. Kain percanya bisa kita cari di tukang jahit yang ada di sekitar rumah kita.

Nah, dari pada penasaran, berikut ini langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat boneka dari kain perca.

Boneka dari Kain Perca

Pembuatan boneka dari bahan kain perca tentunya membutuhkan alat dan bahan. Siapkan terlebih dahulu alat dan bahan dibawah ini.

Alat dan Bahan

  • Gunting
  • Sidol dan pensil
  • Gunting
  • Jarum jahit
  • Jarum pentul
  • Gambar boneka
  • Benang sulam
  • Kain perca
  • Manik-manik
  • Kancing baju
  • Isi boneka, bisa menggunakan dakron, kapas, atau potongan kecil kain perca

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca Sederhana

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat boneka kain perca.

1. Membuat Pola Boneka
Cara Membuat Boneka dari Kain Perca - Pola Boneka

justshareamoment.wordpress.com

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat pola boneka. Pilihlah bentuk boneka yang akan dibuat terlebih dahulu. Setelah itu, gambar di atas kertas mengikuti bentuk boneka secara garis besar saja.

2. Memotong Pola Boneka

Setelah pola selesai dibuat, lalu gunting kertas mengikuti gambar yang sudah ada. Usahakan memotongnya yang rapi agar boneka yang dibuat menjadi rapi juga.

3. Memindahkan Pola ke Kain Perca

Pilihlah kain perca dengan berbagai macam warna yang kamu inginkan. Kemudian ambil pola yang sudah kamu buat di kertas, lalu tempelkan di atas kain dan gambar pola tersebut pada kain perca. Pola boneka yang akan dibuat pada kain perca bisa menggunakan pensil atau spidol.

4. Memotong Kain Perca
Memotong Kain untuk membuat boneka

kerajinan.id

Setelah pola tercetak pada kain, langkah selanjutnya adalah memotong kain sesuai pola. Memotong pola ini harus hati-hati ya, sebisa mungkin ikuti gambar yang sudah ada.

Selain mengikuti pola, pemotongan kain harus dilebihkan 1-2 cm untuk memperkuat jahitan boneka nantinya. Jadi, kalau kamu membuat pola, usahakan jangan dekat-dekat jarak antar polanya ya.

5. Menjahit Kain Perca
Menjahit Kain Pola Boneka

tisyahaisyah.wordpress.com

Setelah kain perca menjadi beberapa pola yang sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menjahit. Proses menjaih ini sedikit rumit dan harus telaten.

Pertama, kamu harus mengambil pola yang bentuknya sama, lalu satukan. Nah, menyatukan kain percanya berseberangan ya, saling berhadapan kainnya.

Setelah itu jahit kain mengikuti pola yang sudah ada. Menjahit kain ini pada bagian dalam ya, jadi ketika sudah selesai dijahit nanti kainnya akan dibalik, dan jahitan akan berada di dalam boneka.

Sisakan juga sekitar 4-5 cm di samping tubuh boneka, jangan dijahit pada bagian ini. Sisa lubang yang belum dijahit ini nanti akan digunakan untuk memasukkan isi boneka. Selain itu, fungsi dari bagian yang belum dijahit adalah untuk membalik kain perca.

6. Mengisi Boneka
Memasukkan Isi Boneka

tisyahaisyah.wordpress.com

Setelah kain perca selesai dijahit, selanjutnya kita tinggal memasukkan isian boneka. Kamu bisa menggunakan potongan kecil kain perca, spons, dakron, bulu angsa, atau kapuk.

Masukkan bahan isi sedikit demi sedikit, sambil di dorong menggunakan alat, misalnya pensil. Fungsi dari pendorongan adalah agar boneka nantinya menjadi padat.

Setelah terisi penuh, tinggal jahit lubang yang kita gunakan untuk memasukkan isi. Pertama, lipat terlebih dahulu kain ke bagian dalam, lalu jahit yang rapi.

7. Membuat Hiasan

Hiasan boneka ini bisa bermacam-macam, kamu bisa membuat mata, hidung, atau telinga. Kalau bentuk bonekanya bukan boneka, kamu tinggal menyesuaikan saja.

Hiasan pada boneka ini bisa menggunakan kain perca yang sudah dipotong, pita, manik-manik, atau bisa juga menggunakan kancing baju. Kamu juga bisa menambahkan rambut menggunakan benang wol.

Untuk baju dari boneka, kamu bisa membuatnya dari kain perca juga lho. Jadi, semua bahan tentu akan mudah kamu dapatkan.

Nah, mudah bukan membuat boneka dari kain perca? Kamu bisa melihat beberapa contoh boneka yang sudah pernah dibuat di bawah ini.

Contoh Boneka dari Kain Perca

1. Boneka Bantal Burung Hantu

Cara Membuat Boneka dari Kain Perca yang Berbentuk Burung Hantu

rensimanda.blogspot.com

Kamu bisa mencontoh boneka yang satu ini, berbentuk seperti burung hantu, tapi bisa juga digunakan sebagai bantal kursi. Lucu bukan bentuknya? Kalau dilihat, boneka burung hantu ini juga menggunakan kain flanel untuk membuatnya menjadi lebih menarik lagi.

2. Boneka Kain Perca Anjing Lucu

Membuat Boneka dari Kain Perca Berbentuk Anjing Lucu

abbeart.blogspot.com

Boneka anjing dari kain perca ini terlihat lucu dan pasti anak-anak akan suka. Dengan memanfaatkan berbagai motif kain perca, kemudian menggabungkannya menjadi satu, jadilah boneka unik,ย berbeda dari yang ada di pasaran.

3. Boneka Kain Perca Anak

Boneka Lucu dari Kain Perca

blogoinformasi.com

Kalau kamu mau mengajarkan agama, bisa juga nih pakai boneka yang memakai hijab. Jadi, anak-anak akan terbiasa dengan yang berhijab, dan hal ini diharapkan akan menjadikan dia juga kelak terbiasa mengenakan hijab.

Nah, itu tadi cara membuat boneka dari kain perca. Sulit tidak? Sepertinya simple dan mudah untuk diikuti kan? Kalau gitu, buruan coba dan praktekkan di rumah. Jangan lupa ajak si kecil ikut membuatnya, selain membangun kreatifitas, kegiatan ini tentu akan menambah keakraban antara orang tua dengan anak. Selamat mencoba ๐Ÿ™‚

2 Comments

  1. Amira November 13, 2016
  2. masFikr November 13, 2016

Leave a Reply