Cara Mengusir dan Membasmi Tikus dengan Efektif

Cara Membasmi Tikus – Tikus, hewan pengerat yang hampir pasti ada di setiap rumah di Indonesia. Hewan yang biasanya akan menyebabkan kerusakan entah itu di dalam atau di luar rumah.

Parahnya, tempat yang dijadikan persembunyian tikus pasti memiliki bau yang tidak enak dan kotor. Banyak kotoran tikus dan barang-barang sisa makanan yang dibawa tikus ke tempat persembunyian tersebut.

Tikus ini mirip dengan nyamuk, sama-sama bisa menyebabkan penyakit jika kita tidak mengatasinya. Bahkan, tikus juga dapat menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya, sehingga kita harus segera mengusir atau membasminya.

Banyak cara yang biasa dilakukan, mulai dari memasang perangkap, memberikan racun tikus, menangkap menggunakan lem tikus, atau ada juga yang menggunakan pengusir tikus elektrik.

Cara-cara tersebut semua bisa kita lakukan, tapi ada beberapa cara yang malah membuat masalah baru muncul, seperti menggunakan racun tikus misalnya.

Ketika tikus memakan racun tikus, tentu tidak akan langsung mati. Nah, ketika tikus mati di tempat yang sulit dijangkau, pasti akan menjadi bangkai dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Atau, ketika kita menggunakan lem tikus, tentu kita juga harus membuang tikus yang menempel pada lem. Ini juga jadi masalah kalau kita lupa sudah memasang lem tikus, bisa-bisa, tikusnya sudah jadi bangkau dan bau, baru kita ingat kalau pasang lem tikus.

Sebenarnya, ada cara lain yang bisa kita gunakan untuk membasmi atau mengusir tikus agar tidak datang ke rumah kita lagi. Cara ini cukup efektif dan terbukti ampuh setelah dipraktekkan banyak orang.

1. Memelihara Kucing

Kucing yang waspada

pixabay.com

Tentu kita tahu, musuh alami tikus itu kucing, dan kebanyakan tikus akan takut pada kucing. Dan, memelihara kucing bisa jadi pilihan yang tepat untukmu ketika ingin mengusir tikus.

Katu tidak perlu repot-repot memasang jebakan atau racun tikus, pelihara kucing saja sudah cukup. Tikus, ketika masuk ke rumah kita dan didapatinya seekor kucing, tentu tikus tersebut akan berpikir dua kali untuk masuk rumah.

Kalaupun tikus berhasil masuk rumah, sudah ada kucing yang dengan nalurinya akan memangsa atau menangkap tikus tersebut.

2. Memelihara Jangkrik

Jangkrik

bumipertiwiextrem.blogspot.com

Cara lain agar tikus pergi dari rumah kita adalah dengan memelihara jangkrik. Hewan kecil yang biasanya dijadikan sebagai pakan burung ini terbukti ampuh dapat mengusir tikus dari rumah lho.

Tapi, kalau mau menggunakan cara ini, carilah jangkrik yang tidak mengeluarkan suara terlalu nyaring. Carilah jangkrik yang tidak bersuara nyaring atau jangkrik aduan kalau bisa.

Suara yang dihasilkan jangkrik akan mengganggu tikus karena tikus cenderung tidak suka tempat ramai dan bising. Cukup taruh jangkrik di tempat yang biasanya dijadikan persembunyian tikus, pasti hewan pengerat ini akan menghilang dari peredaran.

3. Buah Mengkudu

Buah Mengkudu

reps-id.com

Buah mengkudu, selain kaya manfaat untuk kesehatan, ternyata juga ampuh mengusir tikus. Buah yang memiliki bau kurang sedap dan nama latinnya Morinda citrifolia L. ini cukup mudah penggunaannya.

Kamu cukup menyiapkan dua sampai tiga buah mengkudu, kemudian potong dan masukkan ke dalam wadah lalu tempatkan pada persembunyian tikus. Atau, kamu juga bisa menghancurkan mengkudu dan mencampurkan dengan sedikit air dan menyiramkannya pada tempat persembunyian tikus.

Bau menyengat yang dihasilkan buah mengkudu akan membuat tikus tidak betah dan pergi meninggalkan rumah kita.

4. Kapur Barus

Tikus sangat tidak menyukai bau-bauan yang terlalu menyengat, salah satunya adalah kapur barus. Kamu bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir tikus dari rumah.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal menaruh kapur barus pada tempat persembunyian tikus, atau tempat yang sering dilalui tikus. Atau, kamu juga bisa menghancurkan terlebih dahulu kapur barusnya kemudian baru taburkan ke tempat si tikus bersembunyi.

Dengan bau menyengat yang dihasilkan kapur barus, tikus akan takut dan lebih memilih pindah dari tempat persembunyiannya. Selain itu, rumah kamu pun cari wangi kapur barus lho.

5. Daun Mint

Daun Mint

spirit.web.id

Daun mint biasanya digunakan untuk membuat minuman yang menyegarkan dan memiliki sensasi semriwing, ternyata bisa digunakan juga untuk membasmi tikus lho.

Kamu cukup menyiapkan satu sampai dua ikat daun mint, kemudian ambil sarinya. Caranya? Cukup blender daun mint bersama dengan air, lalu saring dengan kain saring.

Setelah sari daun mint didapatkan, kamu tinggal memasukkannya ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di daerah yang sering dilalui tikus, atau tempat persembunyian tikus.

Tikus akan pergi karena tidak kuat dengan bau mentol yang dihasilkan daun mint. Nah, biar irit, kamu juga bisa menanam daun mint di sekitar rumah, jadi tinggal petik jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

6. Kulit Durian

Kulit Durian

jurnalasia.com

Cara yang satu ini menggunakan kulit durian lho ya, bukan buah duriannya, sayang soalnya karena lumayan mahal harganya.

Cara menggunakan kulit durian ini cukup mudah kok, cukup potong kulit durian dan letakkan di daerah yang sering dilalui tikus. Aroma tajam yang dihasilkan kulit durian akan membuat tikus pergi. Selain itu, tajamnya duri kulit durian juga akan membuat tikus jadi tidak tahan.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin mengusir tikus dari rumah. Gunakan cara yang menurut kamu paling mudah bahannya ada di rumah. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply