7 Cara Cepat Hamil Agar Segera Punya Anak

Salah satu keinginan pasangan yang sudah menikah adalah dikaruniai seorang anak. Hal ini tentu saja bukan keinginan satu dua orang saja, tetapi hampir semua orang menginginkannya. Dengan adanya momongan, diharapkan sebuah keluarga akan menjadi lebih harmonis lagi.

Kalau kamu sudah menikah dan ingin segera dikaruniai seorang anak, coba beberapa cara berikut ini. Buat kamu yang masih dalam usaha dan sudah menunggu lama pun juga bisa mempraktekkan cara-cara di bawah ini.

1. Kamu Harus Tahu Masa Subur

Cara cepat hamil dengan menghitung masa subur

rockingmama.id

Masa subur di sini adalah saat sel telur dalam kondisi paling baik untuk dibuahi sperma. Dan ingat, yang kamu lakukan adalah mengetahui masa subur, bukan eyang Subur ya.

Kalau dalam bahasan yang ilmiah, masa subur ditandai dengan naiknya Luteinizing Hormone secara signifikan sebelum terjadinya pelepasan sel telur dari ovarium atau ovulasi.

Kenaikan hormon tersebut, akan mendorong sel telur keluar dari ovarium menuju tuba falopi. Di dalam saluran tuba falopi inilah pembuahan sel telur oleh sprema dapat terjadi.

Masa ketika sel telur di dalam tuba falopi inilah yang disebut sebagai masa subur. Sel telur yang ada dalam tuba falopi akan bertahan antara 3-4 hari. Tetapi, waktu yang paling baik untuk sel telur dibuahi adalah ketika berumur 2 hari.

Untuk mengetahui masa subur, saat ini sudah ada alat tesnya lho. Kamu bisa membelinya di apotek-apotek terdekat. Bilang saja mau membeli alat tes masa subur, pasti petugas apotek sudah tahu.

Nah, untuk menggunakan alat tes masa subur tersebut, sebaiknya kamu lakukan antara jam 11-15, atau jam 17-22.

2. Mengetahui Siklus Haid

Selian masa subur, mengetahui siklus haid juga penting untuk merencanakan kehamilan lho. Siklus haid yang dimaksud di sini adalah rentang hari dari awal pertama hadi, sampai ke hari pertama haid berikutnya.

Nah, dengan mengetahui siklus haid tersebut, kamu akan dapat mengetahui kapan terjadinya ovulasi atau keluarnya sel telur dari ovarium menuju ke tuba falopi.

Contohnya seperti ini, misal ada seorang wanita dengan siklus haid 28 hari. Maka wanita tersebut memiliki kemungkinan hamil yang lebih tinggi selama 6 hari. Hitungannya adalah 5 hari sebelum ovulasi terjadi, dan 1 hari setelah ovulasi, inilah yang dinamakan masa subur.

Tapi, ada yang perlu diketahui, siklus haid ini dapat berubah tiap bulannya. Maka dari itu, kamu perlu mencatat siklus haid selama beberapa bulan. Dengan didapatkannya catatan selama beberapa bulan, kamu bisa mengetahui siklus haid terpanjang dan terpendek.

3. Menghitung Masa Subur

Setelah mengetahui siklus haid dan kamu masih mikir-mikir untuk membeli alat tes masa subur, ada cara lain kok untuk mengetahui masa subur, yaitu dengan menghitungnya.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah mencatat siklus haid terpanjang dan terpendek selama minimal 8 bulan. Setelah itu, cukup gunakan rumus sederhana untuk mengetahui masa subur kamu.

Siklus terpendek, kurangilah dengan 18, hasil dari pengurangan tersebut adalah hari pertama masa subur kamu. Misalnya siklus terpendek kamu adalah 27 hari, jadi hari pertama masa subur kamu adalah pada hari ke-9.

Siklus terpanjang, maka kurangi dengan 11, hasilnya adalah hari terakhir masa subur kamu. Misalnya siklus haid terpanjang kamu adalah 30 hari, maka hari terakhir masa subur kamu adalah hari ke-19.

Nah, hari di antara hari pertama dan hari terakhir tersebut adalah masa subur kamu. Sehingga, kemungkinan hamil pada hari-hari itu lebih tinggi. Kalau dilihat pada contoh, maka masa suburnya adalah antara hari ke-9 sampai hari ke-19.

4. Tingkatkan Kesuburan

seputargosip.com

seputargosip.com

Setelah mengetahui masa subur, akan lebih baik lagi jika kamu meningkatkan kesuburan. Kesuburan yang dimaksud adalah kesehatan rahim istri dan kualitas sperma suami. Caranya? Cukup konsumsi makanan yang sehat dan memiliki nilai gizi yang baik.

Istri dianjurkan mengonsumsi makanan seperti susu, alpukat, kecambah, dan makanan lainnya. Sedangkan suami disarankan memakan ikan, daging, telur, dan makanan lainnya. Jadi, konsumsi makanan bergizi, sehat, dan berimbang.

5. Menjalani Pola Hidup Sehat

Lari maraton

huffingtonpost.com

Pola hidup sehat ini penting untuk dilakukan agar segera dapat hamil. Selain untuk kehamilan, menjalani program hidup sehat tentu akan membuat hidupmu jadi lebih baik lagi.

Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan?

Pertama, perhatikan suami kamu, apakah dia merupakan seorang perokok atau bukan. Jika iya, segera minta untuk berhenti. Kalau kamu atau suami pecandu alkohol, hentikan sekarang juga karena mengonsumsi alkohol dapat mengurangi peluang terjadinya kehamilan.

Berat badan ideal juga dapat memengaruhi terjadinya kehamilan. Berat badan yang kurang atau lebih ternyata dapat mempersulit terjadinya pembuahan lho. Untuk laki-laki, kekurangan berat badan akan berdampak pada pembentukan sperma.

Pola hidup sehat lainnya adalah rajin berolahraga dan usahakan rutin melakukannya. Dengan olahraga yang rutin, tubuh akan menjadi lebih sehat dan bugar, dan proses pembuahan pun akan lebih besar kemungkinan terjadinya.

6. Periksakan Kesehatan

Jika kamu ingin hamil setelah keguguran, atau setelah melakukan kuret, atau mungkin ingin cepat hamil anak kedua. Alangkah baiknya periksakan dulu kesehatan sistem reproduksi kamu ke dokter.

Pemeriksaan kesehatan ini sebaiknya dilakukan suami dan juga istri. Dengan diadakannya pemeriksaan, kamu akan jadi tahu bagaimana kondisi rahim jika nanti mengalami kehamilan. Apakah sudah siap ataukah masih belum, dokter tentu lebih paham masalah ini.

Setelah pemeriksaan, dokter tentu juga akan memberikan masukan dan perawatan jika adalah masalah kesehatan. Jadi, kemungkinan terjadinya kehamilan dapat lebih besar dengan pengawasan dokter yang ahli di bidangnya.

7. Berdoa

Berdoa yang khusyu'

alkamalblitar.com

Nah, setelah melakukan usaha dan berbagai macam cara, cara cepat hamil dalam Islam yang paling utama tentu berdoa. Jika usaha yang kita lakukan belum juga membuahkan hasil, berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk diberikan keturunan.

Selain berdoa, barengi juga dengan istighfar sebanyak-banyaknya, dan sedekah juga jangan sampai tertinggal ya.

Nah, itu dia beberapa cara agar cepat hamil untuk pasangan yang sudah menikah tentunya. Lakukan semua usaha semaksimal mungkin, baru kemudian tawakal kepada Yang Maha Kuasa, semoga segera diberi momongan. 🙂

Leave a Reply