Buat Orang di Rumah, Inilah Oleh-oleh Makanan Khas Bandung

Pergi tanpa bawa oleh-oleh rasanya ada yang kurang. Apa lagi kalau perginya lumayan jauh tuh, kayak ke Bandung misalnya. Kita kadang pergi untuk berwisata atau ada urusan pekerjaan. Ninggalin keluarga di rumah selama beberapa hari. Pasti kangen tuh orang rumah, apa lagi kalau perginya lama, dan ada anak yang kita tinggalkan.

Anak kecil biasanya minta bawain oleh-oleh tuh. Nggak cuma anak kecil sih, orang dewasa pun kadang juga minta oleh-oleh. Kita yang pergi kadang bingung mau bawa apaan. Ke tempat tujuan juga baru pertama kali, tapi udah dimintain buah tangan.

Sebenernya oleh-oleh yang paling gampang di cari itu makanan. Tiap daerah kan ada makanan khasnya tuh, beragam pula jenisnya. Jadi kalau kamu sering pergi ke luar kota, bawa oleh-olehnya bisa bervariasi. Nah, kali ini kita lihat bareng-bareng oleh-oleh makanan yang menjadi khas di daerah Bandung.

1. Peuyeum

Peuyeum Singkong

ensiklopediaindonesia.com

Peuyeum udah terkenal banget nih, oleh-oleh kalau pergi ke Bandung. Makanan yang berbahan dasar singkong ini memang cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Selain bisa dimakan langsung, peuyeum juga bisa diolah menjadi berbagai macam jajanan lho. Kamu bisa olah jadi roti, atau campuran puding, digoreng dengan balutan tepung, dan masih banyak yang lainnya.

2. Pisang Bolen

Pisang Bolen Kartika Sari

makanankhasbandung.net

Nah, ini nih oleh-oleh yang rasanya enak banget. Pisang bolen sekarang menjadi salah satu makanan yang sayang kalau kamu nggak bawain buat keluarga di rumah. Yang terkenal namanya Bolen Pisang Kartika Sari. Rasanya pas, perpaduan antara pisang, coklat, dan kejunya pas. Bikin ngiler kalau cuma liat gambar doang, mending beli terus rasain sendiri kelezatannya.

3. Brownies Bandung

Brownies Amanda Bandung

foody-kitchen.blogspot.com

Brownies ini sebenernya di daerah lain juga ada. Tapi yang membedakan brownies ini dengan yang lain adalah ada kata Bandungnya. Itu udah bikin rasanya berubah deh, dari yang biasanya enak, jadi enak banget. Biasanya ada dua macam brownies, yang di kukus sama yang di panggang. Sama-sama enak kok rasanya, kalau nggak percaya ya cobain aja.

4. Surabi Bandung

Surabi Bandung

ceritaperut.com

Kalau di daerah Jogja sama Jawa Tengah biasa disebut serabi, kalau di Bandung surabi. Nah, surabi Bandung ini rasanya nggak kalah sama surabi dari daerah lain. Bahkan, sekarang udah ada yang ngasih variasi rasa. Ada yang ditambahi oncom, coklat, keju, sampai selai buah. Emang kreativitas warga Bandung itu keren abis.

5. Batagor Bandung

Batagor Bandung

masteresep.com

Kalau di daerah kamu ada batagor, dibelakang katanya biasa ada embel-embel Bandung. Karena emang yang terkenal dari Bandung nih. Tapi kalau makanan ini dibawa buat oleh-oleh tahan nggak ya sampai rumah? Ada yang pernah nyoba bawai oleh-oleh batagor Bandung buat keluarga?

 6. Oncom

Oncom

jurnaltransformasiku.wordpress.com

Oncom ini kalau dilihat-lihat, bentuknya agak gimana gitu ya? Dengan warna oranye yang menyala, seolah-olah mengisyaratkan kita buat nggak memakannya. Jamur yang tumbuh juga banyak banget gitu, hiii, sereeem. Tapi tenang, oncom masih aman kok buat dikonsumsi. Hampir sama kayak tempe nih makanan yang satu ini.

Untuk memakannya tentu nggak bisa langsung gitu aja. Harus ada pengolahan terlebih dahulu sebelum si oncom ini masuk ke dalam mulut kita. Sekarang untuk menikmati oncom ini nggak begitu susah, udah ada yang bikin produk dengan bahan dasar oncom. Ada keripik oncom, combro isi oncom, berkeder oncom, dan sebangsanya deh. Sekali-kali kamu perlu nih cobain makanan yang berbahan dasar bungkil tahu ini.

Leave a Reply