Rahasia Menanam Bunga Morning Glory Agar Tumbuh Baik

Morning glory, dari namanya saja sudah kelihatan keren, apalagi tanaman aslinya. Dan ternyata, morning glory merupakan nama dari sebuah bunga lho.

Bentuk tanamannya merambat dan hampir mirip seperti kangkung air. Bunganya berwarna ungu, ada yang ungu tua, ada juga yang sedikit lebih muda.

Tetapi, perlu kamu ketahui, walaupun bentuk tanaman morning glory seperti kangkung air, ternyata daunnya tidak dapat dimakan. Jadi kamu jangan memasaknya dan menjadikannya sayuran ya.

Ada hal menarik dari tanaman yang memiliki bunga berwarna ungu ini. Ketika pagi tiba dan saat matahari mulai bersinar, bunga morning glory akan mekar dan mengeluarkan bau yang cukup wangi. Cocok banget deh kalau mau dijadikan tanaman hias untuk pekarangan rumah.

Nah, kalau kamu ingin menanam pohon morning glory, berikut ini ada langkah-langkah yang bisa diikuti.

Pembibitan

Pembibitan morning glory

annphilipp.com

Menanam morning glory, paling mudah adalah dengan metode stek batang. Kamu cukup melakukan stek pada batang tanaman ini. Potong beberapa batang yang minimal ada 3-4 ruas mata tunas dalam setiap batang yang dipotong.

Setelah itu, kamu bisa langsung menanamnya pada tempat yang sudah disediakan. Atau, bisa juga menggunakan polybag terlebih dahulu. Jangan lupa, gunakan pupuk kandang dan tanah sebagai media tanamnya.

Penanaman

Morning Glory

en.wikipedia.org

Tempat yang digunakan untuk menanam morning glory harus diolah terlebih dahulu. Campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos yang perbandingannya 1:1.

Tanam bibit yang sudah muncul akarnya dengan merebahkannya ke tanah. Tujuannya, agar nantinya akar yang tumbuh banyak, begitu juga tunasnya.

Siram dan rawat tanaman morning glory sampai muncul beberapa tunas baru. Jika sudah muncul tunas baru, itu artinya morning glory sudah tumbuh dengan baik.

Nah, jika sudah cukup besar, kamu bisa membuat rambatan dengan menggunakan jaring rambat. Atau bisa juga kamu rambatkan langsung ke tembok.

Perawatan

Untuk merawat tanaman ini tidak dibutuhkan perlakuan yang khusus. Kamu cukup melakukan pemupukan dan penyiraman saja. Untuk pemupukan, lakukan setiap 2-2,5 bulan sekali. Sedangkan untuk penyiraman, kamu dapat melakukan minimal 5-7 hari sekali.

Mudah bukan menanam morning glory? Selamat bercocok tanam 🙂

Leave a Reply