Anuptaphobia, Orang yang Masih Sendiri Perlu Mewaspadai Phobia Ini

Nama phobia yang satu ini mungkin jarang kamu ketahui dan mungkin nggak banyak yang mengalaminya. Anuptaphobia adalah ketakutan menjadi jomblo terlalu lama, berbeda dengan gamaphobia yang takut sama pernikahan.

Seseorang yang menderita anuptaphobia biasanya akan depresi ketika melihat dua orang pasangan yang jalan berdua atau berpegangan tangan. Jika kamu pernah merasa takut seperti itu, patut diwaspadai tuh, sama cocokkan juga dengan gejala-gejala berikut ini.

1. Merasa Tidak Pantas Bahagia Saat Berstatus Single

Orang yang menderita anuptaphobia akan merasa tidak nyaman ketika dirinya ada dalam status lajang, apalagi ketika sendirian dan tanpa ada yang menemani. Penderita phobia ini akan terus larut di dalam kesedihan seorang diri dan merasa kalau dirinya itu rapuh.

Bukan cuma itu saja, penderita ketatukan terhadap kejombloan ini juga bisa berakibat seseorang tidak bersemangat dalam menjalani hari-harinya dan mudah depresi serta sedih saat memikirkan tentang keadaannya yang masih sendiri.

Bahkan, orang dengan phobia ini akan menganggap dirinya nggak pantas untuk bahagia, kan kasihan banget tuh. Ada juga yang akhirnya menjadi kurang percaya diri dan berpikir kalau dia nggak pantas mendapatkan seorang pasangan.

2. Takut Sepi dan Sendiri

Seseorang yang menderita phobia ini akan merasa nggak nyaman ketika harus pergi sendiri. Ketakutannya akan kesendirian tentu akan sangat mengganggu segala aktivitas yang dilakukan. Bukan hanya itu, orang yang menderita phobia ini tentu juga akan selalu mengandalkan orang lain untuk selalu menemaninya.

3. Tidak Sadar Akan Sumber Masalah

Sebenarnya, permasalahan mendasar dari seorang anuptaphobia adalah dirinya sendiri. Dia terlalu banyak berkhayal tentang seseorang yang akan hadir dalam hidupnya. Sehingga orang itu akan menjadi tidak semangat menjalani hidup dan jarang bersosialisasi dengan sekitar.

Hal tersebut yang akan membuat penderita phobia ini sulit mendapatkan teman dan akhirnya mereka tidak menyadari bahwa rasa takut yang dimilikinya akan membuat mereka merasa jauh dari lingkungan sekitarnya.

Nah, kan kasian banget ya orang yang terkena phobia unik ini, semoga kamu jangan sampai terkena ya. Biar kamu nggak kena sama anuptaphobia, yakinlah bahwa sendiri itu bukanlah hal yang buruk. Jangan lupa untuk selalu berpikir positif dan terbuka, sama perbanyak jaringan dan pertemanan.

Leave a Reply