Aneka Jajanan Pinggir Jalan yang Mebuat Lidahmu Bergoyang

Waktu perut lapar, kadang kita pengen makan makanan yang nggak begitu mengenyangkan tapi bisa buat ganjel perut. Nggak usah bingung kalau lapar sudah melanda. Di pinggir jalan, banyak penjual jajanan yang bisa ganjel perut kamu samapai waktu makan besar tiba.

1. Martabak Telur

Martabak telur bebek

hertiarcsnack.blogspot.com

Martabak dapat menjadi penyelamat dari kelaparan waktu malam hari, soalnya kalau pagi-pagi belum ada yang jualan nih. Makan martabak cukup lah buat ganjel perut yang lagi kelaparan, tapi ya nggak begitu mengenyangkan, kecuali kamu makannya sampai dua bungkus, dan dimakan sendirian tuh.

Martabak telur ini biasanya jualan di pinggir jalan waktu malam hari. Paling enak kalau pesen yang spesial, pakai telur bebek. Ukurannya pun jumbo kalau yang spesial. Biasanya isian dari martabak telur itu tentu saja telur ya, terus ada daging cincang, bumbu, daun bawang. Makannya enak waktu masih anget, apa lagi pakai kuah ditambah acar sama cabe rawit, beeeh, mantab deh.

2. Terang Bulan

Terang bulan - martabak manis

berita.grosirkeripik.com

Nah, kalau yang ini sodaraan sama martabak telur, biasanya juga disebut martabak manis. Martabak manis atau terang bulan ini, kalau dimakan lumayan bikin kenyang. Harganya juga nggak begitu mahal lah, kecuali kalau kamu minta isian yang macem-macem, otomatis harganya juga beda.

Terang bulan biasa jualan di pinggir jalan juga, biasanya malah penjual martabak telur juga jualan terang bulan. Kita bisa pesen isian sesuai keinginan kita. Bisa campur-campur juga, ada coklat, keju, kacang sampai ada yang pakai nutell* segala, tapi harganya juga nggak murah. Kalau kamu beli jajanan yang satu ini, makannya enak waktu masih anget ya, mantab deh rasanya.

3. Singkong Keju

Singkong keju - singkong meletus

kejumeletus.blogspot.com

Singkong ini nggak begitu populer sebagai jajanan perkotaan. Tapi, ada seseorang yang mencoba mengolahnya menjadi makanan yang enak dan nggak bisa dinikmati siapa saja. Padahal sama-sama singkong, tapi yang beda dari namanya sama bentuk dan rasanya.

Singkong goreng yang satu ini namanya singkong keju, dari namanya aja udah modern tuh. Kalau rasanya jangan ditanya deh, kamu harus nyobain sendiri. Singkong keju bentuknya hampir mirip kayak singkong goreng pada umumnya, cuma hasil gorengannya agak retak-retak gitu, kadang disebut juga singkong meletus. Teksturnya juga lembut, nggak keras, tapi kadang ada yang keras juga sih. Penyajiannya dikasih toping keju diatasnya, pokoknya enak deh. Oh iya, makan singkong keju enaknya waktu masih hangat, kalau udah dingin kadang teksturnya juga berubah.

4. Jamur Krispi

Jamur tiram krispi

hyocchi.wordpress.com

Jamur krispi ini bahannya dari jamur tiram yang diselimuti sama tepung lalu digoreng sampai krispi. Nah, makanan yang satu ini selain enak, kandungan gizinya juga lumayan, karena bahannya kan dari jamur tuh. Kalau pengen tau apa aja kandugan gizinya bisa cari di mbah gugel ya, hehe.

5. Jagung Manis

Jagung manis kukus

mediauthm.blogspot.com

Pernah makan jagung bakar nggak? Kalau pernah, jagug manis ini bahannya juga dari jagung, tapi proses pengolahannya dikukus bukan dibakar. Dari segi kesehatan tentu lebih sehat dong, karena nggak dibakar atau digoreng. Rasanya pun nggak kalah sama cara mengolah yang lain, karena jagung manis atau bahasa baratnya sweet corn ini dikasih toping keju sama biasanya ada juga yang ditambahi susu kental manis.

6. Roti Bakar

Roti bakar bandung

kacankpolong.blogspot.com

Namanya roti bakar, tapi sebenernya cuma dipanggang aja. Yang banyak dijual di pinggir jalan itu roti bakar Bandung. Mungkin roti bakar ini khas dari Bandung ya.

Rotinya itu kayak roti biasa, isiannya bisa macem-macem, coklat, selai atau keju, kamu tinggal pilih rasa apa. Bahkan bisa minta buat campur-campur rasanya, enak deh rasanya.

Nah, itu tadi beberapa jajanan yang bisa mengganjal perut kamu yang lapar. Tapi ingat, belinya di tempat yang meyakinkan ya, jangan asal belinya.

Leave a Reply