Cara Memakai Sarung yang Tidak Mudah Longgar

CARA MEMAKAI SARUNG – Sarung, salah satu perlengkapan atau pakaian yang biasa dikenakan ketika kita akan menunaikan sholat.

Tapi, selain digunakan untuk sholat, sarung juga sering sekali dipakai orang Indonesia untuk pengganti celana. Ada yang biasa memakainya di rumah saja, atau mungkin ke mana-mana juga pakai sarung.

Sarung ini sebenernya memang bisa dipakai dalam setiap kondisi lho. Waktu cuaca dingin, bisa digunakan sebagai pengganti selimtu. Kalau cuaca panas, pakai sarung ini malah adem rasanya.

Nah, dengan penggunaan sarung yang hampir sering kita temui, tentu akan jadi masalah kalau memakainya tidak benar.

Tentu kamu tahu kan? Kalau sarung itu nggak sama kayak celana. Pakai sarung itu harus dengan cara yang pas biar kita makainya nyaman, sama biar sarungnya nggak melorot.

Biar kamu nggak khawatir melorot ketika memakai sarung, berikut ini ada cara memakai sarung yang bisa kamu cobain.

Cara Memakai Sarung untuk Solat atau Kegiatan Sehaari-hari

  1. Pertama yang kamu kenakan saat memakai sarung adalah celana dalam. Ini penting, kalau bisa malah gunakan juga celana pendek biar lebih aman.
  2. Setelah memakai celana, mau pakai kaos dalam dulu boleh, tapi jangan pakai baju kokonya atau kemejanya dulu ya. Lalu kenakan sarungnya, caranya dengan memasukkan sarung daru atas dan bentangkan di kiri dan kanan sama lebar.
  3. Pastikan jahitan pada kain sarungnya berada di bagian depan tengah. Setelah itu, baru geser jahitan tadi agak ke kiri atau kanan sedikit dengan cara menariknya.
  4. Kalau kamu mengggeser jahitan sarungnya ke bagian kiri, maka sisi kiri yang dilipat terlebih dahulu. Kalau jahitannya ke bagian kanan, maka yang kanan dulu yang kamu lipat.
  5. Setelah mengatur jahitan sarungnya, lipat sarung bagian kiri atau kanan terlebih dahulu.
  6. Perhatikan posisi sarung di bagian bawah, kalau agak miring, kamu bisa menariknya sedikit ke atas biar terlihat lebih rapi.
  7. Selanjutnya sisi yang sebelahnya dilipat juga menutupi lipatan sebelumnya. Perhatikan juga bagian bawahnya ya.
  8. Nah, langkah selanjutnya, kamu lipat lipatan tadi ke bawah dengan kencang agar sarung tidak longgar. guulng bagian belakang agar sejajar dengan lipatan di bagian depan.
  9. Sudah selesai deh, kamu sudah bisa memakai sarung dengan baik.

Tips Memakai Sarung

Gimana? Mudah bukan memakai sarung? Biar makin kece saat memakai sarung, berikut ini ada tips yang bisa kamu coba lho.

1. Perhatikan Corak Berbeda

Biasanya, sarung itu memiliki corak yang berbeda pada polanya. Nah, corak yang berbeda inilah yang biasanya diletakkan di belakang. Jadi, selain bisa mengatur jahitan sarung, kamu juga bisa perhatikan corak sarungnya agar pas di belakang.

2. Merk Sarung

Kalau kamu membeli sarung, pasti ada merk yang menempel di bagian corak yang berbeda. Nah, kebanyakan orang akan menempatkan itu di bagian belakang.

Padahal, kalau kamu gunakan buat sholat, merk tersebut bisa saja mengganggu jamaah lain dibelakang kamu lho. Lebih baik, merk ini diletakkan di bagian atas, jadi ikut terlipat sehingga tidak akan terlihat.

3. Biar Lebih Kencang

Ada cara biar sarung yang kamu pakai tidak kendor dan lebih kencang. Gunakan saja ikat pinggang di bawah lipatan sarung. Cara ini akan membuat sarung kamu lebih kencang sehingga tidak mudah melorot.

4. Melipat di Atas Mata Kaki

Saat melipat sarung, perhatikan bagian bawahnya. Sebaiknya sih di atas mata kaki, selain melaksanakan sunnah, hal ini juga akan menghindarkan sarung dari terkena kotoran saat kamu sedang berjalan.

5. Malipat Bagian Atas

Sebelum melipat bagian kanan dan kiri, kamu bisa melipat sedikit pada bagian atas sarung. Tujuannya, biar nanti, sarungnya nggak kepanjangan.

Kamu bisa lihat video berikut ini kalau masih bingung cara memakai sarung yang baik.

Nah, itu dia cara memakai sarung dan tips yang bisa kamu coba praktekkan. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply