16 Cara Cepat Menambah Berat Badan Secara Alami

Berat badan yang ideal pasti keinginan hampir semua orang, baik itu laki-laki maupun perempuan. Tetapi, banyak yang memiliki berat badan di atas atau di bawah berat yang ideal. Sehingga, hal tersebut membuat kurang percaya diri.

Buat kamu yang memiliki berat badan yang lebih, mungkin akan merasa iri atau ingin berat badannya ringan. Tapi, kalau orang kurus kerempeng, tentu menginginkan badan yang lebih berisi.

Cara menurunkan berat badan, pasti sudah sangat sering kita jumpai. Tapi, cara untuk menaikkan berat badan yang masih sedikit referensi. Padahal, banyak juga lho orang kurus seperti saya ini jadi tambah berisi badannya.

Nah, buat kamu yang masih bingung cara menambah berat bada agar menjadi ideal, berikut ini ada beberapa caranya. Yang jelas, tanpa obat-obatan, tidak pakai suntik lemak, atau pergi ke dukun buat digandakan beratnya. Cukup ikuti saja tips-nya, biar berat badan kamu jadi lebih ideal.

1. Perbanyak Porsi Makan

Cara cepat menaikkan berat badan dengan perbanyak konsumsi makanan

kevinreportase.blogspot.com

Untuk menjadi lebih gemuk, hal pertama yang harus dilakukan tentu memperbanyak porsi makan. Atau, kamu juga bisa makan lebih sering dari biasanya. Dengan asupan makanan yang lebih banyak dan tentu saja bergizi, akan dapat membentuk badan kita menjadi lebih berisi.

Kalau misalnya tidak sanggup makan yang lebih banyak, tinggal tambah saja jadwal makan kamu. Dari yang awalnya 3 kali sehari, tambah menjadi 4 atau 5 kali sehari. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap pertambahan berat badanmu.

2. Cukup Asupan Protein

Cara menaikkan berat badan dengan mencukupi asupan protein tubuh

ahman-web.blogspot.com

Asupan protein sangat penting untuk pembentukan tubuh, begitu juga untuk menambah berat badan. Karena, dengan kebutuhan protein yang tercukupi, nantinya kamu akan bisa mendapatkan tubuh ideal.

Kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung sumber protein yang sehat. Contohnya seperti ikan, daging sapi, daging ayam, atau kacang-kacangan. Tinggal divariasikan saja dari beberapa sumber protein yang ada.

3. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu makanan yang biasa kita konsumsi untuk mendapatkan energi. Kamu bisa mengonsumsi berbagai makanan berkarbohidrat. Ada buah, sayur, nasi merah, atau makanan berbahan gandum.

Kamu bisa memilih akan menambah menu karbohidrat yang mana. Tapi, lebih sehat kamu mengonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat komplek yang akan secara perlahan terserap oleh tubuh. Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan kadar gula dalam darah secara cepat.

4. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih, mungkin bagi beberapa orang sudah biasa, tapi saking dianggap biasa, ada juga yang menyepelekan hal satu ini. Sehingga, lebih memilih mengonsumsi minuman berenergi atau minuman yang memiliki warna dan rasa lainnya.

Padahal, kalau kita setiap hari mengomsumsi minuman tersebut, akan berdampak tidak baik untuk tubuh. Di dalam minuman berenergi dan sebangsanya itu ada berbagai macam zat kimia, mulai dari pemanis sampai pengawet buatan.

Lebih baik, sekarang kita mulai biasakan mengonsumsi air putih, terutama saat pagi hari sebelum beraktivitas.

Dengan minum air putih secara teratur dan cukup, tubuh akan menjadi semakin sehat, proses pencernaan dalam tubuh pun juga akan menjadi lebih baik. Hal ini tentu akan berdampak pada penyerapan zat gizi dari makanan yang kita makan.

Sangat disarankan konsumsi air putih sesuai kebutuhan, minum 8 gelas sehari. Tapi, jika aktivitasmu sangat padat, bisa menambahkan beberapa gelas lagi.

5. Mengunyah Makanan Sampai Halus

Kita kadang terburu-buru ketika makan, entah karena ada kegiatan yang pada atau telat bangun dan takut terlambat. Padahal, mengunyah makanan sampai halus itu bisa membantu penyerapan zat gizi lebih mudah lho.

Dengan mudahnya zat gizi diserap tubuh, tentu akan dapat menambah berat badan kamu dan tidak terbuang ketika BAB. Apalagi kalau kita makan makanan yang keras, kalau tidak sampai halus, tentu tubuh akan sulit mencerna dan gizinya akan tidak terserap dengan sempurna.

6. Jangan Minum Sebelum Makan

Minum air putih sangat baik bagi kesehatan tubuh

extension.usu.edu

Biasanya, kalau kamu ingin diet menurunkan berat badan, pasti disarankan untuk minum terlebih dahulu sebelum makan. Hal ini agar nantinya ketika makan, perut terasa penuh dan makannya pun sedikit.

Nah, berkebalikan dengan kamu yang ingin menaikkan berat badan, minum sebelum makan justru pantangan. Biarlah perut kosong terlebih dahulu, biar nanti bisa makan lebih banyak.

7. Cukupi Kebutuhan Lemak

Lemak ternyata dibutuhkan oleh tubuh lho, tapi lemaknya bukan lemak jenuh atau LDL (biasanya disebut kolesterol jahat).

Kamu bisa mengonsumsi lemak yang sehat, contohnya seperti omega-3 dan omega-6. Asam lemak Omega-3 bisa kamu dapatkan jika mengonsumsi ikan, kacang kenari, dan sumber lain. Omega-6 bisa kamu peroleh dari jagung, minyak bunga matahari, dan berbagai sumber lainnya.

8. Mencukupi Kebutuhan Mineral

Mineral juga tidak kalah penting jika dibandingkan dengan zat gizi lainnya. Kamu bisa memperoleh mineral dari susu, buah-buahan, keju, kacang-kacangan, sayuran, atau daging merah.

9. Banyak Ngemil

Kalau ingin berat badan naik, tentu konsumsi makanan juga harus lebih banyak dari biasanya. Salah satu caranya adalah dengan makanan camilan, terutama buat kamu yang nggak biasa makan banyak.

Camilan ini akan mengisi perut yang tidak diberi makanan berat, dan akan mencukupi kebutuhan kalori dalam satu hari. Tapi, jangan asal ngemil ya, kalau bisa kamu ngemil makanan yang sehat, seperti kacang-kacangan atau buah-buahan.

10. Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Agar tubuh semakin sehat, kebutuhan vitamin juga harus dipenuhi. Makanan yang mengandung vitamin contohnya seperti buah stroberi untuk vitamin C, buah pisang yang banyak mengandung vitamin E, atau sayur wortel yang kaya akan vitamin A.

11. Konsumsi Susu Secara Rutin

Cara menaikkan berat badan dengan cara minum susu secara rutin

infobacan.com

Susu merupakan salah satu minuman dengan gizi yang sangat baik. Minum susu dengan rutin akan menambah berat badan kamu juga lho selain membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebaiknya kamu minum susu sebanyak 2 kali dalam satu hari, dan kalau bisa susu murni.

12. Berhenti Merokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok bukan hanya akan merusak tubuh kita sendiri, tapi juga dapat mengganggu kesehatan keluarga dan orang dekat kita.

Rokok dapat mengurangi nafsu makan kita dan merusak fungsi organ tubuh lain dalam tubuh. Jadi, alangkah lebih baik jika kita berhenti merokok, bukan karena ingin menambah berat badan saja, tetapi juga menjadikan tubuh dan hidup lebih sehat.

13. Hindari Kafein

Buat kamu yang suka minum kopi, sebaiknya kurangi, bukan cuma kopi sebenarnya, tetapi juga minuman lain yang banyak mengandung kafein di dalamnya.

Kafein harus dihindari karena salah satu kemampuan kafein adalah menahan nafsu makan kita. Asam dalam kopi juga akan meningkatkan asam lambung yang bisa meningkatkan risiko terkena maag. Jika tubuh sudah terkena maag, tentu akan sulit mencerna makanan dengan sempurna.

14. Mengatur Pola Makan

Kalau tadi kamu disarankan untuk banyak makan, sekarang atur pola makannya. Kamu tidak bisa sembarangan makan pada jam tertentu dan melewatkan makanan pada saat-saat tertentu.

Makan ini harus dilakukan secara teratur, tidak boleh asal-asalan. Kamu tidak boleh melewatkan makan pagi, makan siang, makan sore, dan makan malam.

15. Jangan Begadang

Susah tidur- insomnia

bodyfitnessexpert.com

Inget lagu Bang Roma kan? Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya!

Nah, ternyata, kata Bang Roma ini patut kita dengarkan lho. Kebiasaan begadang sangat tidak baik dilakukan, apalagi kalau begadangnya nggak lagi ngerjain kerjaan yang penting.

Tubuh kita perlu beristirahat yang cukup pada malam hari. Ketika malam, tubuh akan istirahat dan memulihkan kondisinya yang telah bekerja seharian penuh.

Nah, buat kamu yang mungkin sedang ada kerjaan dan nggak bisa ditinggal. Ada tips nih, atur waktu kerja agar efektif, sehingga kamu nggak perlu begadang. Kalau misal kerjaan belum selesai, usahakan tidur tetap dilakukan, tapi bangunnya lebih awal dan selesaikan kerjaan secepatnya.

16. Jangan Lupa Olahraga

Cara cepat menaikkan berat badan dengan berolahraga

99.co

Kalau kita sudah banyak makan dan minum, jangan lupa untuk berolahraga ketika ingin menaikkan berat badan dengan cepat. Fungsi dari olah raga ini agar tubuh menjadi sehat dan tidak gampang terkena penyakit.

Kamu nggak mau kan, berat badan bertambah tapi malah jadi kegemukan karena asupan makanan yang banyak dan jarang olahraga?

Nah, semua asupan makanan dan minuman itu harus diimbangi dengan olahraga agar tidak menumpuk di badan. Kamu bisa melakukan olah raga yang ringan-ringan aja, seperti lari, push-up, sit-up, atau bersepeda.

Bagaimana? Cara-cara di atas bisa kamu coba untuk menaikkan berat badan secara alami lho. Tapi tetap jangan berlebihan ya prakteknya, kalau banyak makan ya imbangi dengan berolahraga, jangan sampai nanti kamu malah terkena obesitas atau sakit gula. Selamat mencoba dan tetap sehat 🙂

Leave a Reply