Apa Itu Hosting?

Setelah kemarin membahas tentang domain, sekarang gantian bahas saudaranya, yaitu hosting. Ya walaupun bukan saudara kandung, tapi mereka tidak bisa dipisahkan. Malah ngomongin apa to ini? Langsung aja yok kenalan sama yang namanya hosting.

Hosting Adalah

Pertama-tama kita harus tahu dulu dong pengertian hosting. Menurut mbah wikipedia hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya berupa server untuk disewakan, sehingga memungkinkan seseorang maupun sebuah organisasi menempatkan informasinya di internet berupa HTTP, EMAIL, FTP, atau DNS.

Nah, kalau kemarin domain itu alamatnya, hosting ini adalah tanah kosongnya. Walaupun sebenarnya hosting itu sudah memiliki alamat berupa angka-angka, tapi kita akan sulit untuk menghafalnya. Maka dari itu diperlukan domain untuk memudahkan kita mengingatnya.

Kalau hosting itu tanah kosong berarti kita tinggal membangun saja rumahnya. Jadi kita bisa instal  program-program dalam hosting tersebut. Kalau saya memakai wordpress, jadi ya di instal deh wordpressnya.

Hosting dan tanah kosong

Hosting itu ibarat tanah kosong

 

Beberapa Jenis Hosting

Perusahaan penyedia hosting menyediakan beberapa pilihan jenis hosting yang dapat kita sewa. Pembagian tersebut berdasarkan kapasitas dari hosting yang akan digunakan.

Shared Hosting

Yang pertama adalah shared hosting, paket hosting ini akan memberikan tempat atau space untuk kamu menaruh file-file dan juga melakukan instalasi script website. Hosting ini dinamakan shared karena mempunyai satu server yang digunakan secara bersama-sama oleh beberapa pengguna hosting selain kamu.

Jika kamu memakai hosting ini maka sumber daya yang kamu miliki akan terbatas, karena space yang ada akan dibagi dengan beberapa pengguna hosting yang lain.

Contoh gampangnya kayak gini nih, ketika kamu membuat website di shared hosting maka kamu akan berbagi tempat dengan pengguna yang lain. Taruhlah ada sepuluh pengguna dalam hosting atau server tersebut. Suatu saat, website kamu kebanjiran pengunjung, secara otomatis websitemu akan membutuhkan tempat yang lebih besar dari biasanya. Kebutuhan space yang besar ini mengakibatkan websitemu akan langsung menggunakan space yang tersedia, sehingga menjadikan website lain yang ada di server tersebut menjadi lambat saat diakses karena spacenya cenderung diambil oleh website kamu.

Untuk permulaan, saya menyarankan lebih baik kamu menyewa shared hosting untuk membangun sebuah website. Karena harga yang terjangkau (tergantung perusahaan penyedia layanan hostingnya juga sih, karena biasanya besar space yang diberikan antar penyedia hosting berbeda-beda) dibandingkan dengan VPS hosting dan deedicated hosting.

VPS (Virtual Private Server)

VPS memiliki kapasitas yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan shared hosting. Kelebihan lain dari VPS adalah kamu dapat menggunakan kapasitas server yang telah diberikan secara maksimal. Kamu nggak perlu khawatir space yang ada akan tersedot ke pengguna lainnya.

VPS biasanya digunakan untuk menjalankan sebuah software khusus yang membutuhkan kapasitas server tertentu. Kita menginstal sofware tersebut dalam VPS dan menjalankannya selama 24 jam non-stop.

Contohnya gini nih, kita menyewa VPS dengan kriteria yang kita inginkan untuk menjalankan software untuk kepentingan SEO (Search Engine Optimization) selama 24 jam penuh.

Dedicated Server

Hosting ini merupakan paket yang paling tinggi. Satu sever hosting akan dimiliki penuh oleh satu pengguna saja dan tidak dibagikan ke pengguna lain. Kamu berhak mengajukan spesifikasi server yang diinginkan, kemudian server yang kamu mau akan ditempatkan pada sebuah data center.

Pilihan menggunakan hosting ini jika website yang kamu kelola sudah memiliki pengunjung dalam jumlah yang sangat banyak dan juga kebutuhan download dan upload yang sangat besar.

Jadi, kebutuhan awal pembuatan website sebaiknya menggunakan fasilitas shared hosting saja. Tapi, ketika website yang kamu kelola telah berkembang, tentunya kamu akan membutuhkan kapasitas server yang lebih besar lagi. Kamu bisa mengupgrade hosting ke tingkatan yang lebih tinggi.

Leave a Reply